20:00 . Diresmikan Jokowi dari Trenggalek, Intip Keindahan dan Manfaat Bendungan Gongseng   |   19:00 . Presiden RI Tak Berani ke Bojonegoro, Ada Apa?   |   18:00 . Smart City 2021 Kabupaten Bojonegoro   |   17:00 . Urus Administrasi, Pemdes Sukorejo Terapkan Wajib Miliki Kartu Vaksin   |   16:00 . Di Trenggalek, Bupati Bojonegoro dan Gubernur Jatim Dampingi Jokowi Resmikan Dua Bendungan   |   15:00 . Inilah Pemenang Undian Simpeda Bank Jatim Cabang Bojonegoro   |   14:00 . Atlet Renang Bojonegoro Raih 1 Emas dan 2 Perak di Jatim Open 2021   |   13:00 . Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Gongseng   |   12:30 . blokTuban.com Ulang Tahun Ke-6, CEO BMG Resmi Launching TDF   |   12:00 . Detik-detik Jokowi Resmikan Bendungan Gongseng Bojonegoro   |   11:00 . Bukan Lagi Diving, Neymar Cedera Parah   |   10:00 . Buktikan Bojonegoro Sebagai Karsyan Era Majapahit, Pemkab Gelar FGD Sejarah   |   09:00 . Ulang Tahun blokTuban.com ke- 6 dan Launching Tuban Digital Forum   |   07:00 . Jangan Abaikan Nyeri Dada pada Anak, Ini Bahayanya!   |   22:00 . BPBD Imbau Warga Waspada Hujan dengan Intensitas Tinggi   |  
Wed, 01 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ada 7 Pengusaha yang Kelola Tambang Mineral Non Logam dan Batuan di Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Friday, 28 May 2021 09:00

Ada 7 Pengusaha yang Kelola Tambang Mineral Non Logam dan Batuan di Bojonegoro

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Kabupaten Bojonegoro memiliki banyak potensi alam, salah satunya potensi mineral non logam dan batuan. Namun, hanya ada 7 pengusaha yang mengelola.

Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Bojonegoro (SDA), Budi Sukisna melalui Tenaga Ahli Bagian Perekonomian dan SDA, Wiega Bagus kepada blokBojonegoro.com menjelaskan, potensi alam berupa mineral non logam dan batuan di Bojonegoro yakni pasir darat di Kecamatan Padangan, Kasiman dan Gayam, tanah urug di Malo, batu onix dan andesit di Gondang, dan batu gamping di Baureno.

"Potensi yang sudah dikelola ada 7. Lainnya terkendala lokasi yang ada di lahan Perhutani dan pemukiman warga," kata Wiega.

Adapun 7 usaha tambang mineral non logam dan batuan di Bojonegoro, yaitu pasir darat di Kecamatan Padangan Desa Tebon atas nama Joko Harmono, di Desa Prangi drh. Syarif Usman, Desa Katur Kecamatan Gayam Ahmad Aminudin Aziz,  dan Desa Sambeng Kecamatan Kasiman Rio Handoko.

Sementara itu, untuk batu andesit di Desa Jari Kecamatan Gondang ada CV. Hasil Batu Semesta, dan batu gamping di Desa Gajah Kecamatan Baureno dikelola PT. Wira Bumi.

"Tanah urug di Gondang sempat operasi dan berizin, namun sudah berhenti karena batu tidak sesuai spek. Sedangkan di Kecamatan Malo dulu untuk Project Banyuurip, karena kegiatan sudah selesai dan izinnya juga sudah habis sudah tidak ada aktivitas lagi," ulas Wiega.

Untuk alur perizinan tambang mineral non logam dan batuan, Wiega memaparkan bahwa pemohon harus mengajukan ke UPT Pelayanan Perizinan Terpadu (P2T) Provinsi Jawa Timur. Selanjutnya, P2T meminta rekomendasi ke Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jatim dengan mengkaji dan melihat dokomuen serta menilai aspek teknis, lingkungan, ekonomi, serta keselamatan kerja. Berikutnya P2T menyurati Pemda untuk meminta rekomendasi tata ruang. Apabila rekomendasi sudah diberikan oleh Pemda dan Dinas ESDM Jatim, P2T baru mengeluarkan surat izin.

"Mengajukan izin ke P2T, nantinya P2T yang mengelurakan izin tersebut. Pemkab hanya memberikan rekomendasi tata ruang, dengan aspek-aspek yang sesuai," pungkasnya.

Tag : izin, tambang, mineral, bojonegoro, pasir, andesit, tanah, urug



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 22 November 2021 14:00

    Resensi

    Dibalik Buku 00.00

    Dibalik Buku 00.00 Buku judul 00.00 merupakan karya kedua dari Anugrah Ameylia Falensia atau yang kerap dikenal dengan panggilan Amey atau cumi oleh teman-teman maupun para teman pembacanya....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more