Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Lestarikan Tradisi Leluhur, Warga Mulyorejo Pasang Colok-colok

blokbojonegoro.com | Monday, 10 May 2021 19:00

Lestarikan Tradisi Leluhur, Warga Mulyorejo Pasang Colok-colok

Kontributor: Moh Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Setiap malam songo atau 29 bulan Ramadan, beberapa wilayah di Kabupaten Bojonegoro memasang Colok-colok. Yakni obor kecil yang dipasang di pinggir jalan hingga sekitar rumah. Hal tersebut, juga dilakukan warga Desa Mulyorejo Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro, Senin(10/5/2021).

Salah satu warga Desa Mulyorejo M.Yasir mengatakan, dirinya memasang colok-colok yang di taruh di pintu,di pembuangan sampah dan di samping jalan.

"Di sini dari dulu setiap malam 29 atau malam songo pasti melaksanakan tradisi colok-colok ini," ujarnya

Untuk pemasanganya sendiri yaitu di pasang di sekitar rumah dan di pinggir jalan, setelah itu di bakar serentak sebelum adzan maghrib berkumandang.

Pemasangan colok, merupakan tradisi leluhur yang mana dipercaya bahwa keluarga yang sudah meninggal dunia pada malam songo mengunjungi rumah. Sehingga dipasang penerang berupa obor kecil di sekitar rumah sebagai penanda.

"Biasanya di setiap rumah ada 5 colok-colok," imbuhnya [riz/ito]

Tag : tradisi, colok, rumah, malam, songo, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini