07:00 . Manfaat Butterfly Hug bagi Kesehatan Mental, Efektif Redakan Stres dan Kecemasan   |   19:00 . Cerita Dwi Kurnia, Ikuti Seleksi CPNS Saat Hamil   |   18:00 . Pengurus PPDI Bojonegoro Dilantik, Pemkab Siap Beri Pelayanan Terbaik   |   17:00 . Inilah Titik Lokasi Mandiri SKB CPNS Pemkab Bojonegoro   |   16:00 . Rumah Cerdas Ceria Gelar Parenting untuk Si Buah Hati   |   15:00 . 435 Peserta Ikuti SKB CPNS Pemkab Bojonegoro   |   13:00 . Cerita Mbah Banung Sumitro dan Desa Blongsong   |   11:00 . Pelas Crispy, Kuliner Hits Kekinian   |   09:00 . Jalin Silaturahmi Asosiasi Pengrajin Batik Bojonegoro Belajar Batik Bledak Sogan Bojonegaran   |   07:00 . Benarkah Media Sosial Bikin Empati dan Rasa Tulus Masyarakat Berkurang?   |   22:00 . Mulai Besok, SKB CPNS Bojonegoro Diselenggarakan   |   20:00 . Lantik Kades PAW, Bupati Ajak Selaraskan Program Kesejahteraan Masyarakat   |   19:00 . Pendiri ISNU Asli Bojonegoro, Pengurus Harus Teruskan Semangat Berjuang   |   18:00 . Bupati Tunjukkan Inovasi Bojonegoro Pada Ajang Kepala Daerah Inovatif Kemendagri   |   17:00 . Awas...!! Saat Hujan Jalan Ini Rawan Tergenang   |  
Sun, 28 November 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Begini Tanggapan Guru Akibat Murid Kelas 1 Susah Baca

blokbojonegoro.com | Thursday, 05 August 2021 19:00

Begini Tanggapan Guru Akibat Murid Kelas 1 Susah Baca

Kontributor : Uul Lyatin

blokBojonegoro.com - Semasa pandemi Covid-19, kini sistem pembejalaran diganti secara online atau yang dikenal dengan dalam jaringan (daring). Hal tersebut cukup banyak dikeluhkan wali murid maupun beberapa guru. Pasalnya selama pembelajaran yang tidak dilakukan secara langsung dengan tatap muka dirasa kurang efektif. Ditambah lagi beberapa kendala seperti jaringan, aplikasi tatap muka online, dan lain-lain.

Salah satu wali murid yang anak nya sudah masuk kelas 1 Sekolah Dasar mengeluhkan bahwa anaknya belum bisa membaca dengan lancar bahkan membedakan huruf masih belum mampu. Namun ketika masuk kelas 1 anak-anak tersebut disodori LKS yang harus dikerjakan.

"Anak saya kelas 1 SD belum bisa baca, kebiasannya main terus karena waktu TK juga daring. Meskipun sudah pakai guru les tapi anak-anak masih kesulitan," ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Okta Ika Ardhiani salah satu Kepala Sekolah di SDN menyebutkan, bahwa dilihat dari aturan jenjang TK memang anak tidak boleh diajarkan membaca terlebih dahulu. Namun saat ini terlihat jelas di seluruh Indonesia sudah mengajarkan anak membaca sejak TK.

"Menurut saya guru kelas 1 harus memberikan contoh menulis dengan menggunakan buku strimin, dan untuk kurikulum membaca sesuai dengan kurikulum kelas 1, jadi harus yang ringan, contohnya buku cara pelafalan huruf, angka, dan lain-lain," imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga menjelaskan alangkah lebih baiknya siswa kelas satu dilakukan daring dengan mengerjakan soal-soal yang ringan dan mudah dipahami. Entah dengan sebuah gambar ataupun video membaca yang dikirim ke group whatsapp.

"Menurut saya kalau kelas 1 belum lancar membaca itu sangat wajar, apalagi anak baru masuk sekitar satu bulanan," tuturnya.

Pihaknya menambahkan bahwa seorang guru alangkah lebih baiknya untuk memberikan  pelajaran yang mudah dipahami bagi siswanya. Apalagi saat ini pembelajaran dengan sistem daring. Sehingga banyak dari anak-anak hingga orang tua akan mengalami kesulitan belajar selama pembelajar online.

"Kalau sulit itu pasti, namun saya harap orang tua harus bersabar dengan anaknya. Selain itu juga para guru yang mengajar harus benar-benar memperhatikan muridnya. Jangan langsung dikasih pelajaran yang menyulitkan," tandasnya. [uul/ito]

Tag : tips, anak, susah, baca, sd, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Tuesday, 23 November 2021 19:30

    Dewan Pers Verifikasi Faktual Media blokBojonegoro.com

    Dewan Pers Verifikasi Faktual Media blokBojonegoro.com Komisioner Dewan Pers, Agus Sudibyo melakukan proses verifikasi faktual untuk media blokBojonegoro.com, media lokal yang berkantor di Jalan KS Tubun Gang Srinayan No.3 Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, Selasa (23/11/2021) sore....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 22 November 2021 14:00

    Resensi

    Dibalik Buku 00.00

    Dibalik Buku 00.00 Buku judul 00.00 merupakan karya kedua dari Anugrah Ameylia Falensia atau yang kerap dikenal dengan panggilan Amey atau cumi oleh teman-teman maupun para teman pembacanya....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more