19:00 . Kasur Busa Jadi Tren, Pengusaha Kasur Kapas Bertahan untuk Tetap Ada   |   18:00 . Antisipasi Lonjakan Covid Jelang Nataru, Stok Plasma Konvalesen di Bojonegoro Terpantau Aman   |   11:00 . HUT ke-38, SMP Negeri Kapas Tonjolkan Rakitan Sepeda Energi Listrik   |   07:00 . Jangan Cukur Bulu Kemaluan Saat Vagina Sedang Dalam Kondisi Begini   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Melaju ke Babak 16 Besar   |   17:00 . Program Rantang Kasih Moe Tingkatkan Gizi Lansia   |   16:00 . Awal Bulan Harga Emas 24 Karat Antam Terjun   |   15:00 . Full Time, Persibo Taklukkan 1-0 Mitra Surabaya   |   14:30 . Half Time, Persibo Unggul 1-0 dari Mitra Surabaya   |   14:00 . Transparansi Pemdes Tlogorejo Raih Tiga Kategori KIP Se - Jawa Timur   |   13:45 . Menit 31 Persibo Berhasil Mencetak Gol Pertama ke Gawang Mitra Surabaya   |   13:00 . Persibo Tiba di Gresik, Kondisi Siap Tempur   |   12:00 . Harga Cabai di Pasar Bojonegoro Meroket Jelang Natal dan Tahun Baru   |   11:00 . Pemkab Bojonegoro Terima Penghargaan Kategori Tertinggi Komisi Informasi Jatim   |   10:00 . Program Aladin Bangun 7.041 Rumah Tak Layak Huni   |  
Fri, 03 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pilih Dekat Keluarga, Pemuda Asal Mayangkawis Jadi Peternak Ayam Petelur

blokbojonegoro.com | Thursday, 08 July 2021 12:00

Pilih Dekat Keluarga, Pemuda Asal Mayangkawis Jadi Peternak Ayam Petelur

Kontributor : Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Indonesia, terdapat bermacam-macam jenis ayam baik yang untuk ayam hias, ayam pedaging (konsumsi), maupun ayam petelur. Banyak masyarakat yang lebih memilih ayam kampung untuk dijadikan ayam pedaging konsumsi ataupun sebagai petelur.

Karena daging ayam kampung dirasa memiliki tekstur yang lebih kenyal, berisi, tidak lembek, dan tidak terlalu berlemak. Cita rasa daging ayam kampung juga lebih nikmat dan dagingnya tidak mudah hancur ketika dimasak.

Tak hanya itu, kebutuhan telur ayam di dalam negeri tinggi. Tak hanya sebagai lauk murah dan bergizi, telur juga untuk membuat sejumlah masakan lainnya, termasuk kue. Nah, tentunya bisnis beternak ayam untuk mendapatkan hasil utama berupa telur yang cukup menggiurkan.

Anggi Alvian (22), Warga Desa Mayangkawis, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro, adalah salah satu pengusaha ayam petelur, dia baru memulai usahanya sejak 2020 akhir. Pemuda yang awalnya bekerja di sebuah perusahaan peternakan di Sulawesi ini lebih memilih membuka usaha sendiri, lantaran dia ingin bekerja tetapi yang tak jauh dari orang tuanya.

"Saya lulus sekolah pada tahun 2016, dan waktu itu ada rekrutmen bekerja di perusahaan peternakan, saya mencoba untuk mengikuti rekrutmen tersebut,  Alhamdulillah dari 300 peserta yang ikut hanya ada 2 orang yang di terima, salah satunya yaitu saya, lalu saya langsung bekerja di perusahaan tersebut," ungkapnya.

Bekerja kurang lebih 4 tahun, lalu Anggi berpikir agar bisa kerja namun dekat dengan orang tua. Lalu pada bulan Oktober 2020 dirinya resign dari perusahaan itu, pulang dan mulai belajar dari beberapa peternak ayam petelur di Bojonegoro. Akhirnya saya mulai membuat usaha ayam petelur sendiri," ujar Anggi sapaan karibnya.

Anggi memulai usaha nya dengan membeli 1000 bibit ayam petelur dari Blitar, selang beberapa bulan ayam tersebut sudah mulai produksi. Pada saat puncak produksi dalam satu hari Alvian bisa memanen 22 hingga 25 kilogram telur.

"Masih belajaran jadinya ya baru beli 1000 bibit ayam, kemudian saya jual 500 ayam karena Dulu waktu di kandang pembesaran sudah padat, sedangkan kandang bertelur belum jadi, jadi terpaksa dijual dan sekarang tinggal 500, hampir 90% ayamnya sudah produksi, jika pada puncaknya produksi saya bisa memanen 22 hingga 25 kilogram telur, itu dalam waktu satu hari," ujarnya.

Saat ini dia memiliki omzet 10 hingga 15 juta tiap bulan dari usaha ayam petelurnya, kendalanya saat ini yaitu di pakan ayam. "Karena harganya tidak stabil, dan sekarang juga harga telurnya tidak stabil, apalagi saat ini di masa pandemi, jadinya Harga telur pun ikut tak stabil," pungkas Anggi.

Tag : peternak, telur, ayam, bojonegoro, mayangkawis, balen



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 22 November 2021 14:00

    Resensi

    Dibalik Buku 00.00

    Dibalik Buku 00.00 Buku judul 00.00 merupakan karya kedua dari Anugrah Ameylia Falensia atau yang kerap dikenal dengan panggilan Amey atau cumi oleh teman-teman maupun para teman pembacanya....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more