Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Beragam Olahan dari Kelor di Desa Bogo Miliki Bahan Baku Sendiri

blokbojonegoro.com | Wednesday, 05 May 2021 14:00

Beragam Olahan dari Kelor di Desa Bogo Miliki Bahan Baku Sendiri

Kontributor: Moh Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Daun Kelor biasanya diolah untuk dibuat sayur atau obat-obatan. Kondisi berbeda dengan yang ada di Desa Bogo, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro. Di sini kelor diolah menjadi minuman, snack, kue, dan produk-produk lainnya.

Perangkat Desa Bogo, Fatkhur Rohman mengatakan bahwa usaha ini sudah berjalan 3 tahun. Awal adanya produk olahan dari kelor dulu ada program dari Kecamatan Kapas. Awalnya bahan baku didatangkan dari Kabupaten Tuban. Seiring berjalannya waktu, mulai digalakkan penanaman kelor di Desa Bogo.

"Dulu awalnya cari-cari dulu, sekarang sudah ada kebun, pekarangan rumah warga dan pinggir jalan ditanami kelor akhirnya punya sendiri. Dulu kita menjual itu hanya sebatas tepung kelor," ujar Fatkhur Rohman.

Seiring jalannya waktu, bantuan-bantuan berupa alat produksi dan pelatihan diberikan kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Sri Rejeki, sehingga mampu menghasilkan produk-produk olahan kelor yang bermanfaat sekaligus memiliki nilai ekonomis tinggi. Beberapa produk diantaranya mulai dari Teh Celup Daun Kelor, Teh Tubruk Daun Kelor, Serbuk Daun Kelor, Biji Kelor, Aneka Snack Kelor, Kunyit Asem Kelor Serbuk, dan Jahe Kelor Serbuk.

"Pemasaranya dulu promosi melalui online dan ikut-ikut pameran. Sekarang juga sudah ada galeri produk olahan kelor di sini. Selain itu, juga ada warung kuliner Gubuk Kelor Tunjungwati yang ada di depan Balai Desa Bogo," imbuhnya. [riz/ito]

Tag : olahan, kuliner, kelor, bogo, kapas, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini