22:00 . Istighosah dan Doa Bersama Alumni Kampus Ungu   |   21:00 . Istighosah dan Doa Bersama di Kampus Ungu   |   19:00 . Agar Selamat dari Informasi Hoaks, AMSI Beberkan Tips   |   18:00 . AMSI Jatim Berikan Pelatihan Literasi Berita, Peserta Antusias Pelajari Cara Kerja Media dan Cek Fakta   |   17:00 . Tega, Bayi Baru Lahir Ditinggal di Bawah Pohon   |   16:00 . Shio Kuda Hindari Konflik dalam Keluarga, Kambing; Perdebatan bisa Rusak Suasana   |   15:00 . 4 Tahun Kepemimpinan Bupati Anna, Ubah Bojonegoro Lebih Maju Termasuk Pembangunan Infrastruktur   |   14:00 . Warga Berebut Adopsi Bayi di Sumberarum, Dinsos Bojonegoro Jelaskan Prosedurnya   |   13:00 . Lapas Bojonegoro Gelar Razia Halinar Dadakan   |   12:00 . PEPC Sosialisasikan Keamanan dan Keselamatan Jalur Pipa Gas Lapangan JTB   |   16:00 . Antisipasi Potensi Konflik, Pemdes Berperan Penting Cegah Intoleransi dan Radikalisme   |   15:00 . Tak Kunjung Diperbaiki, Ratusan Sekolah di Bojonegoro Rusak   |   14:00 . Kepolisian: Jika Ingin Adopsi Bayi Bisa Hubungi Dinsos   |   11:00 . Kemenag Bojonegoro Datangkan 10 Ribu Pasang Buku Nikah   |   10:00 . Produk BBM yang Dinikmati Masyarakat Pasti Sesuai Spek, Ini 7 Proses Quality Control Pertamina   |  
Fri, 30 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pria Asal Bojonegoro Jadi Wisudawan Terbaik Pascasarjana UIN Walisongo

blokbojonegoro.com | Tuesday, 08 June 2021 16:00

Pria Asal Bojonegoro Jadi Wisudawan Terbaik Pascasarjana UIN Walisongo

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Sebanyak 436 Mahasiswa program Diploma, Sarjana dan Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang sukses melaksanakan wisuda periode Juni 2021, yang dilakukan secara offline dan online dengan menerapkan protokol kesehatan, Selasa, (8/6/2021).

"Wisudawan periode Juni ini sebanyak 436 Mahasiswa, rinciannya 8 program Doktor, 20 Magister dan 408 Sarjana," ungkap Wakil Rektor 1 UIN Walisongo Semarang, Mukhsin Jamil.

Tak kalah menarik, salah satu wisudawan UIN Walisongo Semarang program pascasarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Usman Roin berhasil memperoleh prestasi yang luar biasa yakni sebagai wisudawan terbaik periode Juni 2021 pada program pascasarjana. Dengan indek prestasi (IP) 3.75 atau sangat memuaskan.

Pria yang lahir di Kabupaten Bojonegoro, 39 tahun silam ini tak pernah menyangka ia berhasil menjadi wisudawan terbaik program pascasarjana di antara ratusan wisudawan UIN Walisongo Semarang.

Selama menempuh studi pascasarjana di UIN Walisongo Semarang, Usman juga aktif sebagai salah satu admin dan humas YAPAPB, Humas Eksternal hingga Guru Ekstra Kurikuler Jurnalistik di SMP IT PAPB Semarang.

Hingga segudang organisasi sosial, mulai dari Wakil Sekretaris PW Pergunu Jateng, Anggota Komisi Informasi, Komunikasi Dan Penerbitan MUI Kota Semarang, Pembantu Humas Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (PD DMI) Semarang, serta Majelis Pembina Perhimpunan Remaja Masjid Dewan Masjid Indonesia (PRIMA DMI) Jawa Tengah.

Berbekal tekad, keuletan serta keaktifan dalam berproses di UIN Walisongo Semarang, Usman Roin yang karya tulisnya juga sering dimuat di blokBojonegoro.com ini berhasil menyelesaikan studi program pascasarjana selama kurang lebih 4.5 Tahun.

"Alhamdulillah studi pascasarjana kurang lebih 4,5 tahun bisa tertuntaskan dengan sukses meski aktivitas cukup padat," ungkap Usman Roin.

Pria yang menjabat sebagai Wakil Sekretaris PW Persatuan Guru Nahdatul Ulama (Pergunu) Jateng juga membagikan pengalaman suka dan duka selama menjadi Mahasiswa pascasarjana, ditambah aktivitas lain yakni bekerja dan aktivis di organisasi sosial. Dimana harus membagi waktu dengan baik agar keduanya berjalan seimbang.

"Membagi waktu antara bekerja dan studi pascasarjana memang rumit, dimana ada tanggung jawab kuliah dan pekerjaan yang harus diselesaikan dalam waktu bersamaan," imbuh pria asal Bojonegoro.

Dibalik kesibukannya sebagai aktivis, pengajar dan mahasiswa pascasarjana, berkat ketekunan, doa serta tekad yang kuat. Usman tak menyangka berhasil meraih dua terbaik pada program pascasrjana UIN Walisongo.

Berbekal rujukan buku-buku, jurnal bereputasi serta pengalaman selama berorganisasi. Ia berhasil memperoleh Indeks prestasi cumlaude 3.75 dan juga Tesis Terbaik Tingkat Universitas dengan judul "Pembentukan Karakter Religius Berbasis Masjid Pada Masyarakat Muslim di Palebon Semarang".

"Pengerjaan Tesis kuncinya hanya satu dari modal menulis berita dan artikel, serta rujukan buku-buku dan jurnal serta sering berkunjung ke toko buku supaya bisa menghasilkan sisi kualitas karya tulis yang maksimal," sambungnya.

Alumnus Attanwir Bojonegoro, tahun 2000 ini berharap, pengalaman yang telah ia bagikan ini terutama dalam perjalan panjang proses studi hingga pengalaman organisasi bisa bermanfaat bagi almamater maupun generasi penerus bangsa.

"Tanamkan cita-cita yang tinggi untuk melanjutkan belajar digiring dengan perilaku senang belajar. Alhasil pengetahuan akan mudah dikuasi dan menulis juga mudah dilakukan," pesannya. [liz/ito]

Tag : usman roin, UIN Walisongo Semarang, bojonegoro, dmi, prima dmi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat