13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Himmat IKIP PGRI Bojonegoro Sukses Adakan Math Competition

blokbojonegoro.com | Friday, 09 April 2021 09:00

Himmat IKIP PGRI Bojonegoro Sukses Adakan Math Competition

Pengirim: Redaksi Sinergi

blokBojonegoro.com - Himpunan Mahasiswa Prodi Matematika (HIMMAT) IKIP PGRI Bojonegoro sukses mengadakan final math competition 2021 pada Rabu (7/4/2021).

Sebelumnya dilakukan babak penyisihan pada tanggal 25 Maret 2021 yang diadakan secara online atau daring. Dan diambil 10 siswa dengan nilai tertinggi untuk masuk ke babak final.

Acara berlangsung secara offline tepatnya di gedung aula IKIP PGRI Bojonegoro, yang dihadiri Rektor IKIP PGRI Bojonegoro, Dekan FPMIPA, Kaprodi dan juga 10 peserta final yang lolos dari babak penyisihan.

Mengingat masih adanya pandemi, final math competition 2021 ini hanya dihadiri beberapa panitia saja yang bertugas dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kepala Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Matematika Dr. Anita Dewi Utami, M.Pd, sangat mendukung kegiatan math competition 2021 dengan catatan setiap kegiatan dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan. Karena kreatifitas mahasiswa dan siswa perlu diperhatikan apalagi di musim pendemi.

"Mahasiswa dan siswa di Bojonegoro dan sekitarnya harus tetap diperhatikan, mengingat acara math competition ini adalah acara tahunan HIMMAT. Saya rasa tidak ada masalah asal kegiatan tersebut sesuai dengan protokol kesehatan", ucap Dr. Anita.

Salah satu tujuan Math Competition 2021 ini, dapat memberikan dampak positif yaitu melatih siswa dengan mengembangkan kualitas pendidikan khususnya di Bojonegoro dan sekitarnya.

"Saya berharap HIMMAT akan terus melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Bojonegoro dan sekitarnya, menjadi organisasi yang benar-benar membawa nama baik IKIP PGRI Bojonegoro pada umumnya dan Prodi Matematika khususnya. Semoga kegiatan olimpiade ini bisa menjadi kegiatan rutin yang terus ada dan memberi dampak positif untuk HIMMAT dan IKIP PGRI Bojonegoro," harapnya.

Ketua HIMMAT IKIP PGRI Bojonegoro, Rista Aprilia merasa senang dan bangga kepada teman-teman panitia dan semua pihak yang membantu dalam kegiatan, karena di masa pemulihan covid ini HIMMAT bisa mengadakan kegiatan yang cukup besar.

"Harapannya semoga dengan diadakannya kegiatan ini bisa membuat semangat teman-teman meningkat untuk kedepannya, dan semoga tahun depan math competition tidak hanya tingkat SMA sederajat saja melainkan bisa mulai dari SD sampai SMA", harap Rista Ketua HIMMAT periode 2020-2021.

Setiap proses pasti ada kendala begitu juga dengan acara math competition 2021 demi memberikan wadah kepada siswa siswi SMA sederajat khususnya di wilayah Jawa Timur yang suka atau gemar dengan Matematika bisa mengembangkan bakatnya melalu acara ini. Rintangan yang ada pada saat pelaksanaan Math Competition dapat mudah dilalui.

"Kendalanya yang paling utama di sistem. Apalagi math competition 2021 waktu babak penyisihan daring. Sehingga kendala yang paling utama itu terletak pada sistem. Walau begitu alhamdulillah kegiatan ini masih bisa berjalan dengan lancar sampai final," jelasnya.

Sementara itu, Fikri selaku ketua panitian menyampaikan bahwa Math Competition 2021 bertujuan untuk mengasah siswa untuk menuju generasi yang unggul dan berdaya saing. Selain itu memberikan kontribusi bagi kemampuan pengembangan pendidikan matematika.

"Untuk mengembangkan matematika pada siswa khususnya dan bagi dunia pendidikan pada umumnya maka diadakan math competition ini. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa percaya diri siswa pada kegiatan yang positif," imbuh Fikri selaku ketua panitia.

Dari hasil final tersebut diambil tiga besar pemenang. Juara pertama diraih Widya Ningrum dari SMAN 1 Kalitidu, juara kedua Alifia Wahyu Nur Rakhma dari SMAN 2 Bojonegoro dan juara tiga Fathia Nur Maghfiroh dari SMAN 2 Bojonegoro.

Widya Ningrum putri dari bapak Suparno dan ibu Rastini tidak menyangka bisa memenangkan lomba math competition 2021, karena ada beberapa hal yang membuatnya ragu, salah satunya saat mengerjakan soal merasa rumus yang dipakai mengerjakan itu salah.

"Saya tidak menyangka, soalnya pas selesai mengerjakan saya cek lagi ada yang salah rumus. Rasanya pengen ngulang lagi. Tapi LJK sudah dikumpulkan, ya ndak bisa lagi," ungkap Widya sang juara math competition 2021.

Ia juga mengatakan, menang kalah adalah hal yang biasa, dan ini belum apa-apa, setelah mengikuti math competition ini, selanjutnya akan mencoba lomba-lomba yang akan datang, sehingga menambah wawasan untuk dirinya kelak di masa depan.

"Akan lebih giat belajar. Lomba ini menjadi salah satu motivasi bagi saya dan juga kata-kata dari ibu saya (Jangan gampang merasa puas dan lebih giat belajar)," imbuhnya. [mu]

Tag : himmat, ikip pgri bojonegoro, mahasiswa, final math competition



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat