20:00 . Pengurus Perkumpulan Jamaah Tahlil Perempuan di Bojonegoro Resmi Dilantik   |   19:00 . Gandeng Lakpesdam NU, Kominfo Dorong Masyarakat Cakap Literasi Digital   |   18:00 . Buruh Aksi di Gubernuran, Ini Hasil Audiensi RTMM SPSI dengan Para Stakeholder Pemprov Jatim   |   17:00 . Makam Diduga untuk Ritual Pesugihan Dibongkar, Isinya Mengejutkan   |   16:00 . 295 WBP Diusulkan Dapat Remisi Kemerdekaan, 6 Napi Langsung Bebas   |   15:00 . DWP Kemenag Bojonegoro Gelar Deteksi Dini IVA Test dan Sadanis Gratis   |   13:00 . 49 SMA di Bojonegoro Mulai Terapkan Kurikulum Merdeka   |   09:00 . Penemuan Makam di Tengah Hutan   |   08:00 . Hilang STNK NoPol S-3124-DG   |   07:00 . Orangtua Harus Tahu! Ini 7 Tips Habiskan Waktu Bersama dengan Anak   |   20:00 . Merdeka Cup 2022 dalam Kemeriahan Kemerdekaan RI ke-77   |   19:00 . Ratusan Masyarakat Bojonegoro dan Tuban Deklarasikan LaNyalla Capres 2024   |   18:00 . Fenomena Fashion Week, Budayawan Berharap Bisa Tampilkan Produk Batik Lokal   |   17:00 . Kader Berpretasi Asal Bojonegoro, Mantapkan Maju Caketum PP IPPNU   |   16:00 . Profil Coach Persibo Masdra Nurriza, Awali Karir dari Bangku SMP   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Webinar Pancasila Lintas Agama Sebagai Benteng Pertahanan di Era Milenial

blokbojonegoro.com | Wednesday, 30 June 2021 09:00

Webinar Pancasila Lintas Agama Sebagai Benteng Pertahanan di Era Milenial

Pengirim: Firda Rizka R. W.*

blokBojonegoro.com - Masih dalam Bulan Kelahiran Ideologi Pancasila, Himpunan Mahasiswa Fakultas Syariah dan Adab UNU Sunan Giri Bojonegoro gelar webinar bertajuk “Pancasila Lintas Agama: Menjalankan Nilai-Nilai Pancasial Di Era Milenial”. Webinar yang diikuti oleh kurang lebih 200 peserta dari berbagai wilayah tersebut dilaksanakan pada Selasa (29/6/2021) melalui Zoom Meeting.

Topik tersebut sengaja diangkat, karena sesuai dengan fakta yang ada pada kehidupan sehari-hari. Generasi milenial saat ini masih belum memahami makna dan hakikat yang terkandung dalam Pancasila. Ketua BEM FSA UNU Sunan Giri, akhmad deny khoirun n. menyebuutkan bahwa mahasiswa dan masyarakat secraa luas sangat perlu memahami tenatng nilai-nilai dan hakikat Pancasila.

“Pancasila merupakan ideologi yang tepat bagi NKRI. Pancasila adalah simbol dari Indonesia yang multikultural, dan meliputi banyak agama. Hal tersebut sesuai dengan bunyi Sila Pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa,” ungkapnya.

Webinar yang dipimpin secara langsung oleh Ketua BEM FSA tersebut menghadirkan narasumber yang sangat professional, yaitu M. Hasan Bisri, S.H.I., dan Pdt. Iwan Sukmono, S.Si. webinar tersebut dibuka secara langsung oleh Rektor UNU Sunan Giri Bojonegoro, K. M. Jauharul Ma’arif, M.Pd.I.. dan Dekan Fakultas Syariah dan Adab, Agus Sholahudin Shidiq, M.H.I.

“Semoga webinar ini dapat mengantarkan generasi milenial tentang nilai-nilai Pancasila berikut penerapannya dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya.

Narasumber pertama, M. Hasan Bisri, S.H.I. merupakan Wakil Sekretaris FKUB Kabupaten Bojonegoro. Beliau memaparkan tentang hakikat Pancasila secara historis. Kemudian dilengkapi dengan beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh warga negara yang baik. "Salah satu filosofi kehidupan yang menjadi prasyarat menuju sikap dan tindakan toleran adalah Digawe apik, sebab iso ngapiki,” ungkapnya.

Selain itu, Hasan Bisri juga mendeskripsikan sepuluh desain kedewasaan beragama yang harus diperhatikan oleh generasi milenial.

Sedangkan narasumber kedua, Pdt. Iwan Sukmono, S.Si adalah anggota pengurus pleno FKUB Kabupaten Bojonegoro. Pendeta Iwan menambahkan bahwa kecanggihan teknologi dapat dimanfaatkan untuk kampanye Pancasila. Dengan demikian, akan terwujud kesatuan dan persatuan warga NKRI.

“Multikultural yang ada di Indonesia dapat dipetik sebagai anugerah dan berkat dari Tuhan Yang Maha Esa, bukan menjadi boomerang yang dapat mengakibatkan kehancuran dan kemudharatan,” pungkasnya.

Webinar yang berlangsung hingga pukul 15.00 ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan foto bersama.

*Penulis adalah anggota Lembaga Informasi dan Pengembangan Kampus (LIPK) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sunan Giri Bojonegoro

Tag : webinar, lintas, agama, unu, sunan, giri, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat