Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jaga Tradisi, Warga Sekaran Peringati Haul Sesepuh Desa

blokbojonegoro.com | Sunday, 20 June 2021 10:00

Jaga Tradisi, Warga Sekaran Peringati Haul Sesepuh Desa

Kontributor: Maulina Alfiyana

blokBojonegoro.com - Dalam tradisi di masyarakat, kegiatan haul sering digelar. Pada praktiknya, haul merupakan momentum untuk mengenang seorang tokoh, terutama para ulama yang telah wafat.

Seperti di Desa Sekaran, Kecamatan Balen, pada setiap tahunnya selalu memperingati Haul K. H. Abdul Qodir Jailani atau biasa disebut dengan Raden Citro Yudho yang merupakan sesepuh desa setempat.

Ketua pelaksana acara, M. Najihul Amin menyebutkan, peringatan Haul Raden Citro Yudho disahkan oleh Ikatan dan Persaudaraan Keluarga Besar Eyang Jailani (ISEKJA) pada 3 Agustus 2003 silam. 

Hingga pada saat itu telah disepakati peringatan Haul Raden Citro Yudho dilaksanakan setiap tahun dengan diisi berbagai rangkaian acara. Seperti yang dilakukan masyarakat Desa Sekaran hari ini. 

"Hal ini sudah menjadi ketetapan, tidak akan terjadi perubahan kecuali kalau ada suatu hal yang mendesak," jelasnya, Sabtu (19/6/2021). 

Berbagai rangkaian acara yang telah disepakati dalam memperingati Haul meliputi, pra acaranya adalah khataman al-quran yang dimulai pada hari Jumat malam Sabtu di masjid Raudlatul Huda. Dilanjutkan setelahnya ziarah dan tahlil bersama di makam Raden Citro Yudho. 

Kemudian pada acara inti diisi dengan pengajian dan pembacaan doa untuk ringkasan silsilah dan sejarah keluarga besar Raden Citro Yudho.

"Rangkaian kegiatan Haul Raden Citro Yudho ini hanya diikuti oleh masyarakat Desa Sekaran, dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19," pungkasnya. [lin/lis]

 

Tag : Haul, sekaran, makam, leluhur



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini