20:00 . Diresmikan Jokowi dari Trenggalek, Intip Keindahan dan Manfaat Bendungan Gongseng   |   19:00 . Presiden RI Tak Berani ke Bojonegoro, Ada Apa?   |   18:00 . Smart City 2021 Kabupaten Bojonegoro   |   17:00 . Urus Administrasi, Pemdes Sukorejo Terapkan Wajib Miliki Kartu Vaksin   |   16:00 . Di Trenggalek, Bupati Bojonegoro dan Gubernur Jatim Dampingi Jokowi Resmikan Dua Bendungan   |   15:00 . Inilah Pemenang Undian Simpeda Bank Jatim Cabang Bojonegoro   |   14:00 . Atlet Renang Bojonegoro Raih 1 Emas dan 2 Perak di Jatim Open 2021   |   13:00 . Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Gongseng   |   12:30 . blokTuban.com Ulang Tahun Ke-6, CEO BMG Resmi Launching TDF   |   12:00 . Detik-detik Jokowi Resmikan Bendungan Gongseng Bojonegoro   |   11:00 . Bukan Lagi Diving, Neymar Cedera Parah   |   10:00 . Buktikan Bojonegoro Sebagai Karsyan Era Majapahit, Pemkab Gelar FGD Sejarah   |   09:00 . Ulang Tahun blokTuban.com ke- 6 dan Launching Tuban Digital Forum   |   07:00 . Jangan Abaikan Nyeri Dada pada Anak, Ini Bahayanya!   |   22:00 . BPBD Imbau Warga Waspada Hujan dengan Intensitas Tinggi   |  
Wed, 01 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Begini Rencana Destinasi Wisata Kedung Gupit Sumuragung

blokbojonegoro.com | Saturday, 05 June 2021 19:00

Begini Rencana Destinasi Wisata Kedung Gupit Sumuragung

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Secara geografis Desa Sumuragung terletak pada Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro. Dengan luas wilayah desa sebesar 270 Ha, ada total jumlah penduduk 3.380 jiwa atau sekitar 845 KK, dan secara administratif terbagi atas 2 Dusun, 4 RW dan 17 RT.

Sejalan dengan perwujudan pembangunan desa dan pedesaan,  Sustainable Development Goals (SDGs) desa dapat di operasionalkan melalui berbagai program dan kegiatan. Diantaranya peningkatan infrastruktur dasar dan pengembangan desa wisata.

Dalam hal ini, Pemerintah Desa (Pemdesa) Sumuragung menyambut baik kedatangan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar beserta Pemkab Bojonegoro yang diwakili oleh Wakil Bupati Bojonegoro, Budi Irawanto.

Menengok potensi alam yang dimiliki serta keunikan kisah sejarah dan budaya. Rencananya Pemdesa setempat memiliki arah tujuan yakni, pengembangan wisata tebing gupit atau yang dikenal sebagai bekas galian C.

Tanah seluas 1.3 hektare ini menawarkan pemandangan indah, yakni potensi wisata karst yang cocok untuk destinasi panjat tebing, outbond dan spot foto. Selain itu ditambah beberapa potensi alam yang dimiliki berupa wisata agro kelengkeng, manga ungu dan nangka pada lahan seluas 1,2 hektare juga akan menambah ciri khas pengembangan wisata lokal.

"Ke depannya pengembangan usaha baik jasa, pertanian dan perdagangan yang mana bisa mengentaskan kemiskinan desa," ucap Kades Sumuragung, Mathasim.

Kades menambahkan, di tahun 2020 berdasarkan data Bumdesa, desa Sumuragung masuk pada kategori desa Berkembang dan seiring berjalannya waktu di tahun 2021 menjadi kategori desa Maju, dengan rincian dana desa dan ADD pada tahun 2019-2021 sebesar Rp 780.131.000 dan Rp 489.714.100.

"Nantinya dana desa tersebut dialokasikan untuk pembiayaan pembangunan pemberdayaan dan penanggulangan bencana," sambungnya.

Kades Sumuragung berharap, nantinya kedatangan Menteri PDTT dan pemkab Bojonegoro ini akan memberikan motivasi sekaligus support pada pembangunan rencana destinasi wisata baru di desa Sumuragung, yang sebelumnya berupa bekas galian C tepat berada di RP 09/RW02.

"Harapan kami kedepannya bisa memberikan support pada pengembangan desa wisata yang mana bisa meningkatkan PAD melalui BUMDesa," harapnya. [liz/ito]

Tag : wisata, sumuragung, baureno, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 22 November 2021 14:00

    Resensi

    Dibalik Buku 00.00

    Dibalik Buku 00.00 Buku judul 00.00 merupakan karya kedua dari Anugrah Ameylia Falensia atau yang kerap dikenal dengan panggilan Amey atau cumi oleh teman-teman maupun para teman pembacanya....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more