13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Cara Menghilangkan Jerawat Batu, Ini 4 Langkah yang Bisa Dicoba

blokbojonegoro.com | Wednesday, 21 April 2021 07:00

Cara Menghilangkan Jerawat Batu, Ini 4 Langkah yang Bisa Dicoba

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Kemunculan jerawat batu seringkali menyakitkan, tidak nyaman, dan mengganggu penampilan. Ukuran besar, kemerahan, dan mengandung nanah membuatnya ingin segera hilang. Namun ada beberapa cara menghilangkan jerawat batu secara tepat dan efektif.

Beberapa penyebab munculnya jerawat mulai dari pori-pori tersumbat, produksi minyak berlebih, dan sel kulit mati yang menumpuk. Selain itu, faktor hormonal, diet, dan stres yang berlebihan bisa menyebabkan jerawat. Sebelum makin parah dan menyebar infeksi, simak cara menghilangkan jerawat membandel di wajahmu berikut ini.

*Cara Menghilangkan Jerawat Batu

- Cuci Wajah secara Rutin

Pertama, rutinlah mencuci wajah menggunakan sabun berbahan lembut dan khusus untuk jerawat. Biasakan membersihkan wajah 2 kali sehari di pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Cara alami ini akan mengangkat minyak dan kotoran yang menempel di wajahmu. Jika dibiarkan bisa memicu berkembangnya bakteri penyebab jerawat.

- Kompres dengan Es Batu

Mengompres jerawat dengan es batu menjadi penanganan pertama agar tidak lagi meradang. Cara ini akan membuat jerawat cepat kempes apabila rutin dilakukan. Cukup kompres lembut area wajah yang berjerawat dengan membungkus es batu pada kain bersih. DIamkan beberapa saat hingga jerawat mereda.

- Berikan Obat Oles Jerawat

Obat oles dengan kandungan retinoid (vitamin A) paling sering digunakan untuk mengatasi dan mencegah jerawat yang parah. Retinoid biasanya berbentuk krim, gel, dan lotion.

Selain retinoid, obat oles untuk menghilangkan jerawat batu yang digunakan adalah asam salisilat dan dapsone. asam salisilat efektif mencegah penyumbatan pori-pori dan dapsone digunakan untuk jerawat yang meradang.

- Treatment Khusus

Selain cara-cara di atas, ada beberapa jenis treatment yang direkomendasikan untuk mengatasi dan menghilangkan jerawat batu. Namun cara menghilangkan jerawat batu berikut ini harus ditangani oleh dokter kulit secara langsung.

1. Terapi cahaya
2. Ekstraksi atau pengeluaran komedo hitam dan putih dengan alat khusus
3. Peeling atau pengelupasan kulit dengan bahan kimia seperti asam salisilat
4. Suntikan kortikosteroid langsung ke jerawat agar peradangan dan nyeri berkurang

Itulah sederet cara menghilangkan jerawat batu yang bisa kamu coba. Jangan pernah memencet jerawat karena hanya akan menimbulkan bekas jerawat yang sulit hilang dan infeksi yang lebih serius. Pilih produk skincare khusus acne untuk menuntaskan dari masalah jerawat batu. Semoga bermanfaat, ya!

*Sumber: suara.com

Tag : pendidikan, kesehatan, jerawat



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat