12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dikenal Ramah Sebagai Penggiat Bonsai Pria Asal Sumbang Mampu Raup Puluhan Juta

blokbojonegoro.com | Tuesday, 18 May 2021 12:00

Dikenal Ramah Sebagai Penggiat Bonsai Pria Asal Sumbang Mampu Raup Puluhan Juta

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Bonsai dikenal menjadi salah satu jenis tanaman hias yang indah untuk menghiasi rumah. Melintasi gang sempit di sekitar Kota Bojonegoro banyak tanaman kecil dengan akarnya yang indah berjajar rapi. Tampak sebuah pondok dari anyaman berdiri kokoh di tengahnya dengan hiasan lukisan serta pot-pot berukuran kecil dengan tanaman-tanaman mungil yang dibuat bonsai.

Akar-akar dari bonsai berggelung indah di dalam pot, ada pula yang sengaja dibentuk menggunakan kawat agar rupa bonsai menjadi lebih sedap di pandang.

Mukidi namanya. Pemiliki Bengkel Bonsai di Gang Sawahan, Kelurahan Sumbang, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro. Sejak tahun 2005, Mukidi sudah memiliki ketertarikan di dunia Bonsai. Namun baru di tahun 2017 ini mulai merintis usaha bonsai dengan serius.

"Tahun 2015 sudah memiliki ketertarikan di dunia Bonsai, namun perkembangan baru-baru tahun 2017," ungkap Mukidi.

Tak kalah menarik, ia juga dikenal sebagai salah seorang penggagas terbentuknya kelompok Sinau Bonsai di Bojonegoro. Dengan total anggota berjumlah 126 orang yang merupakan pegiat bonsai, wadah tersebut merupakan sarana media bagi teman-teman pegiat bonsai untuk berkarya sambil belajar.

"Kami sedang membangun pasar di Bojonegoro dan memperkuat ekonomi kreatif," imbuhnya.

Hingga kini koleksi bonsai Mukidi berjumlah kurang lebih 1.000 tanaman, baik yang berupa tanaman maupun yang masih dalam proses pembibitan. Sementara untuk koleksi bonsai yang paling digemari masyarakat tak lain berupa tanaman endemik yang banyak dijumpai di kawasan hutan Bojonegoro.

Sembari menyeruput kopi hitam, ia mengatakan tanaman bonsai itu tidak mahal, yang mahal bonsai yang memiliki karakter khusus. Ada empat karakter khusus yang menjadikan bonsai mahal yaitu gerak dasar bonsai, keseimbangan, kematangan dan penjiwaan.

"Paling digemari bonsai endemik seperti serut, loa dan trenggulun. Selain itu harga bonsai juga tergolong variatif mungkin hanya tertentu yang terlihat mahal," ucapnya.

Menurut Mukidi, ada kriteria tersendiri mengenai tanaman yang bisa dibentuk menjadi bonsai. Sembari memperlihatkan tanaman bonsai jenis sakura mikro, ia menjelaskan kriteria tanaman yang bisa dibentuk bonsai di antaranya, berbatang keras, berdaun kecil dan tahan banting.

Untuk harga bonsai yang diolah dari tangan kreatif Mukidi harganya cukup beragam,  karena ukuran bonsai sendiri terbagi menjadi beberapa kelas.

"Bonsai yang masih di polybag harganya Rp 5.000-Rp 25.000, sedangkan yang sudah di pot mulai dari Rp 25.000-Rp 100.000. Yang sudah berumur 5 tahun ke atas harganya beragam, bahkan saya pernah jual sampai harga Rp 25.000.000," seloroh pria asal Sumbang.

Terkenal akan keindahannya, nyatanya bonsai miliki Mukidi sudah terkenal hingga luar Kota bahkan luar Provinsi. Berbekal, sifat ramah yang ia miliki, Mukidi juga dengan senang hati menularkan ilmunya apabila ada warga Bojonegoro yang ingin belajar bonsai.

"Tanggal 30 Mei kita mengadakan sinau bareng di Bengkel Bonsai, jadwal rutin setiap hari Minggu di akhir bulan. Apabila ada kawan-kawan di Bojonegoro yang ingin belajar bisa bergabung," pungkasnya. [liz/ito]

Tag : bonsai, bojonegoro, hutan, jual beli, sumbang



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat