Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sayembara Tangkap Tikus, Petani di Kanor Berhasil Kumpulkan Ribuan Ekor

blokbojonegoro.com | Tuesday, 08 June 2021 18:00

Sayembara Tangkap Tikus, Petani di Kanor Berhasil Kumpulkan Ribuan Ekor

Kontributor: Maulina Alfiyana

blokBojonegoro.com - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bojonegoro menggelar sayembara lomba tangkap tikus. Sayembara ini untuk mengatasi hama tikus yang menyerang tanaman petani.

Lomba tersebut digelar di Kecamatan Kanor, setiap ekor tikus yang berhasil ditangkap dihargai Rp2.000. Sedangkan untuk kelompok tani dengan tangkapan terbanyak, bisa mendapat hadiah Rp50.000.000.

Camat Kanor, M. Mahfud dalam hal ini menyampaikan, tidak semua desa di Kecamatan Kanor ikut serta dalam kegiatan sayembara lomba tangkap tikus yang diadakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bojonegoro.

"Ada 9 desa yang ikut, khususnya di wilayah bagian utara, meliputi Kedunhprimpen, Gedongarum, Pilang, Prigi, Temu, Semambung, Kanor, Tambahrejo, dan Caruban. Sebab di desa-desa tersebut telah mengalami gagal panen yang dipicu oleh serangan hama tikus," jelas Mahfud.

Menurut Mahfud, para petani berburu secara berkelompok, masing-masing berjumlah sepuluh orang atau lebih. Lomba ini juga diharapkan dapat memberi dorongan dan semangat dan petani dalam pengendalian hama tikus. 

Terpisah, Kepala Desa Kanor, Jono menyebutkan, ada sekitar 150 petani di desanya mengikuti ajang sayembara ini. Para petani Desa Kanor juga berhasil mengumpulkan 2.949 ekor tikus dalam waktu kurang dari satu hari. 

"Dalam penangkapan, para petani hanya menggunakan alat manual, seperti mencangkuli lubang yang menjadi sarangnya kemudian otomatis tikus keluar dengan sendirinya. Selain itu beberapa petani juga ada yang membawa alat tangkap dari bambu," papar Jono.

Dengan adanya pemberantasan hama tikus ini, Jono mengharapkan hama tikus yang selama ini jadi permasalahan serius di pertanian Desa Kanor bisa berkurang, serta petani bisa menikmati penen dengan baik. 

"Sebab musim tanam kemarin sudah gagal penen gara-gara diserang hama tikus. Maka diharapkan upaya ini dapat membantu atau menghilangkan populasi hama tikus di pertanian wilayah Desa Kanor dan sekitarnya," harapnya. [lin/col]

 

Tag : Petani, tikus, ekor



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini