07:00 . Ahli Kesehatan Mental Bagikan 3 Tips Untuk Kelola Stres, Apa Saja?   |   21:00 . Dekatkan Layanan Kesehatan, Bupati Resmikan Puskesmas Malo   |   20:00 . Mendag: Melalui G20 Promosikan Keragaman Budaya, Potensi Investasi dan Pariwisata   |   19:00 . Tinggal Tunggu Sertifikasi Operasi, Bendungan Gongseng Siap Beroperasi   |   18:30 . Debit Air Naik, Bengawan Solo Siaga   |   18:00 . Melalui Radio, Kasatlantas Kampanyekan Tertib Lalu Lintas   |   17:00 . TMA Bengawan Solo Siaga Kuning Tren Naik   |   16:00 . Pertamina EP Sukowati Field dan Pemdes Ngampel Luncurkan Produk UMKM Desa   |   15:00 . Pegawai dan Karyawan Pemkab Bojonegoro Mulai Divaksin Booster   |   14:00 . Tingkatkan Kinerja Pelayanan Publik, Bupati Anna Lantik 30 Pejabat Pemerintah   |   13:00 . Bupati Buka Turnamen Bulu Tangkis Ormada dan Ingatkan Pentingnya Taat Prokes   |   12:00 . Harga Minyak Goreng Turun, Stok Aman Hingga 6 Bulan   |   11:00 . Kasus DBD Naik, Permintaan Trombosit Meningkat   |   08:00 . Hari Ini Bengawan Solo Siaga Hijau Trend Naik   |   07:00 . Deteksi Gejala Demensia dari Kebiasaan Menonton Film, Apa Itu?   |  
Sat, 22 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Budidaya Ikan Koi, Raup Untung Puluhan Juta

blokbojonegoro.com | Tuesday, 13 July 2021 11:00

Budidaya Ikan Koi, Raup Untung Puluhan Juta *Foto ilustrasi.

Kontributor: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Tak semua usaha terkena imbas akibat pandemi Covid-19, salah satu bisnis yang justru bersinar saat pandemi seperti saat ini adalah bisnis budi daya ikan hias jenis koi.

Lendi Mustofa, pembudidaya ikan koi asal Mayangkawis Kecamatan Balen, baru mulai usahanya ketika pandemi ini, dulu ia bekerja di salah satu perusahaan yang ada di Negara Jepang.

"Kurang lebih 3 tahun saya bekerja di salah satu perusahaan yang berada di Jepang, lalu saya pulang ke Indonesia, saya mencari-cari usaha apa yang cocok untuk kedepannya, tetapi belum tahu mau usaha apa, lalu saya ikut komunitas pengusaha yang ada di Bojonegoro, kemudian saya memilih usaha budidaya ikan koi ini," ujar Lendi.

Dengan memanfaatkan waduk milik Desa Mayangkawis yang tidak terpakai, Lendi inisiatif memanfaatkannya untuk beternak ikan koi.

Untuk membudidayakan ikan koi ini selain dibutuhkan kesabaran dan ketekunan, juga perlu rajin menjaga kebersihan air, karena ikan koi sangat rentan terhadap penyakit.

Penjualan saat ini terjauh sampai ke Bali dan Lampung. Selama satu bulan Lendi bisa meraup omzet hingga Rp50 juta.

"Perbulan saya mendapatkan omzet 50 juta rupiah, untuk saat ini kendala saya di marketing, karena saya belum punya karyawan untuk mengelola di bidang marketing, kan nggak mungkin saya tiap hari bisa melayani orang-orang yang ngechat atau pesan dengan sendiri, karena saya juga harus merawat ikannya dan masih banyak pekerjaan lainnya," terang Lendi kepada blokBojonegoro.com.

Selain budidaya ikan koi, Lendi juga memiliki usaha rental kamera, yang sudah digelutinya dari dulu saat ia masih di Jepang. Saat itu, selain bekerja di perusahaan ia juga nyambi jualan kamera, dan terkadang dibawa pulang untuk direntalkan di rumah.

"Saat ini kamera saya ada 25 buah, dan Alhamdulillah selama rental ini tidak pernah sampai kehilangan kamera atau dibawa kabur oleh yang menyewa, meskipun pernah satu kali kamera saya digadaikan oleh yang menyewa, tetapi juga akhirnya kembali lagi ke saya," pungkasnya. [riz/mu]

 

Tag : budidaya ikan koi, cara budidaya ikan koi, ide usaha saat pandemi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat