21:00 . Pengunjung BNFF Tumpah Ruah   |   18:00 . STIKES Rajekwesi Bojonegoro Borong Dua Juara   |   16:00 . Strategi Pertamina Menjaga Pasokan Energi Nasional   |   15:00 . SHU Pertamina Gelar Media Gathering Regional Indonesia Timur   |   14:00 . Pemdes Berharap Ada Bantuan Makanan dan Bahan Pokok untuk Warganya   |   13:00 . Kado Hari Guru Nasional, FTBM Bojonegoro Launching 11 Buku Karya Guru PAUD Bojonegoro   |   12:00 . Berlangsung Khidmat, STAI Attanwir Gelar Wisuda 145 Mahasiswa   |   11:00 . Pengguna Jalan Dihimbau Pilih Jalur Alternatif   |   10:00 . Jalan Nasional Bojonegoro-Babat Terendam Banjir, Macet Mengular   |   09:00 . Kolaborasi Stakeholder, Pemkab Bojonegoro Raih Penghargaan dari Kemenkes   |   21:00 . Malam Ini Debit Air Waduk Pacal dan Bengawan Solo Meningkat   |   20:00 . Inisiasi Pengembangan Vinglish Melalui Riset   |   19:00 . Live : Bojonegoro Fashion Street and Veggie   |   18:00 . Pahlawan Perjuangan di Bojonegoro, Abadi Dalam Nama Jalan dan Fasum   |   17:00 . Aneka Olahan Jambu dan Mawar Desa Kalangan Juga Dipamerkan di Bojonegoro Fashion Street Fruit and Veggie   |  
Sun, 27 November 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sukseskan PKL, UNUGIRI Gelar Webinar Pemantapan

blokbojonegoro.com | Thursday, 19 August 2021 21:00

Sukseskan PKL, UNUGIRI Gelar Webinar Pemantapan

Pengirim: Firda Rizka R.W.

blokBojonegoro.com - Kamis (19/8/2021), Fakultas Ilmu Kesehatan dan Fakultas Ilmu Statistika UNU Sunan Giri Bojonegoro menggelar pemantapan Praktek Kerja Lapangan (PKL) guna membekali kemampuan-kemampuan tertentu bagi mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.
Kegiatan yang beerlangsung secara virtual tersebut dibuka  langsung oleh Rektor UNU Sunan Giri Bojonegoro, K. M. Jauharul Ma’arif, M.Pd.I. melaui Zoom Meeting dan live streaming channel YouTube UNUGIRI TV.

“Setelah Praktek Kerja Lapangan pada dunia kerja yang nyata, diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan kemampuannya dalam mencari solusi atas sebuah permasalahan,” ungkapnya saat membuka acara.

Selain itu, beliau juga berpesan kepada mahasiswa agar mengimplementasikan semua teori yang telah dipelajari, sehingga dapat menyempurnakan teori yang telah dipelajari selama ini, atau bahkan mampu menghasilkan temuan-temuan baru.

Narasumber yang dihadirkan pada kesempatan tersebut merupakan para pakar yang kompeten dalam bidangnya. Narasumber pertama, Edy Subroto, S.H., M.Si. merupakan Sekretaris Dinas Perhubungan Bojonegoro. Beliau menyampaikan empat hal yang wajib dilaksanakan mahasiswa selama PKL berlangsung.

Di antaranya, yaitu memahami materi dan keilmuan sesuai dengan tempat; (2) Mampu berkomunikasi dengan baik dan lancar pada tempat tujuan PKL; (3) Bersikap proaktif dalam pelaksanaan PKL; dan (4) Mampu membuat laporan secara akademis setelah pelaksanaan PKL.

Hal senada juga disampaikan oleh narasumber kedua, yaitu Wakil Ketua RTIK Jawa Timur, Selamet, S.Si. Relawan RTIK Bojonegoro yang akrab disapa Kak Shela tersebut juga menghimbau kepada generasi muda untuk terus berkarya. Hal tersebut bertujuan untuk mengentaskan angka pengangguran yang masih cukup tinggi.

Perkembangan teknologi harus dimanfaatkan untuk mengasah daya kreatifitas. “Tips netizen cerdas dan kreatif di antarnya adalah (1) Fokus pada skill dan hobi yang dikembangkan; (2) Cari ilmu sebanyak-banyaknya; serta (3) Social Experience (Pengalaman sosial),” pungkasnya.

Kemudian disambung pemaparan narasumber ketiga, Apoteker Kimia Farma Bojonegoro, Apt. Nurul Ma’rifah, M.Farm., Klin. Apoteker Kimia Farma tersebut memaparkan tentang alur profesi farmasi hingga ke akarnya.

“Profesi farmasi sangat berkaitan dengan ilmu penyediaan bahan sumber alam dan sintetis yang cocok untuk didistribusikan dan digunakan pada pengobatan pencegahan suatu penyakit,” ungkapnya.

Sedangkan narasumber keempat, Founder Sinergic Digital sekaligus Sitipol Polres Bojonegoro, Brigadir Nanang Saiful Hanafi. Beliau menyebutkan, di era digitalisasi seperti saat ini software house di wilayah Bojonegoro masih sangat minim dijumpai.

“Hal tersebut menjadi peluang emas bagi mahasiswa, khususnya bagi fresh graduate Prodi Teknologi Informatika untuk membuka usaha sendiri atau menjadi freelancer, sebab hampir semua instansi pasti membutuhkan tenaganya,” ungkapnya. Selain itu, beliau juga berharap mahasiswa mampu mengembangkan IT dalam berbagai sektor kehidupan melalui aksi yang nyata. [mu]

Tag : unugiri, kampus bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat