14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |   22:00 . Kolaborasi Pemkab dan Media, Membangun City Branding Kabupaten Bojonegoro   |   17:00 . BRI Peduli Salurkan Bantuan Bagi Warga Terdampak Banjir di Demak   |   16:00 . Viral! Diduga Selingkuh, Pasangan Bukan Suami Istri di Bojonegoro Diarak Warga   |   13:00 . Ingin Tetap Bugar Selama Puasa? Ini Tipsnya   |  
Thu, 28 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Menyambung Asa dari Kotoran Kelelawar di Goa Lowo

blokbojonegoro.com | Monday, 12 July 2021 20:00

Menyambung Asa dari Kotoran Kelelawar di Goa Lowo

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Banyak jalan menuju Roma. Itulah ungkapan yang pas untuk para pencari kotoran kelelawar di Goa Lowo Dusun Ngronan, Desa Bobol Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro Provinsi Jawa Timur. 

Jika kita mau berusaha, pasti ada jalan keluar yang bisa kita peroleh. Hal ini dilakukan demi sesuap nasi serta demi menghidupi anggota keluarga. Mereka rela menerobos kegelapan goa dengan berbekal peralatan seadanya apapun risiko yang terjadi. 

Bahkan tidak hanya gelap, pengap, gatal, bau bahkan hewan buas pun turut menghantui saat mereka mengais rezeki di goa tersebut. Warga Ngronan mengumpulkan kotoran kelelawar diketahui untuk pupuk segala tanaman karena terbukti sangat subur.

Pagi itu suasana Goa Lowo Dusun Ngronan Desa Bobol masih sepi. Hanya ada kicauan burung-burung sambil beterbangan. Sementara itu di dekat mulut goa terdengar suara kelelawar bersahutan di telinga dari dalam goa. 

Tampak lalu lalang kelelawar keluar masuk goa. Ada yang bergelantung di atap goa, ada yang berkejar-kejaran sambil menjatuhkan kotoran. Sementara itu suasana dalam goa tampak gelap, pengap dan bau. 

Tidak lama kemudian mulai berdatangan para pencari kotoran kelelawar. Mereka datang tidak langsung bekerja. Namun mereka harus mempersiapkan diri. Di antaranya memakai baju khusus, menyiapkan peralatan mencari kotoran kelelewar serta memakaai obat pelindung antinyamuk atau serangga. Baru mereka memasuki lahan mengais rezeki di dalam goa.

Karena gelap gulitanya goa, mereka memasuki goa sambil memakai lampu senter yang dipasang di kening mereka dengan penuh waspada. Lampu senter itu memudahkan mereka menemukan cela-cela dalam goa, jalan dalam goa, serta tempat-tempat kotoran kelelawar. 

Dengan memakai lampu senter, akan mengetahui kotoran kelelawar yang berada di sela-sela bebatuan, di dinding goa, serta di pelataran goa. Dengan demikian mereka dengan mudah mengaisnya. Selama pencarian kotoran kelelawar, sejak pagi hingga siang mereka tidak akan keluar goa.

"Kami keluar goa kalau sudah haus sekali kemudian kami minum kopi dan air putih. Itu pun hanya beberapa menit saja. Kemudian kami kembali masuk goa," ujar Jumali salah seorang pencari kotoran kelelawar sambil memegang botol air minum.

Terkait dengan suasana dalam goa, dia benar-benar merasakan pengabnya goa karena bau kotoran. Kotoran kelelawar tersebut nantinya akan dijual ke pengepul dengan harga satu sak Rp35 ribu rupiah.

"Kotoran kelelawar ini sangat bagus untuk tanaman, bahkan kita bisa mengurangi pupuk kimia dengan kotoran kelelawar ini, perbandingannya jika biasanya di kasih pupuk kimia 2 kuintal maka jika pakai kotoran kelelawar ini hanya butuh pupuk kimia 1 kuintal saja," tuturnya.

Selain itu warga Dusun Ngronan sangat menjaga dengan baik goa tersebut, bahkan suatu hari ada warga dari luar yang mengambil kelelawar di goa tersebut akan selalu di larang karena merusak lingkungan.

"Pernah suatu waktu ada orang dari luar yang mengambil kelelawar dalam jumlah banyak, sama warga sudah diperingkati akan tetapi masih ngotot dan akhirnya di hukum warga dengan caranya sendiri," tutupnya.[her/lis]

 

Tag : Goa, kelelawar, kotoran, rezeki



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat