07:00 . Ahli Kesehatan Mental Bagikan 3 Tips Untuk Kelola Stres, Apa Saja?   |   21:00 . Dekatkan Layanan Kesehatan, Bupati Resmikan Puskesmas Malo   |   20:00 . Mendag: Melalui G20 Promosikan Keragaman Budaya, Potensi Investasi dan Pariwisata   |   19:00 . Tinggal Tunggu Sertifikasi Operasi, Bendungan Gongseng Siap Beroperasi   |   18:30 . Debit Air Naik, Bengawan Solo Siaga   |   18:00 . Melalui Radio, Kasatlantas Kampanyekan Tertib Lalu Lintas   |   17:00 . TMA Bengawan Solo Siaga Kuning Tren Naik   |   16:00 . Pertamina EP Sukowati Field dan Pemdes Ngampel Luncurkan Produk UMKM Desa   |   15:00 . Pegawai dan Karyawan Pemkab Bojonegoro Mulai Divaksin Booster   |   14:00 . Tingkatkan Kinerja Pelayanan Publik, Bupati Anna Lantik 30 Pejabat Pemerintah   |   13:00 . Bupati Buka Turnamen Bulu Tangkis Ormada dan Ingatkan Pentingnya Taat Prokes   |   12:00 . Harga Minyak Goreng Turun, Stok Aman Hingga 6 Bulan   |   11:00 . Kasus DBD Naik, Permintaan Trombosit Meningkat   |   08:00 . Hari Ini Bengawan Solo Siaga Hijau Trend Naik   |   07:00 . Deteksi Gejala Demensia dari Kebiasaan Menonton Film, Apa Itu?   |  
Sat, 22 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Peduli, Anggota DPRD Jadi Relawan Pemakaman Jenazah Covid-19

blokbojonegoro.com | Friday, 16 July 2021 15:00

Peduli, Anggota DPRD Jadi Relawan Pemakaman Jenazah Covid-19

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, menumbuhkan empati semua pihak termasuk anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro. Wawan Kurniyanto, salah seorang pimpinan DPRD Kabupaten Bojonegoro menjadi relawan, ikut memakamkan jenazah Covid-19.

Saat prosesi pemakaman tidak banyak yang tahu politisi partai Gerindra, kalau menjadi anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro. Pasalnya ia bersama relawan dan petugas medis menggunakan alat pelindung diri (APD) termasuk masker, sesuai aturan protokol pemakaman pasien covid.

Waktu sudah malam hari mayoritas masyarakat di Dusun Bedali Desa Meduri Kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro, sudah tertidur. Namun tidak membuat wakil rakyat satu ini memilih istirahat, karena ada warga yang membutuhkan bantuan.

Ditemani udara dingin di daerah pedesaan yang dikelilingi kawasan hutan, Wawan, panggilan Wawan Kurnianto, turun langsung membantu pemakaman jenazah covid. "Sebetulnya tidak sengaja, karena yang meninggal itu kebetulan tetangga depan rumah di Margomulyo rumah saya yang disana," ungkap Wawan, mengawali perbincangan, Jum'at (16/7/2021).

Ia menceritakan, kejadian itu Jum'at (9/7/2021) malam, mampir ke rumah Margomulyo, ada kabar tetangga depan rumah seorang wanita meninggal dunia di Ngawi. Namun suaminya almarhumah marah-marah saat pulang dari rumah sakit dan bahkan sampai mendorong sepeda motor miliknya sendiri.

"Suaminya itu juga sempat teriak-teriak didepan rumahnya. Terus keluarga tetangga memanggil saya untuk minta bantuan menenangkan si Mbah Pangat," ceritanya sambil menunjukkan video pemakaman yang mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Setelah ditenangkan, lanjut Wawan, Mbah Pangat mau menerima keadaan istrinya, karena kasihan jenazahnya kalau tidak segera dimakamkan. Tapi dengan catatan ia harus menemani menguburkan jenazah tersebut.

"Akhirnya mau tidak mau, saya ikut memakamkan itu dengan teman-teman dari Puskesmas Margomulyo. Tetap mematuhi protokol covid menggunakan APD lengkap," terangnya.

Ditambahkan, mengingat kondisi pandemi Covid-19 dan pemberlakukan PPKM darurat saat ini, mencari relawan juga tidak mudah. Dengan segala komunikasi, akhirnya alhamdulillah penguburan bisa dilakukan keluarga dan dibantu beberapa tokoh pemuda setempat.

Selain itu Wawan juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat, agar selalu mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

"Upaya itu penting sebagai langkah agar tidak terkena virus Corona. Juga harus berdoa semoga kita semuanya terhindar dari Covid-19 dan semoga pandemi ini bisa segera berakhir," pungkas politisi yang juga gemar berolahraga sepeda ini. [zid/mu]

Tag : pemakaman jenazah pasien covid, penyebaran covid di bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat