10:00 . LIVE: CERDAS DAN BIJAK DALAM BERMEDIA SOSIAL   |   07:00 . Jangan Panik, Ini Sebab Bayi Cegukan dan Cara Menghentikannya   |   20:00 . Pelaksana Desa Dander dan Ngunut Gelar FGD Program Penataan Sumber Air Bagi Masyarakat   |   19:00 . HJB ke-344, Nakes Puskesmas Temayang Terima Penghargaan   |   15:00 . Capaian Kinerja Pemkab Bojonegoro Terus Meningkat   |   14:00 . Beda Indikator, Penilaian Level Covid-19 di Bojonegoro Berbeda   |   12:00 . Hari Jadi Bojonegoro, Kejaksaan Negeri Terima Penghargaan dari Pemkab   |   10:00 . Bupati Beri Penghargaan Instansi, OPD Hingga Instansi Terbaik di Hari Jadi Bojonegoro 343   |   09:00 . Meski Zona Kuning, Petugas Terus Ingatkan Prokes Kepada Masyarakat   |   07:00 . Studi Buktikan Lingkungan Hijau dapat Meningkatkan Kesehatan Mental Anak   |   06:00 . 5 Wilayah di Jatim Level 1, ini Aturan Baru dalam PPKM   |   21:00 . Resmikan Wisata Religi, Gus Ali Berziarah ke Makam Yek Ali di Sumberejo   |   20:00 . Peringkat Hasil SKD Pemkab Bojonegoro Masih Tunggu Instruksi BKN Pusat   |   19:00 . KADIN Bojonegoro Goes to Campus, Podcast di 2 Tempat   |   18:00 . Yuk...! Ikuti Webinar Cerdas dan Bijak dalam Bermedia Sosial   |  
Thu, 21 October 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tangkal Covid-19, Yuks.... Pakai Masker Ganda

blokbojonegoro.com | Saturday, 26 June 2021 17:00

Tangkal Covid-19, Yuks.... Pakai Masker Ganda

Reporter: Nur Muharrom

blokBojonegoro.com - Maraknya kasus penyebaran corona virus yang semakin menjadi perhatian publik, kini Kemenkes sarankan pemakaian masker ganda ditengah kasus covid yang melonjak. Masker ganda di sebut sebagai cara paling efektif untuk mencegah penularan covid-19.

Hal tersebut di tegaskan oleh drg. Thomas Djaja selaku salah satu dokter di RSUD Sosodoro Djatiekoesoemo Bojonegoro. Pihaknya menuturkan bahwa penggunakan masker ganda saat ini memang diperlukan. Selain di tengah maraknya virus, penggunaan masker ganda juga bisa menangkal tersebarnya virus corona. 

"Masker ganda yang saya maksud itu penggunaannya ialah masker medis dan dilapisi masker kain di luarnya," ujarnya. 

Adapun jenis masker yang bisa di gunakan waktu bersamaan ialah masker medis dan masker kain. Kombinasi dari kedua masker tersebut memiliki tingkat efektivitas yang baik dalam cara mencegah percikan droplet. 

Seperti yang dijelaskan oleh Dr. Adam Prabata, Phd Candidate di Medical Sciences Kobe University melalui akun instagram pribadinya. Dirinya menjelaskan bahwa masker kain dapat menutup celah yang ada antara wajah dan area pinggir masker medis. Cara ini dianggap ampuh dapat meningkatkan perlindungan dan menurunkan resiko  penularan virus corona.

Persentase partikel yang terblokir pada percobaan simulasi batuk pada masker bedah mencapai 56,1%, pada masker partikel yang terblokir mencapai 51,4%. Persentase partikel yang terblokir jika seseorang menggunakan masker medis yang dilapisi masker kain bisa mencapai 85,4%. 

Adam tidak menganjurkan penggunaan masker medis ganda karena masker medis tidak dirancang agar terpasang ketat di wajah. Oleh sebab itu, menumpuk masker medis lebih dari 1 tidak mempengaruhi keketatan masker. 

Cara menumpuk masker yang tidak dianjurkan lainnya adalah menumpuk masker N95 atau KN95 atau KF94 dengan masker apapun. Pasalnya, masker N95 dan KF94 yang sesuai standar sudah memiliki desain yang sangat ketat dan kemampuan filtrasi droplet 94% sampai dengan 95%. 

"Menggunakan masker dobel yaitu masker medis di bawah masker kain dapet meningkatkan keketatan dan filtrasi masker yang terbukti lebih efektif untuk menyaring droplet yang berasal dari saluran napas," pungkas Adam. [mu/ito]

Tag : Masker, ganda, Covid-19, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat