19:00 . Erick Thohir: Indonesia Harus Punya Blue Print 100 Tahun Sepak Bola   |   18:00 . Viral! Tukang Becak di Bojonegoro Ambil Bollard di Trotoar   |   17:00 . Dua Pelajar di Bojonegoro Dikabarkan Diculik, Benarkah?   |   16:00 . Unugiri Bojonegoro Gelar Istighotsah Menyongsong Puncak Satu Abad NU   |   13:00 . Pembukaan Praktik Kebidanan, Tampilkan Peran Mahasiswa Kampus Ungu dalam Komunitas   |   10:00 . blokBojonegoro Lolos Tahap 2 Calon Anggota MCH 2023   |   09:00 . Segera Daftar, Tahun Ini Pemkab Anggarkan Rp34,6 Miliar untuk Beasiswa Pendidikan   |   08:00 . 141 Media se Indonesia Bersaing di MCH 2023   |   07:00 . Anak Muda Sering Overthinking Bisa Bikin Aritmia? Begini Kata Dokter   |   20:00 . Puluhan Pendekar PSHT Semanding Lakukan Donor Darah   |   19:00 . Awal Februari 2023, Gedung DPRD Bojonegoro Akan Diresmikan   |   18:00 . Gedung Baru DPRD Bojonegoro Rampung, Tiap Anggota Miliki Ruang Sendiri   |   17:00 . Kesiapan PAUD Menghadapi Kurikulum Merdeka   |   15:00 . Angka Pengganguran Terbuka Naik Tiap Tahun di Bojonegoro, Capai 2.063   |   13:00 . Berkah Imlek, Perajin Jenang Ayu Kebanjiran Orderan Dadakan   |  
Wed, 01 February 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bangkit dari Pandemi, Berbagai Upaya Dilakukan Pelaku Industri Kreatif

blokbojonegoro.com | Sunday, 08 August 2021 17:00

Bangkit dari Pandemi, Berbagai Upaya Dilakukan Pelaku Industri Kreatif

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Di tengah pandemi Covid-19 yang berlangsung, semua sektor menjadi terdampak termasuk perekonomian bagi para pelaku IKM maupun UMKM di Kabupaten Bojonegoro.

Dampak penurunan omzet tentunya juga dirasakan oleh sebagian pelaku ekonomi kreatif atau pelaku UMKM yang tergabung pada Komunitas Creative Economy Center (CEC) Bojonegoro.

Seperti yang diungkapkan oleh Koordinator Bidang Kerajinan CEC Bojonegoro, Reni Desi, tercatat ada sekitar 170 anggota CEC yang diakomodir dalam penjualan produk. Dengan jenis produk, kategori kuliner siap saji, makanan kering, kerajinan lokal, kerajinan daur ulang ramah lingkungan, batik dan fashion hingga jasa.

Namun sejak Pandemi Covid-19 serta pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) semua penjualan mengalami penurunan omzet. "Yang biasanya warung dan rumah makan membeli produk makanan ringan, kini tidak lagi karena sejak pemberlakuan PPKM tidak membolehkan pelanggan makan di tempat. Jadi kalau beli takut basi," ungkap Reni.

Lebih lanjut, menurunnya omzet penjualan tersebut membuat komunitas IKM atau CEC Bojonegoro terus berupaya meningkatkan daya beli masyarakat melalui berbagai macam cara salah satunya menggunakan media sosial. "Bahkan dari teman-teman NGO Ademos juga mengajak live instagram untuk memasarkan produk IKM/UMKM,"ucapnya.

Selain itu, CEC Bojonegoro juga terus meningkat berbagai macam upaya penjualan salah satunya melalui lima outlet CEC yang tersebar di wilayah Bojonegoro, serta melakukan berbagai macam promosi serta aktif mengikuti event secara online."Kami juga aktif menjalin kerjasama dengan Hotel Dewarna dan Toko Buku Toga Mas dalam penjualan produk berupa craft serta herbal," sambung Reni.

Reni berharap, strategi penjualan yang dilakukannya bersama para komunitas CEC Bojonegoro ini bisa membangkitkan kembali perekonomian di sektor usaha kreatif maupun UMKM di Bojonegoro."Salah satunya dengan upaya mengembangkan produk lokal Bojonegoro, dengan harapan bisa mendapatkan dukungan dari banyak pihak,"harap Reni. [liz/lis]

 

 

Tag : Pandemi, ekonomi, omzet, umkm



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more