19:00 . Viral Pengantin Nikah Saat Banjir, Netizen: Doa Mantan Terkabulkan   |   18:00 . Viral, Warga Sukosewu Langsungkan Pernikahan di Tengah Banjir   |   15:00 . Ini Tips Tetap Bugar dan Tingkatkan Imun Ala Tirta Ayu Spa   |   13:00 . Pernikahan Dini Marak, APPA dan PA Bojonegoro Bersinergi Bersama   |   11:00 . Inilah Nama Pemenang Fashion Street Fruit and Veggie Competition   |   10:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Penghargaan Insan UPG dari KPK   |   09:00 . Teknologi Informasi dan Komunikasi Berkembang, Jurnalis Harus Adaptasi dengan Tantangan   |   21:00 . Pengunjung BNFF Tumpah Ruah   |   18:00 . STIKES Rajekwesi Bojonegoro Borong Dua Juara   |   16:00 . Strategi Pertamina Menjaga Pasokan Energi Nasional   |   15:00 . SHU Pertamina Gelar Media Gathering Regional Indonesia Timur   |   14:30 . Unugiri Bojonegoro Gelar Empat Kali Prosesi Wisuda Selama Dua Hari Berturut-turut   |   14:00 . Pemdes Berharap Ada Bantuan Makanan dan Bahan Pokok untuk Warganya   |   13:00 . Kado Hari Guru Nasional, FTBM Bojonegoro Launching 11 Buku Karya Guru PAUD Bojonegoro   |   12:00 . Berlangsung Khidmat, STAI Attanwir Gelar Wisuda 145 Mahasiswa   |  
Mon, 28 November 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

'Pocong' Covid-19 Hantui Penguna Jalan Disiang Hari

blokbojonegoro.com | Saturday, 22 May 2021 09:00

'Pocong' Covid-19 Hantui Penguna Jalan Disiang Hari

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Pengguna jalan yang melintasi depan terminal Rajekwesi Bojonegoro, Jum'at (21/5/2021), dibuat kaget. Pasalnya ada 'pocong' standby di depan pos pelayanan ketupat Semeru 2021 yang ada di jalan Veteran Bojonegoro, sebagai upaya sosialisasi pencegehan Covid-19.

Pocong jadi-jadian tersebut menyerupai jenazah yang akan dimakamkan. Mereka mengenakan kain putih dan lengkap riasan diwajahnya. Selain pocong yang ditidurkan diatas ranjang rumah sakit, ada pula pocong yang berdiri dipinggir jalan. Namun pocong yang berdiri itu menggunakan masker dan memegang tulisan "Maskeran Genyo".

Setidaknya ada lebih dari dua pocong dipinggir jalan ditambah terik matahari yang panas. Sehingga tidak sedikit pengguna jalan yang tercengang dan ketakutan. "Seram pocongnya. Ternyata sosialisasi pencegahan virus Corona," ungkap salah seorang pengguna jalan yang berhenti di lokasi.

Kapolres Bojonegoro, AKBP Eva Guna Pandai menuturkan, jajaran Polres Bojonegoro terus melakukan sosialisasi dan edukasi pencegahan penularan virus Corona di wilayah Bojonegoro. "Sosialisasi protokol kesehatan (Prokes) menggunakan pocong-pocongan tersebut diharapkan bisa menjadikan masyarakat semakin disiplin terhadap protokol kesehatan baik di rumah maupun saat beraktifitas di luar," tuturnya.

Dari situs resmi Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, update sebaran Covid-19 di Kabupaten Bojonegoro mulai 1 Januari sampai tanggal 20 Mei 2021 Jam 18.00 WIB, data terkonfirmasi positif kumulatif sebanyak 1.514 orang, meliputi aktif (dirawat) 14 orang, sembuh 1457 orang dan meninggal dunia 43 orang, sedangkan untuk kasus suspect sebanyak 12 orang.

Menurut Kapolres, baru-baru ini varian yang terdeteksi berasal dari India dan Afrika Selatan. Sementara varian dari Inggris yang terdeteksi sebelumnya, telah menunjukkan penularan lokal. Untuk mengantisipasi makin banyaknya varian baru virus corona dari luar negeri, kepada seluruh masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan pada saat beraktifitas di luar.

Agar tetap mematuhi 5 M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mngurangi mobilitas. "Dengan menggunakan pocong, kami akan terus memasifkan mensosialisasi bahaya dari Covid-19 agar masyarakat semakin disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan. Apalagi ada varian baru virus corona," terangnya.

Ditambahkan, selama wabah Covid-19 masih ada dan mewabah disekitaran kita, upaya prefentif akan terus dilakukan. Selain menggunakan pocong-pocongan, juga menggunakan pamflet serta papan data jumlah yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan meninggal dunia akibat Covid-19.

Kegiatan sosialisasi di jalan veteran, depan terminal Rajekwesi Bojonegoro, pocong-pocongan tersebut diarak bersama dengan papan yang bertuliskan, "Maskermu melindungiku maskerku melindungimu, Maskeran Genyo dan Maskeran Maskeran dan Ojolali Maskeran Yooo….”

Selain melaksanakan sosialisasi protokol kesehatan dengan menggunakan pocong-pocongan, Polres Bojonegoro juga membagikan masker kepada pengguna jalan yang melintas di jalan Veteran Kecamatan Kota Bojonegoro.

"Dengan cara unik ini, diharapkan dapat menarik, mudah dipahami dan pesannya sampai ke masyarakat," pungkas Kapolres Eva. [zid/mu]

Tag : Covid 19, virus corona, polres



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat