Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Cuaca Tak Menentu Petani Pilih Tanam Kacang Hijau

blokbojonegoro.com | Saturday, 03 July 2021 13:00

Cuaca Tak Menentu Petani Pilih Tanam Kacang Hijau *Foto Ilustrasi

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Kondisi cuaca yang tidak menentu seperti saat ini, petani perlu mencari alternatif saat untuk memulai tanam. Seperti halnya yang dilakukan petani di wilayah Desa Kolong Kecamatan Ngasem yang sebagian petani banyak beralih menanam kacang hijau dari pada jagung.

Di lahan sawah milik petani benih kacang hijau mulai ditanam. Penanaman dilakukan dengan sistem tajuk atau tugal. Penanaman kacang hijau tidak sulit, karena lahan sawah tidak perlu dibajak.

Lahan yang masih lembab, ditutupi dengan jerami untuk membantu menghambat kekeringan, serta bisa dimanfaatkan sebagai pupuk. Pengaturan jarak tanam dilakukan memakai tambang, agar penanaman bisa lebih teratur.

Varietas kacang hijau bersertifikat dipilih para petani untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Saat kemarau, petani di daerah tersebut selama ini cenderung memilih menanam palawija, karena minimnya pasokan air.

"Saya memilih kacang hijau karena lebih hemat modal dan tanpa pemupukan, sebab sebelumnya di tanami jagung terguyur hujan tanamannya langsung mati," ujar Darmi.

Proses perawatan tanaman kacang hijau dianggap mudah, karena hanya dengan pemberian pembersih gulma dan melakukan penyemprotan hama saja. Pada usia maksimal 80 hari, sudah bisa memanen kacang hijau yang ditandai kulit polong yang tua.

"Masa dua bulan lebih tanaman kacang hijau bisa dipanen dan tanaman ini lebih kuat saat cuaca seperti ini, dibanding hanya dibiarkan terbengkelai mending ditanami kacang hijau," ujarnya kepada awak media blokBojonegoro.com. [her\mu]

Tag : petani kecamatan ngasem, tanam kacang hijau



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini