Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

211 Calon Pengantin Menikah Di Saat PPKM, 1 Pasangan Ditunda

blokbojonegoro.com | Tuesday, 13 July 2021 17:00

211 Calon Pengantin Menikah Di Saat PPKM, 1 Pasangan Ditunda

Kontributor: Uul Lyatin

blokBojonegoro.com - Selama PPKM berlangsung, beberapa kegiatan masyarakat dibatasi, termasuk pendaftaran pernikahan di semua Kantor Urusan Agama (KUA). Pihak KUA meniadakan pendaftaran pernikahan selama kebijakan PPKM Darurat.

Namun, bagi calon pengantin yang telah mendaftar lama sebelum PPKM, dan menikah ditanggal selama PPKM, maka pernikahan tersebut harus dibatasi dan diterapkan sesuai dengan surat edaran terkait pelaksanaan acara selama PPKM Darurat berlangsung. Mulai dari penerapan protokol kesehatan hingga menyertakan beberapa bukti surat sehat untuk menggelar pernikahan selama PPKM. 

Abdullah Hafidz selaku Kasi Bimas Islam Kementrian Agama Bojonegoro, menjelaskan bahwa tercatat 211 calon pengantin yang akan menikah selama PPKM Darurat ini berlangsung. 

"211 calon pengantin tersebut paling banyak di Kanor, ada 24 catin yang akan menikah selama PPKM," ujarnya. 

Sementara itu, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pengantin sebelum menggelar pernikahan. Seperti, menyertakan surat sehat, bukti telah melakukan vaksinasi, surat swab antigen 1x24 dengan hasil negatif, serta persyaratan untuk tidak menggelar pernikahan dengan skala besar. 

"Jadi persyaratan-persyaratan tersebut harus dibuktikan semua pihak catin maupun keluarga kedua mempelai," tuturnya. 

Pihaknya juga menjelaskan bahwa pernikahan tersebut digelar di rumah masing-masing dengan protokol kesehatan lengkap dan tidak didatangi oleh banyak pihak sehingga tidak menimbulkan kerumunan. 

Hal tersebut juga menyebabkan adanya pengunduran tanggal pernikahan selama PPKM Darurat berlangsung. Ada salah satu calon pengantin yang tidak memenuhi syarat dan dinyatakan positif Covid, sehingga pernikahan tersebut harus di undur. 

"Ada 1 pengantin yang saat ini telah gagal menikah selama PPKM karena salah satu calon mempelai gagal membuktikan surat swab antigen negatif, sehingga pernikahan mereka harus diundur sampai calon pengantin itu terbukti sehat dan bebas covid," pungkasnya. [lyn/lis]

 

Tag : PPKM, pengantin, ditunda



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini