14:00 . Tanggul Penahan Kali Avour di Kanor Jebol   |   13:00 . Kemendag Lepas Ekspor Produk Unggulan Desa dari NTB Senilai Rp700 Juta   |   12:00 . Tren Turun, Bengawan Solo Masih Siaga II   |   11:00 . Selamat Jalan Mbah Yai Imam, Husnul Khotimah   |   10:00 . Reses Masa Sidang 1 Politis Fraksi Garuda DPRD Bojonegoro Dengarkan Keluhan Warga Kanor   |   09:00 . Tandatangani Pakta Integritas, Dinsos Siap Wujudkan Pelayanan Terbaik   |   08:00 . Tanggul Bengawan Solo di Kanor Ambruk   |   07:00 . Ahli Kesehatan Mental Bagikan 3 Tips Untuk Kelola Stres, Apa Saja?   |   21:00 . Dekatkan Layanan Kesehatan, Bupati Resmikan Puskesmas Malo   |   20:00 . Mendag: Melalui G20 Promosikan Keragaman Budaya, Potensi Investasi dan Pariwisata   |   19:00 . Tinggal Tunggu Sertifikasi Operasi, Bendungan Gongseng Siap Beroperasi   |   18:30 . Debit Air Naik, Bengawan Solo Siaga   |   18:00 . Melalui Radio, Kasatlantas Kampanyekan Tertib Lalu Lintas   |   17:00 . TMA Bengawan Solo Siaga Kuning Tren Naik   |   16:00 . Pertamina EP Sukowati Field dan Pemdes Ngampel Luncurkan Produk UMKM Desa   |  
Sat, 22 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pandemi, Beli Hewan Kurban Bisa Lewat Online

blokbojonegoro.com | Friday, 16 July 2021 12:00

Pandemi, Beli Hewan Kurban Bisa Lewat Online

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Jelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah atau tahun 2021, penjualan hewan kurban biasanya menjamur di sekitar Kota Bojonegoro, lantaran masyarakat mulai ramai-ramai berburu hewan kurban baik sapi mupun kambing. Tak terkecuali saat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat Jawa dan Bali.

Selain bisa datang langsung ke lapak maupun kandang pedagang hewan kurban, pembeli kini juga bisa berselancar untuk memilah hewan kurban yang sesuai dengan kriteria lewat online.

Salah satu pedagang hewan kurban asal Kelurahan Ledok Kulon Bojonegoro, Setya Kusdiantara mengatakan, tahun lalu permintaan hewan kurban yang ia terima hanya ada 14 ekor baik sapi ataupun kambing, untuk kurban tahun ini meski pemerintah tengah menerapkan PPKM Darurat justru permintaan hewan kurban yang ia terima meningkat 30 ekor.

Menurut Dian, transaksi juga bisa dilakukan secara online melalui aplikasi sosial media seperti facebook maupun whatsapp. Bahkan sebulan sebelumnya sudah banyak permintaan dari masyarakat dan akan berlangsung hingga mendekati Idul Adha.

"Tahun ini 30 ekor, permintaan banyak yang melalui online atau luar kota karena ada pemberlakuan PPKM Darurat, kami tetap mengikuti prosedur untuk pengiriman juga menggunakan surat-surat kelengkapan sesuai SE perjalanan," ungkapnya.

Harga hewan kurban untuk satu ekor sapi dijual  dengan harga Rp18 juta, ada juga yang Rp26 juta hingga Rp33 juta rupiah tergantung kualitas dan kondisi hewan.

Sementara untuk jenis kurban kambing ia tawarkan Rp2,5 juta hingga Rp3 juta per ekor. "Harga tergantung kondisi dan kualitas hewan kurban, baik sapi maupun kambing tentu harganya berbeda," imbuhnya.

Pedagang lain, Sabad, salah seorang pedagang hewan kurban asal Kecamatan Kedungadem menambahkan, meski di tengah pandemi dan pemberlakuan PPKM Darurat, hingga kini penjualan hewan kurban bisa dibilang meningkat. Strategi penjualan melalui online menjadi pilih bagi pedagang.

"Selain pembeli datang ke lokasi kami juga melayani online, hari ini pengiriman 40 ekor sapi ke Jakarta," ucap Sabad.

Menurutnya penjualan hewan kurban lebih banyak menggunakan sistem online atau aplikasi WhatsApp. Pembeli memilih berdasarkan foto dari pedagang, label harga, kualifikasi juga turut disertakan. Soal harga, tentu sudah ada kesepakatan bersama berdasarkan akad jual-beli.

"Kami jualnya sistem kilogram, per kilog Rp51.000. Untuk berat sapi sendiri 400 hingga 500 kilogram jadi tinggal mengalikan," pungkasnya. [liz/mu]

Tag : jual hewan kurban, harga hewan kurban kambing, harga sapi kurban, hewan kurban bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat