10:00 . Warga Sekitar Kota Bojonegoro Keluhkan Air PDAM Mati, Ini Penyebabnya   |   09:00 . Bakesbangpol Himbau Warga Bojonegoro Kibarkan Bendera Setengah Tiang   |   22:00 . Istighosah dan Doa Bersama Alumni Kampus Ungu   |   21:00 . Istighosah dan Doa Bersama di Kampus Ungu   |   19:00 . Agar Selamat dari Informasi Hoaks, AMSI Beberkan Tips   |   18:00 . AMSI Jatim Berikan Pelatihan Literasi Berita, Peserta Antusias Pelajari Cara Kerja Media dan Cek Fakta   |   17:00 . Tega, Bayi Baru Lahir Ditinggal di Bawah Pohon   |   16:00 . Shio Kuda Hindari Konflik dalam Keluarga, Kambing; Perdebatan bisa Rusak Suasana   |   15:00 . 4 Tahun Kepemimpinan Bupati Anna, Ubah Bojonegoro Lebih Maju Termasuk Pembangunan Infrastruktur   |   14:00 . Warga Berebut Adopsi Bayi di Sumberarum, Dinsos Bojonegoro Jelaskan Prosedurnya   |   13:00 . Lapas Bojonegoro Gelar Razia Halinar Dadakan   |   12:00 . PEPC Sosialisasikan Keamanan dan Keselamatan Jalur Pipa Gas Lapangan JTB   |   16:00 . Antisipasi Potensi Konflik, Pemdes Berperan Penting Cegah Intoleransi dan Radikalisme   |   15:00 . Tak Kunjung Diperbaiki, Ratusan Sekolah di Bojonegoro Rusak   |   14:00 . Kepolisian: Jika Ingin Adopsi Bayi Bisa Hubungi Dinsos   |  
Fri, 30 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Budidaya Ikan Koi, Raup Untung Puluhan Juta

blokbojonegoro.com | Tuesday, 13 July 2021 11:00

Budidaya Ikan Koi, Raup Untung Puluhan Juta *Foto ilustrasi.

Kontributor: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Tak semua usaha terkena imbas akibat pandemi Covid-19, salah satu bisnis yang justru bersinar saat pandemi seperti saat ini adalah bisnis budi daya ikan hias jenis koi.

Lendi Mustofa, pembudidaya ikan koi asal Mayangkawis Kecamatan Balen, baru mulai usahanya ketika pandemi ini, dulu ia bekerja di salah satu perusahaan yang ada di Negara Jepang.

"Kurang lebih 3 tahun saya bekerja di salah satu perusahaan yang berada di Jepang, lalu saya pulang ke Indonesia, saya mencari-cari usaha apa yang cocok untuk kedepannya, tetapi belum tahu mau usaha apa, lalu saya ikut komunitas pengusaha yang ada di Bojonegoro, kemudian saya memilih usaha budidaya ikan koi ini," ujar Lendi.

Dengan memanfaatkan waduk milik Desa Mayangkawis yang tidak terpakai, Lendi inisiatif memanfaatkannya untuk beternak ikan koi.

Untuk membudidayakan ikan koi ini selain dibutuhkan kesabaran dan ketekunan, juga perlu rajin menjaga kebersihan air, karena ikan koi sangat rentan terhadap penyakit.

Penjualan saat ini terjauh sampai ke Bali dan Lampung. Selama satu bulan Lendi bisa meraup omzet hingga Rp50 juta.

"Perbulan saya mendapatkan omzet 50 juta rupiah, untuk saat ini kendala saya di marketing, karena saya belum punya karyawan untuk mengelola di bidang marketing, kan nggak mungkin saya tiap hari bisa melayani orang-orang yang ngechat atau pesan dengan sendiri, karena saya juga harus merawat ikannya dan masih banyak pekerjaan lainnya," terang Lendi kepada blokBojonegoro.com.

Selain budidaya ikan koi, Lendi juga memiliki usaha rental kamera, yang sudah digelutinya dari dulu saat ia masih di Jepang. Saat itu, selain bekerja di perusahaan ia juga nyambi jualan kamera, dan terkadang dibawa pulang untuk direntalkan di rumah.

"Saat ini kamera saya ada 25 buah, dan Alhamdulillah selama rental ini tidak pernah sampai kehilangan kamera atau dibawa kabur oleh yang menyewa, meskipun pernah satu kali kamera saya digadaikan oleh yang menyewa, tetapi juga akhirnya kembali lagi ke saya," pungkasnya. [riz/mu]

 

Tag : budidaya ikan koi, cara budidaya ikan koi, ide usaha saat pandemi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat