22:00 . Istighosah dan Doa Bersama Alumni Kampus Ungu   |   21:00 . Istighosah dan Doa Bersama di Kampus Ungu   |   19:00 . Agar Selamat dari Informasi Hoaks, AMSI Beberkan Tips   |   18:00 . AMSI Jatim Berikan Pelatihan Literasi Berita, Peserta Antusias Pelajari Cara Kerja Media dan Cek Fakta   |   17:00 . Tega, Bayi Baru Lahir Ditinggal di Bawah Pohon   |   16:00 . Shio Kuda Hindari Konflik dalam Keluarga, Kambing; Perdebatan bisa Rusak Suasana   |   15:00 . 4 Tahun Kepemimpinan Bupati Anna, Ubah Bojonegoro Lebih Maju Termasuk Pembangunan Infrastruktur   |   14:00 . Warga Berebut Adopsi Bayi di Sumberarum, Dinsos Bojonegoro Jelaskan Prosedurnya   |   13:00 . Lapas Bojonegoro Gelar Razia Halinar Dadakan   |   12:00 . PEPC Sosialisasikan Keamanan dan Keselamatan Jalur Pipa Gas Lapangan JTB   |   16:00 . Antisipasi Potensi Konflik, Pemdes Berperan Penting Cegah Intoleransi dan Radikalisme   |   15:00 . Tak Kunjung Diperbaiki, Ratusan Sekolah di Bojonegoro Rusak   |   14:00 . Kepolisian: Jika Ingin Adopsi Bayi Bisa Hubungi Dinsos   |   11:00 . Kemenag Bojonegoro Datangkan 10 Ribu Pasang Buku Nikah   |   10:00 . Produk BBM yang Dinikmati Masyarakat Pasti Sesuai Spek, Ini 7 Proses Quality Control Pertamina   |  
Fri, 30 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

SKK Migas Gelar Webinar, Tebar Inspirasi Saat Pandemi

blokbojonegoro.com | Friday, 23 July 2021 20:00

SKK Migas Gelar Webinar, Tebar Inspirasi Saat Pandemi

Kontributor: Uul Lyatin

blokBojonegoro.com - Adanya pandemi membuat masyarakat lebih lekat akan dunia media sosial. Masyarakat akan lebih sering melakukan aktifitas didalam rumah dengan main sosial media. Selain itu, perkembangan zaman saat ini membuat masyarakat harus melek akan informasi maupun teknologi yang canggih saat ini. 

Kini SKK Migas gelar webinar bertemakan "Menebar Inspirasi di Tengah Pandemi" melalui media sosial. Webinar tersebut diikuti oleh 100 orang. 70 orang dari rekan jurnalis dan 30 lainnya dari panitia hingga peserta umum. 

Rulli Nasrullah selaku narasumber dalam webinar tersebut menjelaskan betapa pentingnya masyarakat saat ini akan update perkembangan teknologi maupun media sosial. Pihaknya juga menjelaskan akan pentingnya kita selalu pengguna media sosial untuk menyaring berbagai konten maupun berita yang banyak tersebar di media sosial saat ini. 

"Kalau informasi tidak dipilah maupun dipilih, nantinya masyarakat akan mudah kemakan yang namanya hoax," ujarnya. 

Selain itu dirinya juga menjelaskan adanya karakteristik perubahan lingkungan dengan munculnya internet dan pilihan berbagai saluran dalam berkomunikasi sekaligus berinteraksi secara sosial. Hal tersebut menyebabkan munculnya karakteristik masyarakat digital yang sangat berbeda dari era media tradisional sebelumnya. 

Kebanyakan dari perbincangan masyarakat saat ini yang ramai menyebabkan sebuah topik tersebut menjadi viral. Karena itu diperlukan strategi komunikasi digital tertentu bagi pranata humas pemerintah dalam menghadapi karakteristik masyarakat digital yang bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan terhadap lembaga atau penjabat publik. 

"Saya ambil contoh ada salah satu kasus yang seharusnya tidak terlalu menyebar, namun akibat warga digital selalu membicarakan hal tersebut sebagai isu baru, maka hal tersebut akan menimbulkan viral. Padahal berita tersebut belum tentu benar," tuturnya. 

Lelaki yang sering disapa Kang Arul tersebut mengajak rekan-rekan jurnalistik untuk memberikan informasi terbaru dan nyata akan kebenarannya. Sehingga masyarakat tidak mudah kemakan hoax dengan adanya berita-berita yang tersebar. Selain itu, dirinya mengajak para rekan jurnalistik untuk pandai dalam memilah berita yang dapat disaring dan diterima masyarakat tanpa menimbulkan kegaduhan. 

"Saya yakin rekan jurnalistik saat ini cukup pintar dalam mengolah berita. Saya juga berpesan kepada semuanya agar kedepannya lebih menyajikan berita yang banyak manfaat serta kebenarannya dapat dipercaya. Selain itu beritanya juga tidak menimbulkan keresahan tersendiri bagi masyarakat," tutupnya dalam Webinar. [lyn/lis]

 

Tag : Webinar, SKK migas, pandemi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat