13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Unik....!!! Olah Kulit Telur Jadi Kerupuk Cangkang

blokbojonegoro.com | Wednesday, 19 May 2021 09:00

Unik....!!! Olah Kulit Telur Jadi Kerupuk Cangkang

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Mengkonsumsi telur sudah menjadi hal yang lumrah bagi masyarakat Indonesia. Di Kabupaten Bojonegoro, telur menjadi pilihan utama bagi sebagian besar masyarakat baik sebagai lauk atau olahan lain seperti martabak. Namun seiring berkembangnya inovasi, kulit telur yang terbuang mulai dimanfaatkan sebagian masyarakat Bojonegoro.

Pemanfaatan ini tak jarang dalam bentuk kerajinan, media tanaman hias dan pakan hewan telah banyak dijumpai. Namun bagaimana apabila kulit telur diolah jadi kerupuk.

Ide pemanfaatan kulit telur dalam bentuk kerupuk ini diperoleh Adib Nurdiyanto saat membeli martabak. Pasalnya dalam satu hari, kulit telur sisa martabak ini terkumpul dalam jumlah banyak dan hanya dibuang begitu saja.

"Awalnya melihat banyaknya cangkang telur yang tidak terpakai, inovasi ini muncul untuk pengolahan kerupuk yang kaya akan protein," ungkap Pria asal Mojodeso ini.

Pria yang juga Dosen STIKes ICsada ini kemudian meminta izin kepada penjual martabak tersebut untuk membawa pulang sampah kulit telur. Di rumah kreatif yang berada di Desa Mojodeso, Kecamatan Kapas, ia kemudian mulai memproduksi kulit telur menjadi serbuk, lalu dicampurkan pada adonan kerupuk hingga menambahkan topping lain, seperti teri dan ebi pada olahan kerupuk tersebut.

"Ada 3 varian rasa diantaranya kekel original, teri dan ebi. Istilah kekel sendiri merupakan singkatan dari kerupuk kulit telur untuk mempermudah penyebutan olahan," katanya.

Masih menurut Adib, untuk kendala proses produksi kerupuk cangkang sendiri seperti pada umumnya yakni membutuhkan cuaca, karena proses pengeringan mengandalkan terik matahari.

"Setelah kerupuk kering maka dikemas menggunakan kemasan plastik secantik mungkin dan diberi label," seloroh Adib.

Bagi yang tertarik dan penasaran bagaimana kelezatan kerupuk cangkang telur, untuk penjualan sehari-hari Adib mengandalkan sosial media bahkan offline melalui outlet Creative Economy Center (CEC) yang tersebar di Kabupaten Bojonegoro.

"Satu bungkus kekel dijual seharga Rp20.000, dengan harapan kebutuhan kalsium masyarakat Bojonegoro bisa terpenuhi melalui konsumsi kerupuk kekel atau cangkang," tandasnya. [liz/mu]

Tag : kreatif, kulit telor, olahan kulit telor



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat