17:00 . Bupati Anna Dukung Penuh Tahapan Verifikasi Menuju KLA   |   16:00 . Verifikasi Lapangan KLA, Dinas P3AKB Sampaikan Kondisi Bojonegoro   |   14:00 . Mbah Galong dan Sejarah Desa Sambong   |   12:00 . Temui Suporter Persibo, Begini Tanggapan Anggota DPRD Bojonegoro   |   10:00 . Suporter yang Mengatasnamakan Bojonegoro Bersatu Gelar Demo   |   08:00 . Sudah Mendaftar, Persibo Bojonegoro Pastikan Ikuti Liga 3   |   07:00 . Hasil Penelitian Ungkap Penderita Mata Minus Meningkat selama Pandemi, Terutama Anak-Anak   |   19:00 . Gowes Bareng Upaya PEPC Eratkan Silaturahim   |   18:00 . Kunjungi KEK Singhasari, AMSI Ditawari Bangun Klaster Media Siber   |   17:00 . Bupati Bojonegoro Pastikan Persibo Daftar Liga 3 Besok   |   14:00 . Pandemi Covid-19, Dinpora Minta Atlet Tetap Berlatih   |   13:00 . Pelaku IKM dan UMKM Gelar Senam Minggu Ceria Bangkitkan Ekonomi Kecil   |   12:00 . Pagu PPDB Belum Terpenuhi, Jalur Ini Jadi Solusi   |   10:00 . Harga Cabai Rawit Mulai Merangkak Naik di Pasaran   |   09:00 . STAI Attanwir Semakin Berkembang   |  
Mon, 14 June 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Desa Klino Kecamatan Sekar Jadi Desa Percontohan Budidaya Bunga Krisan

blokbojonegoro.com | Sunday, 06 June 2021 17:00

Desa Klino Kecamatan Sekar Jadi Desa Percontohan Budidaya Bunga Krisan

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Pertanian yang bekerja sama dengan Pemdes Klino Kecamatan Sekar mulai membudidayakan Bunga Krisan. Pembibitan sebanyak 5.000 bibit Bunga Krisan di dalam screenhouse seluas 200 m².

Dwi Nur Jayanti selaku Kades Desa Klino menjelaskan, Desa Klino menjadi desa percontohan budidaya Bunga Krisan karena iklim dan ketinggian yang sesuai. Ketinggian kurang lebih 500 mdpl di kaki Gunung Pandan sebagai syarat tumbuh Bunga Krisan. 

"Luas area pembibitan sebesar 8 x 4 meter dengan menggandeng ibu-ibu Kelompok Tani Wanita Mekar Sari, Desa Klino. Pembibitan dilakukan di tanah khas desa (TKD). Jenis varietasnya antara lain, Sasikirana, Puspita Nusantara, Socakawani, Trissa Abrihorti, Kineta, Green Song, dan Shieena," ujar prempuan ramah tersebut.

Dia juga menambahkan, Bunga dengan nama ilmiah Chrysanthemum ini, selain dibuat tanaman hias pekarangan juga bisa diolah menjadi minuman teh krisan. Krisan pada awalnya bunga liar, karena keindahan dan manfaat kini memiliki nilai ekonomis dan mulai dibudidayakan.

"Selain didampingi Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro budidaya pengembangan bunga krisan ini juga di dampingi dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan D.I Jogjakarta, untuk perawatanya setaip pagi dan sore selalu di sirami dan ada jadwal perawatan dari KTW (Kelompok Tani Wanita) lalu malamnya bunga tersebut harus di sinari lampu," terangnya.

Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Bojonegoro Imam Nurhamid mengatakan, pembibitan bunga krisan sudah berjalan tiga minggu sejak bibit didatangkan langsung dari Kabupaten Sleman, D.I Jogjakarta. Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan D.I Jogjakarta.

“Pembibitan mulai dilakukan dari tanggal 25 Mei 2021. Sekarang sudah berjalan tiga minggu. Minggu depan ada agenda lagi untuk melihat mana tanaman yang sudah tidak tumbuh. Itu harus diambil,” jelas Imam. 

Imam mengatakan, harapan ke depan ada varietas baru untuk Bunga Krisan agar Bojonegoro memiliki varietas khusus khas Bojonegoro. Katanya, sesuai harapan Ibu Bupati agar Bojonegoro melalui Desa Klino, Kecamatan Sekar, bisa menjadi tempat budidaya Bunga Krisan.

Lokasi pengembangan di Desa Klino sesuai dengan perencanaan kawasan, dimana kelak akan dibangun exit tol sudetan jalur tol Solo – Surabaya melalui tol Ngawi, Caruban Nganjuk. [her/col]

Tag : Bunga, Krisan, desa

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Monday, 31 May 2021 12:00

    Rekrutmen CPNS dan PPPK Bojonegoro 2021

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda Sesuai dengan Surat Kepala BKN bernomor 4761/B-KP.03/SD/K/2021 tanggal 28 Mei terkait beberapa peraturan penundaan pendaftaran CPNS maupun PPPK yang belum di tetapkan oleh pemerintah serta masih ada beberapa usulan revisi...

    read more