21:00 . Tanggapi Isu Nurul Azizah Akan “Dikuningkan”, Mitroatin: Kami Terbuka   |   18:00 . 11 Remaja Diringkus Polisi, Diduga Terlibat atas Kematian Remaja di Bojonegoro   |   17:00 . Golkar Bojonegoro Manuver ke Wahono-Nurul, Batal Usung Anna Muawanah   |   15:00 . DPP PBB Turut Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |   14:00 . 120.687 Ton Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |  
Tue, 23 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

30 Pelaku Ekonomi Kreatif Antusias Ikuti Bimtek Seni Corak Kriya Budaya Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Wednesday, 07 April 2021 11:00

30 Pelaku Ekonomi Kreatif Antusias Ikuti Bimtek Seni Corak Kriya Budaya Bojonegoro

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Sebagai upaya peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi para pelaku ekonomi kreatif di Kota Migas, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro gelar bimbingan teknis sub sektor kriya bercorak budaya, Rabu (7/4/2021).

Bimtek ini merupakan program lanjutan workshop peningkatan industri kreatif pada corak budaya thengul tahun 2020 lalu. Dan menghadirkan 4 narasumber berkompeten dalam bidangnya.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro, Khumaidi mengatakan terkait industri kreatif sendiri kita harus memperhatikan dan mendengarkan kegiatan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Di Kementerian Ekonomi Kreatif ada beberapa kata kunci yakni inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

Bimbingan teknis sub sektor kriya bercorak budaya ini diikuti oleh 30 peserta dari 28 Kecamatan, yang mana pelaku UMKM ini turut menjual dan memasarkan beberapa produk. Namun jangan pernah merasa puas karena itulah inovasi dan kreativitas.

"Jangan pernah merasa puas karena itulah lah inovasi dan kreativitas. Baik dari desain, produk dan harga jual untuk keberlangsungan pemasaran dijaga terus untuk kesinambungan produk," ungkap.

Kolaborasi juga tidak kalah penting namun pelaksanaan masih penuh perjuangan. Terkait konsep sendiri Bojonegoro memiliki beberapa destinasi untuk bersinergi dalam menjaga kestabilan UMKM.

"Kolaborasi juga tidak kalah penting dalam menjaga kestabilan UMKM, konsep kita gunakan beberapa destinasi dan budaya Bojonegoro supaya tampak menarik," imbuhnya.

Sulastin salah seorang pengrajin rajut asal Kedewan, berujar bimtek ini merupakan lanjutan dari workshop pertama yang sempat diselenggarakan pada tahun 2020. Hal ini tentu sangat menarik dan membantu para pelaku industri kreatif dalam meningkatkan produktivitas penjualan produk UMKM di Bojonegoro.

"Ini merupakan lanjutan dari workshop tahun 2020 lalu, menurut saya ini sangat menarik terkait peningkatan produktivitas pada produk UMKM apabila di sinergikan dengan ciri khas budaya Bojonegoro," pungkasnya. [liz/ito]

Tag : sdm, umkm, kriya, budaya



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat