Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Masuki Masa Panen, Harga Kacang Hijau Melambung

blokbojonegoro.com | Saturday, 10 April 2021 09:00

Masuki Masa Panen, Harga Kacang Hijau Melambung

Kontributor: Herman Bagus

blokbojonegoro.com - Harga kacang hijau melonjak dalam beberapa pekan terakhir akibat panen kacang hijau tak bersamaan. Hal ini ditambah hasil panen tak optimal lantaran lahan kacang hijau di wilayah Selatan Bojonegoro sering diguyur hujan.

Menurut Rajikun, salah satu petani kacang hijau di Desa Kolong Kecamatan Ngasem, saat ini harga kacang hijau mencapai Rp21.000 per kilogram. Meski demikian. menurutnya, harga tahun ini sangat baik.

"Jumlah itu jauh meningkat dibandingkan panen periode sebelumnya yang hanya berkisar Rp7.000– Rp8.000," kata bapak tiga anak itu.

Menurutnya, daerah penghasil kacang hijau yang sudah panen di antaranya wilayah selatan Kecamatan Ngasem. Seperti Desa Ngadiluwih, Kolong, Butoh, Trenggulunan dan Setren. "Ada juga yang ditanami kacang hijau tetapi hasilnya kurang begitu memuaskan," katanya kepada awak media.

Nyaemah, petani lainnya menambahkan, jika curah hujan tidak tinggi maka hasilnya diprediksi akan lebih maksimal.

"Berdasarkan pengamatan, hujan sudah beberapa kali turun selama musim peralihan tahun ini. Hujan sangat berpengaruh bagi produksi dan kualitas kacang hijau," kata nenek bercucu satu tersebut.

Menurutnya, jika kondisi normal, hasil panen tanaman kacang hijau bisa mencapai 8 – 9 kuintal per hektare. Hal itu bila cuaca mendukung. 

“Sedangkan saat ini, secara kuantitatif berkurang 20 persen. Beaya tanam, relatif sama. Per hektare petani rata-rata menghabiskan dana sekitar Rp1,5 juta untuk modal tanam," katanya.

Komoditi kacang hijau tergolong menjadi idola karena hasil panen biasanya sudah ditunggu tengkulak. Mereka menjual komoditas pertanian ke beberapa daerah. Selain itu kacang hijau juga tidak memerlukan perawatan yang ekstra. [her/lis]

 

Tag : Kacang, hijau, harga, panen



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini