22:00 . Istighosah dan Doa Bersama Alumni Kampus Ungu   |   21:00 . Istighosah dan Doa Bersama di Kampus Ungu   |   19:00 . Agar Selamat dari Informasi Hoaks, AMSI Beberkan Tips   |   18:00 . AMSI Jatim Berikan Pelatihan Literasi Berita, Peserta Antusias Pelajari Cara Kerja Media dan Cek Fakta   |   17:00 . Tega, Bayi Baru Lahir Ditinggal di Bawah Pohon   |   16:00 . Shio Kuda Hindari Konflik dalam Keluarga, Kambing; Perdebatan bisa Rusak Suasana   |   15:00 . 4 Tahun Kepemimpinan Bupati Anna, Ubah Bojonegoro Lebih Maju Termasuk Pembangunan Infrastruktur   |   14:00 . Warga Berebut Adopsi Bayi di Sumberarum, Dinsos Bojonegoro Jelaskan Prosedurnya   |   13:00 . Lapas Bojonegoro Gelar Razia Halinar Dadakan   |   12:00 . PEPC Sosialisasikan Keamanan dan Keselamatan Jalur Pipa Gas Lapangan JTB   |   16:00 . Antisipasi Potensi Konflik, Pemdes Berperan Penting Cegah Intoleransi dan Radikalisme   |   15:00 . Tak Kunjung Diperbaiki, Ratusan Sekolah di Bojonegoro Rusak   |   14:00 . Kepolisian: Jika Ingin Adopsi Bayi Bisa Hubungi Dinsos   |   11:00 . Kemenag Bojonegoro Datangkan 10 Ribu Pasang Buku Nikah   |   10:00 . Produk BBM yang Dinikmati Masyarakat Pasti Sesuai Spek, Ini 7 Proses Quality Control Pertamina   |  
Fri, 30 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Goa Lowo Ngronan, Potensi Wisata Alami di Sekar

blokbojonegoro.com | Monday, 12 July 2021 19:00

Goa Lowo Ngronan, Potensi Wisata Alami di Sekar

Kontributor : Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Kabupaten Bojonegoro selain terkenal dengan Migasnya, juga memiliki banyak potensi alam yang sangat mempesona. Seperti perbukitan, air terjun dan gua, itu semua bisa kita jumpai di selatan Bojonegoro seperti Goa Lowo yang berlokasi di atas Bukit Dukuh Ngronan, Desa Bobol, Kecamatan Sekar.

Medan menuju Goa Lowo terbilang gampang-gampang susah pasalnya wisatawan harus berjalan kaki setelah masuk perbatasan dusun untuk naik menuju goa tersebut. Mereka harus jalan kaki melewati jalan setapak menuju goa kurang lebih 15 menit, dalam perjalanan wisatawan juga akan di suguhi pemandangan perbukitan khas Bojonegoro selatan.

Setelah sampai di Goa Lowo wisatawan akan menyaksikan ribuan kelelawar yang bergelantungan di atap goa. Tak jarang pula banyak warga yang berada di dalam Goa Lowo itu untuk mengumpulkan kotoran kelelawar.

Puji salah seorang warga mengatakan, ketika sudah masuk sore hari semua pengunjung harus sudah meninggalkan tempat tersebut. Sebab penghuni lain seperti ular banyak yang berdatangan ke goa.

"Warga di sini tidak ada yang berani melakukan aktivitas di goa ini jika sudah jam lima sore, sebab kabarnya jika sudah masuk sore hari banyak ular-ular yang berdatangan ke Goa Lowo ini," ujarnya kepada awak media.

Selain itu dia juga mengatakan, di Goa Lowo tersebut juga banyak di kunjungi orang untuk mencari pengobatan. Bahkan dia pernah membuktikannya sendiri meskipun itu hanya perantara bagi sang pencipta untuk menyembuhkan penyakit paru-parunya.

"Di tempat ini konon katanya jika ada orang yang memiliki penyakit kronis banyak yang kesini untuk mengambil kelelawar seperlunya untuk obat, tapi tidak hanya mengambil begitu saja mereka harus meninggalkan uang di sekitar goa ini ," ujar wanita pencari kotoran kelelawar itu.

M. Misbakhul Munir salah seorang traveler mengatakan, Goa Lowo ini sangat bagus meskipun belum dijadikan destinasi wisata. "Mungkin ke depannya bisa menjadi salah satu tempat wisata unggulan di Bojonegoro jika ada sentuhan dari pihak terkait," ujarnya.[her/lis]

 

Tag : Goa, lowo, mitos



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat