Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Harga Gabah Anjlok, Petani Meradang

blokbojonegoro.com | Tuesday, 22 June 2021 19:00

Harga Gabah Anjlok, Petani Meradang

Kontributor: Maulina Alfiyana

blokBojonegoro.com - Sejumlah petani di Kabupaten Bojonegoro mengeluhkan anjloknya harga gabah yang terjadi sejak beberapa pekan terakhir. Harga gabah saat ini anjlok mencapai Rp3.600 per kilogramnya.

Bahrudin, salah satu tengkulak gabah sekaligus penyewa mesin Combi menduga, merosotnya harga gabah ini, karena tengah terjadi panen raya di sejumlah daerah, termasuk Kabupaten Bojonegoro.

"Harga gabah saat ini anjlok mencapai Rp3.600, penyebab utamanya diduga karena panen raya," jelas laki-laki asal Kecamatan Dander tersebut. 

Dia menambahkan, selain karena panen raya, harga gabah anjlok juga dipengaruhi oleh cuaca yang tidak mendukung. Sebab beberapa minggu terakhir Kabupaten Bojonegoro tengah diguyur hujan.

Terpisah, menurut salah satu Petani, Rondi menyebutkan, harga gabah saat ini tidak memihak petani. Pasalnya harga gabah saat ini hanya cukup untuk mengembalikan biaya tanam dan pemupukan. 

Rondi merincikan, saat ini ia tengah panen seluas lima kotak lahan sawah. Setiap kotak memiliki luas 1.400 meter persegi. Menurutnya panen tahun ini cenderung sedikit jika dibandingkan tahun lalu.

"Ini saya panen 5 kotak, satu kotak luasnya 1.400 meter persegi. Kira 5 ton gabah itu tahun lalu, sekarang 4,5 ton. Kualitasnya juga kurang bagus. Ini karena cuaca, kemarin kurang bagus, ditambah adanya panen raya yang membuat harga gabah semakin anjlok" tandasnya. [lin/lis]

 

Tag : Harga, gabah, naik



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini