Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Napi Lapas II A Bojonegoro Isi Bulan Ramadan dengan Kegiatan Bermanfaat

blokbojonegoro.com | Tuesday, 04 May 2021 16:00

Napi Lapas II A Bojonegoro Isi Bulan Ramadan dengan Kegiatan Bermanfaat

Kontributor : Uul Lyatin

blokBojonehoro.com - Di bulan ramadan yang penuh berkah ini, banyak masyarakat antusias untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat, salah satunya warga binaan lapas II A Kabupaten Bojonegoro uang menganut agama Islam.

Ari Yuniarto selaku Kasi Binapi/Anak Didik (Binadik) Lembaga Pemsyarakatan (Lapas) Kelas II A Bojonegoro menuturkan bahwa selama bulan Ramadan 1442 Hijriah, anak pidana lapas II A Bojonegoro melakukan berbagai kegiatan yang diadakan oleh lapas sebagai kegiatan pembinaan.

"Di lapas Bojonegoro ini ada dua macam pembinaan yang dilakukan, yaitu pembinaan kepribadian dan pembinaan kemandirian," ujarnya.

Pembinaan kepribadian tersebut merupakan pembinaan yang bersifat keagamaan. Yang diisi dengan kegiatan mengaji, sholat berjamaah, serta tausiah.

Kegiatan tersebut menyerupai pondok pesantren kilat, antara napi laki-laki dan perempuan dipisah. Serta selama kegiatan tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Dengan menerapkan jaga jarak dan memakai masker serta peraturan lainnya.

"Untuk kegiatan keagamaan ini kita lakukan secara bergantian untuk mengurangi kerumunan," imbuhnya.

Sementara itu kegiatan pembinaan kemandirian yang bertujuan untuk membangun keterampilan bagi narapidana. Kegiatan tersebut meliputi tata boga, membatik, dan membuat takjil maupun makanan bagi mereka yang tidak berpuasa.

"Karena selama puasa ini hanya makan 2 kali jadi kita juga menyediakan kegiatan tataboga, sebagai persediaan makanan bagi mereka yang tidak puasa," imbuhnya.

Dengan adanya kegiatan pembinaan tersebut, lapas II A Bojonegoro menjadi rujukan beberapa narapidana dari luar kota bahkan hingga luar provinsi.

"Banyak narapidana yang dipindahkan di Lapas Bojonegoro ini, pemindahan tersebut pastinya mendapatkan izin dari kantor wilayah untuk melakukan pembinaan lebih lanjut," pungkasnya. [uul/ito]

Tag : napi, lapas, bojonegoro, aktifitas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini