20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   18:00 . Akui Peluang Tipis, Edi Sampurno Pilih Tetap Jadi Kades Campurejo   |   17:00 . Resmi, AHY Berikan Rekomendasi Partai Demokat ke Wahono-Nurul   |   16:00 . Gerindra Klaim Sejumlah Parpol Turut Usung Wahono-Nurul   |   14:00 . PPM Al Fatimah Bojonegoro Sambut Baik JICA Volunteer dari Jepang melalui Program RMS   |   13:00 . Mahasiswi PAI Unugiri Jadi Duta Putri Cendekiawan Indonesia Jawa Timur   |   12:00 . Rekom DPP Gerindra Turun ke Setyo Wahono-Nurul Azizah   |   11:00 . PPP Bojonegoro Segera Beri Rekomendasi ke Wahono-Nurul   |   10:00 . Pj Gubernur Jatim Salurkan BLT Bagi Hasil Cukai Tembakau ke 393 Buruh Pabrik Rokok di Bojonegoro   |   09:00 . Pj Adriyanto Tekankan Pentingnya APBD Adaptif   |   08:00 . Live 8 Negara Ramaikan Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |  
Sun, 21 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Vaksinasi Disabilitas dan ODGJ, 4 Pilar Desa Kapas Gerak Door to Door

blokbojonegoro.com | Monday, 23 August 2021 16:00

Vaksinasi Disabilitas dan ODGJ, 4 Pilar Desa Kapas Gerak Door to Door

Reporter: Nur Muharrom

blokBojonegoro.com - Dalam rangka agar bisa mempercetap terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunitty) vaksinasi di Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur terus digencarkan, termasuk vaksinasi untuk penyandang disabilitas dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), mulai dilakukan secara door to door atau dengan sistem jemput bola. Hal ini dilakukan lantaran mereka memiliki keterbatasan dalam mobilitas.

Seperti yang dilakukan empat pilar desa yakni Bhabinkamtibmas, Babinsa, perangkat desa dan tenaga kesehatan Puskesmas Kecamatan Kapas melakukan vaksinasi yang menyasar disabilitas dan ODGJ di Desa/Kecamatan, Senin (23/8/2021) siang.

Tenaga medis dari Puskesmas Kecamatan Kapas, Budi Prasetyo mengungkapkan, vaksinasi terhadap ODGJ dan disabilitas prosesnya sama yaitu terlebih dahulu dilakukan skrining, jika sehat penyuntukan vaksin langsung dilakukan.

“Khusus kelompok ini, kita lakukan dari rumah ke rumah untuk memudahkan keluarga mendapat layanan vaksinasi gratis ini. Vaksinasi juga melibatkan TNI-Polri serta perangkat desa setempat,” ucap Budi Prasetyo.

Vaksinasi door to door ini langsung mendatangi penerima vaksin dan mendapatkan pengawalan dari aparat TNI-Polri juga perangkat desa.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Kapas, Bripka Fitri Handayani menjelaskan, empat pilar desa Kapas melaksanakan vaksinasi kepada disabilitas dan ODGJ ini dengan tujuan agar kekebalan kelompok bisa secepatnya terbentuk, sehingga mereka dapat mencegah penularan virus corona.

“Hari ini kita lakukan vaksinasi satu orang disabilitas dan satu orang ODGJ,” kata Bripka Fitri Handayani.

Bhabinkamtibmas bersama Babinsa menyempatkan diri untuk memberi semangat kepada salah satu disabilitas yang sudah selesai divaksin. Termasuk, mengingatkan pentingnya dalam melaksanakan disiplin prokes di tengah Pandemi Covid-19.

“Kita juga terus ingatkan tentang protokol kesehatan, yakni pakai masker, rajin cuci tangan, tidak berkerumun dan lainnya,” kata Fitri Handayani.

Rahmatian Nur Isnaini (20), penyandang disibilitas yang ada di Desa Kapas mengaku sangat terbantu dengan vaksin door to door ini. “Alhamdulillah hari ini bisa divaksin. Terima kasih dan kami pun merasa diperhatikan dan juga dipermudah,” ucapnya penuh semangat. [mu]

Tag : vaksinasi odgj dan disabilitas, vaksinasi di kabupaten bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat