Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kemenkes: Vaksinasi Dosis 3 Hanya untuk Tenaga Kesehatan

blokbojonegoro.com | Sunday, 18 July 2021 07:00

Kemenkes: Vaksinasi Dosis 3 Hanya untuk Tenaga Kesehatan

Reporter: --

blokBojonegoro.com - Kementerian Kesehatan menegaskan, vaksin Covid-19 dosis ketiga hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan. Hal ini ia sampaikan dalam webinar virtual bertajuk Kolaborasi Percepatan Vaksinasi Covid-19.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menuturkan, vaksin dosis ketiga Covid-19 yang diberikan kepada nakes adalah Moderna.

Vaksin tersebut merupakan bantuan langsung dari Pemerintah Amerika Serikat (AS) yang baru-baru ini telah disalurkan ke Indonesia.

"Vaksinasi dosis ketiga ini hanya diberikan kepada tenaga kesehatan. Kenapa memilih Moderna? Karena dari semua vaksin yang ada saat ini, moderna itu memiliki efikasi yang paling tinggi," ucapnya, Jumat (16/7/2021).

Kemenkes menjelaskan untuk masyarakat umum cukup mendapatkan dua dosis vaksin.

"Kalau masyarakat umum, tidak ada tambahan dosis ketiga. Jadi ini adjusment para ahli untuk memberikan perlindungan kepada tenaga kesehatan," kata Siti Nadia.

Ia juga mengungkapkan, pemerintah menargetkan 208 juta jiwa penduduk di Indonesia harus divaksinasi Covid-19. Sementara saat ini yang menerima vaksinasi dosis lengkap hanya sebesar 16 juta orang.

Ini terjadi lantaran enggannya masyarakat untuk menerima vaksin. Di samping itu, ketersediaan vaksinasi Covid-19 yang terbatas. Inilah yang membuat sasaran vaksinasi tersebut belum tercapai.

sebanyak 1.500.100 dosis vaksin Covid-19 Moderna tiba di Indonesia pada Kamis (15/7/2021) sore. Kedatangan vaksin ini merupakan tahap kedua asal Amerika Serikat (AS) itu.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menuturkan, kedatangan vaksin ini merupakan dukungan kerja sama Pemerintah AS melalui jalur multilateral Covax Facility.[lis]

Sumber: kompas.com

Tag : Kesehatan. , Covid, vaksinasi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini