Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Telat Vaksinasi Dosis 2 Bisa Pengaruhi Efektifitas Vaksin?

blokbojonegoro.com | Monday, 09 August 2021 18:00

Telat Vaksinasi Dosis 2 Bisa Pengaruhi Efektifitas Vaksin?

Kontributor: Uul Lyatin

blokBojonegoro.com - Guna meminimalisir penyebaran Covid-19 dan mendapatkan antibody optimal, masyarakat dianjurkan untuk melakukan vaksinasi dosis pertama dan kedua. Adapun jangka vaksinasi tersebut setidaknya memakan waktu satu bulan. 

Tak jarang sejumlah orang lupa untuk melakukan vaksinasi kedua, karena jarak waktunya yang tidak sebentar. Selain itu terkadang masyarakat terlambat vaksin karena stik vaksin yang saat ini terbatas. 

Menurut Whenny Dyah Prajanti selalu Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Bojonegoro, apabila ada masyarakat yang telah melakukan vaksinasi alangkah lebih baiknya untuk tidak telat terlalu lama. 

"Nantinya kalau telat lama akan mempengaruhi efektifitas vaksin," ujarnya. 

Pihaknya menjelaskan tidak ada pengaruh gejala maupun efek samping yang dirasakan tubuh. Namun vaksinasi tersebut akan mempengaruhi efektifitas vaksin tahap pertama dan kedua. 

Selain itu, Whenny menuturkan bahwa waktu telat paling efektif ialah kurang dari 42 hari setelah melewati jadwal vaksinasi tahap kedua. 

"Karena banyak macam vaksin, jadwal penyutikan dosis kedua juga berbeda-beda," imbuhnya. 

Sementara itu, mengutip dari Oxford University, terdapat penjelasan bahwa efek terlambat vaksin berbeda jika menggunakan Vaksin AstraZeneca. Efek dari telatnya pemberian vaksin kedua justru membuat respon imun tubuh meningkat. 

Whenny juga berharap agar masyarakat tidak telat akan melakukan vaksinasi sesuai dengan jadwal yang semestinya.

"Sebagai masyarakat yang taat vaksin, mohon dipastikan untuk mengingat baik-baik jadwal vaksinasi kedua," tutupnya. [lyn/lis]

 

Tag : Vaksin, kesehatan, vaksinasi, covid



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini