07:00 . Para Orang Tua Wajib Paham, Ini 4 Tanda Anak Cerdas   |   18:00 . Bupati Anna dan Kajari Imbau Pengelolaan Dana Bos Prioritaskan Integritas   |   17:00 . BMKG: Waspada Cuaca 3 Hari Mendatang   |   15:00 . 5 Organisasi Profesi Kesehatan Tolak RUU Kesehatan   |   13:00 . Putra Asal Bojonegoro, Belasan Tahun Mengabdi di Luar Jawa   |   10:00 . Diduga Pecah Ban, Truk Box Oleng Tabrak Pagar Koramil 0813-06 Bojonegoro   |   07:00 . Psikolog Ungkap Kesalahan Orangtua yang Bisa Hambat Potensi Anak, Pelajari Yuk Bun!   |   19:00 . Inilah Nama-Nama Mutasi Pejabat Pemkab Bojonegoro   |   18:00 . Sinergi Dinas PMD dan Bapenda Dampingi Desa Deteksi Dini Objek Pajak Terkendala   |   16:00 . Ini Spek Lengkap Toyota Rush, Kendaraan Camat se-Kabupaten Bojonegoro   |   15:00 . Stigma Buruk Menjadi Kendala dalam Penanggulangan HIV/AIDS   |   14:00 . Kasus HIV di Bojonegoro Mencapai 217 kasus, 2 Persen di Atarannya Anak-anak   |   13:00 . Kasus Persetubuhan Terhadap Anak di Bawah Umur Meningkat   |   12:00 . EMCL Bersama Tim Aku Sehat Giat Pelatihan Pengolahan Kreasi Makanan Toga Cegah Stunting Balita   |   07:00 . 5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak, Benarkah Susu Formula Turunkan Kecerdasan Anak?   |  
Sat, 03 December 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

EMCL dan INSPEKTRA Berikan Sosialisasi Keselamatan Jalur Pipa Kedung Keris

blokbojonegoro.com | Tuesday, 24 August 2021 19:00

EMCL dan INSPEKTRA Berikan Sosialisasi Keselamatan Jalur Pipa Kedung Keris

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com – Sejumlah petani di Jalur Pipa Lapangan Kedung Keris, diberikan sosialisasi oleh Operator Industri Hulu Migas Blok Cepu, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama INSPEKTRA terkait pedoman Keselamatan di jalur pipa.

Adapun desa yang ada di Jalur Pipa Lapangan Kedung Keris sebanyak 10 Desa di Kecamatan Dander, Ngasem, Kalitidu, dan Gayam, Kabupaten Bojonegoro. Terdapat tiga kegiatan utama dalam aktivitas yang telah dimulai sejak Desember 2020, yaitu: Sosialisasi dari rumah ke rumah, Jagong Tani, dan Susur Pipa bersama Petani.

Pada sosialisasi, kegiatan ini dilakukan dengan silaturahim ke rumah para petani di 10 desa sepanjang jalur pipa yang merupakan eks pemilik lahan jalur pipa dan para petani penggarap. Hingga Juli 2021 INSPEKTRA telah melakukan sosialisasi dari rumah ke rumah kepada 298 Petani.

Pada kegiatan jagong tani, hingga Juli 2021, INSPEKTRA telah melakukan 50 kali pertemuan. Acara yang di lakukan di sepanjang jalur pipa tersebut, selain diisi dengan sosialisasi pedoman keselamatan di jalur pipa, juga membahas masalah–masalah petanian seperti pengendalian hama. Dikemas dalam format yang santai para petani saling berbagi pengalaman dalam menangani permasalahan tanaman di dalam forum ini.

Salah satu petani penggarap sekaligus eks pemilik lahan jalur pipa STA 04 +500, Muhammad Rifqi Nawawi mengaku sangat terbantu dengan adanya sosialisasi dan Jagong Tani yang dilaksanakan EMCL bersama dengan INSPEKTRA ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi petani.

“Adanya Jagong Tani ini dapat menambah pengetahuan bagi para petani pemula. Banyak ilmu pengetahuan tentang pertanian kami dapatkan, termasuk pola tanam padi,” kata pemuda 23 tahun ini.

Rifqi menambahkan, satu pola tanam padi yang Ia terapkan pada musim panen lalu adalah pola jajar legowo yang terbukti sukses meningkatkan hasil panen padi di sawahnya.

Di Kegiatan susur pipa bersama petani, INSPEKTRA bersama petani melakukan penyusuran pada Jalur Pipa di sekitar lahan garapannya. Dalam kesempatan tersebut, dijelaskan pula pedoman keselamatan di Jalur Pipa.

Kepala Desa Leran, Muttabi’in menyampaikan dirinya sangat mendukung adanya program Jagong Tani dan sosialisasi pedoman keselamatan jalur pipa ini. Terlebih, jalur pipa adalah bagian dari objek vital nasional yang harus dijaga.

“Terima kasih EMCL dan INSPEKTRA yang telah menginisiasi program bagus ini, semoga semakin banyak petani yang dapat memetik manfaat dari kegiatan ini,” kata Kades.

Adanya ketiga kegiatan tersebut membuat kesadaran masyarakat terkait penerapan pedoman keselamatan di jalur pipa semakin terorganisasi dengan baik dan kepedulian masyarakat pun semakin meningkat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya konsultasi keselamatan dari petani penggarap di jalur pipa ke EMCL sebelum mereka melakukan kegiatan pertanian di atas jalur pipa.

External Affairs Manager EMCL, Ichwan Arifin, mengapresiasi antusiasme yang ditunjukkan oleh para petani. Ia menyampaikan kegiatan ini bermanfaat bagi petani penggarap dan eks pemilik lahan agar bersama dapat bersinergi dalam menjaga asset milik obyek vital nasional.

“Hal ini bagus agar bersama, kita dapat menyelaraskan visi dan misi dalam merawat dan menjaga jalur pipa, namun tetap dapat memberi manfaat bagi petani penggarap tanah disekitarnya dengan pertanian yang aman dan andal,” harap Ichwan.

Tag : petani, jalur, pipa, emcl, inspektra



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat