08:00 . Efek Kepak Sayap Kupu-Kupu   |   17:00 . Akibat Luapan Kali Pacal, Jembatan Penghubung di Sidobandung Ambruk   |   16:00 . BKC Bersama Pemuda Tlogohaji, dan Babinsa Sinergi Perbaiki Rumah Mbah Urip   |   07:00 . Para Orang Tua Wajib Paham, Ini 4 Tanda Anak Cerdas   |   18:00 . Bupati Anna dan Kajari Imbau Pengelolaan Dana Bos Prioritaskan Integritas   |   17:00 . BMKG: Waspada Cuaca 3 Hari Mendatang   |   15:00 . 5 Organisasi Profesi Kesehatan Tolak RUU Kesehatan   |   13:00 . Putra Asal Bojonegoro, Belasan Tahun Mengabdi di Luar Jawa   |   10:00 . Diduga Pecah Ban, Truk Box Oleng Tabrak Pagar Koramil 0813-06 Bojonegoro   |   07:00 . Psikolog Ungkap Kesalahan Orangtua yang Bisa Hambat Potensi Anak, Pelajari Yuk Bun!   |   19:00 . Inilah Nama-Nama Mutasi Pejabat Pemkab Bojonegoro   |   18:00 . Sinergi Dinas PMD dan Bapenda Dampingi Desa Deteksi Dini Objek Pajak Terkendala   |   16:00 . Ini Spek Lengkap Toyota Rush, Kendaraan Camat se-Kabupaten Bojonegoro   |   15:00 . Stigma Buruk Menjadi Kendala dalam Penanggulangan HIV/AIDS   |   14:00 . Kasus HIV di Bojonegoro Mencapai 217 kasus, 2 Persen di Atarannya Anak-anak   |  
Sun, 04 December 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kunjungi Redaksi bB, LIPK UNUGIRI Bojonegoro Belajar Jurnalistik

blokbojonegoro.com | Saturday, 29 May 2021 13:00

Kunjungi Redaksi bB, LIPK UNUGIRI Bojonegoro Belajar Jurnalistik

Penulis: Fajar Wicaksono, Rahayu Lestari Putri*

blokBojonegoro.com - Lembaga Informasi dan Pengembangan Kampus (LIPK) Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) Bojonegoro mengunjungi Kantor Redaksi blokBojonegoro.com (bB) di Jalan KS. Tubun, Gang Srinayan No.3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Jawa Timur, Sabtu (29/5/2021).

Ketua LIPK UNUGIRI, Ahmad Farid Ustman, M.Pd.I dalam sambutannya mengungkapkan terima kasih kepada Blok Bojonegoro yang telah bersedia menyambut serta menerima mahasiswa kami untuk belajar mendalami ilmu jurnalistik dan videografi.

"Harapan kami, mahasiswa UNU Sunan Giri Bojonegoro dapat mengembangkan potensinya, baik di aktifitas tulis menulis berita maupun teknik editing video. Ke depan, akan memberikan korelasi positif terhadap cakapnya mahasiswa dalam meliput serta memahami pembuatan video kegiatan kampus,” kata Farid.

Adapun pelatihan jurnalistik diberikan oleh Pemimpin Redaksi blokBojonegoro.com Parto Sasmito yang menjelaskan tentang pengertian jurnalis, teknik penggalian data, jenis- jenis berita hingga perbedaan berita dan opini.

“Berita itu objektif apa adanya dan tidak boleh beropini di balik fakta. Sedangkan opini itu subjektif, pemikiran setiap orang berbeda-beda," kata Parto Sasmito yang juga mahasiswa Program Pascasarjana di Yogyakarta ini.

Selain itu, materi videografi disampaikan oleh Manajer blokBojonegoroTV, Muhammad Nur Muharrom yang menjelaskan tentang teknik videografi, pengambilan angle, hingga editing.

"Dalam mengambil video bisa dibuat model bercerita dan mengambil detail. Minimalisir zoom, lebih baik mendekat pada objek agar tidak pecah hasilnya," ulas Muharrom.

Adapun peserta pelatihan ini sebanyak delapan mahasiswa yang tergabung dalam LIPK UNUGIRI Bojonegoro. Dalam pelatihan jurnalistik, suasana tampak santai namun serius dan berlangsung dengan gayeng. Peserta tampak aktif dan antusias dalam bertanya pada sesi diskusi. Selain itu, para peserta langsung praktek penulisan dan pengambilan video di lapangan dan evaluasi bersama.

"Saya sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, di lain sisi mendalami kepenulisan juga menambah pengalaman," ujar Fadilatun Nikmah, mahasiswa PGMI semester 4 ini.

*Penulis adalah anggota Lembaga Informasi dan Pengembangan Kampus (LIPK) Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) Bojonegoro

 

Tag : lipk, unugiri, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat