17:00 . Bupati Anna Dukung Penuh Tahapan Verifikasi Menuju KLA   |   16:00 . Verifikasi Lapangan KLA, Dinas P3AKB Sampaikan Kondisi Bojonegoro   |   14:00 . Mbah Galong dan Sejarah Desa Sambong   |   12:00 . Temui Suporter Persibo, Begini Tanggapan Anggota DPRD Bojonegoro   |   10:00 . Suporter yang Mengatasnamakan Bojonegoro Bersatu Gelar Demo   |   08:00 . Sudah Mendaftar, Persibo Bojonegoro Pastikan Ikuti Liga 3   |   07:00 . Hasil Penelitian Ungkap Penderita Mata Minus Meningkat selama Pandemi, Terutama Anak-Anak   |   19:00 . Gowes Bareng Upaya PEPC Eratkan Silaturahim   |   18:00 . Kunjungi KEK Singhasari, AMSI Ditawari Bangun Klaster Media Siber   |   17:00 . Bupati Bojonegoro Pastikan Persibo Daftar Liga 3 Besok   |   14:00 . Pandemi Covid-19, Dinpora Minta Atlet Tetap Berlatih   |   13:00 . Pelaku IKM dan UMKM Gelar Senam Minggu Ceria Bangkitkan Ekonomi Kecil   |   12:00 . Pagu PPDB Belum Terpenuhi, Jalur Ini Jadi Solusi   |   10:00 . Harga Cabai Rawit Mulai Merangkak Naik di Pasaran   |   09:00 . STAI Attanwir Semakin Berkembang   |  
Mon, 14 June 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

ISNU Bojonegoro Barupaya Perkuat Ketahanan Pangan Kala Pandemi

blokbojonegoro.com | Sunday, 06 June 2021 18:00

ISNU Bojonegoro Barupaya Perkuat Ketahanan Pangan Kala Pandemi

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Pandemi Covid-19 tidak mengurangi semangat Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kabupaten Bojonegoro, melihat kondisi sosial di sekitarnya. Berupaya memperkuat ketahanan saat pandemi dan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, badan otonom (Banom) NU menggelar kegiatan Majelis Fikir.

Acara yang dikemas santai itu bertajuk 'Ketahanan Pangan Saat Pandemi', selain berlangsung di tempat terbuka, seluruh peserta menerapkan Prokes penyebaran Covid-19 dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Hadir sebagai Narasumber Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bojonegoro, Zaenal Fanani, yang juga pengurus Pimpinan Cabang (PC) ISNU Kabupaten Bojonegoro. "Dulu Indonesia dikenal swasembada pangan, termasuk dikenal pengekspor gula terbesar," kata Zainal Fanani.

Dipaparkan Zainal, kondisi pertanian Indonesia terutama Kabupaten Bojonegoro yang berpotensi, seperti tanaman kedelai dan sekarang yang menjadi tren tanam porang. Bahkan dalam penelitiannya sekitar tahun 2013, tanaman porang sangat prospek dan mudah penanamannya.

Selain itu alternatif yang ia tawarkan dan didiskusikan baik tanaman kedelai maupun Porang dalam polybag, juga budidaya ternak ayam kampung petelur dan peluang tambak udang. "Bahkan penggunaan organik lebih unggul dibandingkan tanpa obat dan obat kimia. Semua akan dilakukan dari proses hulu hingga hilir dan ISNU diharapkan menjadi pendampingnya untuk pemberdayaan ekonomi rakyat," tuturnya saat memaparkan materi di Kafe Mojo, Jalan Basuki Rohmad Bojonegoro, Minggu (6/6/2021).

Menurutnya ketahanan pangan harus dilakukan semua pihak termasuk ISNU, bagaimana usaha bersama dan menangkap peluang pasar harus dilakukan. "Ketahanan pangan di tengah pandemi harus dilakukan semuanya, tidak hanya pemerintah saja," nya.

Sementara itu Ketua PC ISNU Kabupaten Bojonegoro, Yogi Prana Izza mengungkapkan, melihat kondisi sekitar, pandemi Covid-19 sangat dirasakan dampaknya. Sehingga bagaimana ISNU bisa berkontribusi terhadap kondisi disekitarnya dengan penguatan ketahanan pangan tersebut.

"Anggota ISNU yang memiliki pekarangan rumah harus dimanfaatkan, baik bertanam maupun budidaya yang lainnya," ungkapnya.

Ustadz Yogi menambahkan, kegiatan majlis fikir ini akan terus dilakukan untuk menambah pengetahuan anggota dan masyarakat yang lainnya. "Sehingga anggota ISNU bisa paham dan mengerti kondisi sosial disekitarnya, seperti pandemi Covid-19 yang harus dilakukan agar menjadi berdaya," pungkasnya yang juga Dosen Unugiri Bojonegoro itu. [zid/lis]

 

Tag : Isnu, covid, pandemi

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Monday, 31 May 2021 12:00

    Rekrutmen CPNS dan PPPK Bojonegoro 2021

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda Sesuai dengan Surat Kepala BKN bernomor 4761/B-KP.03/SD/K/2021 tanggal 28 Mei terkait beberapa peraturan penundaan pendaftaran CPNS maupun PPPK yang belum di tetapkan oleh pemerintah serta masih ada beberapa usulan revisi...

    read more