16:00 . Harga Cetakan Antam Turun, UBS Justru Naik   |   15:00 . 1 Jiwa Melayang, Pemdes Kandangan Imbau Tetap Waspada DBD   |   14:00 . Sepanjang 2021, Dinas Damkar Tangani 445 Sarang Tawon   |   13:00 . Era Baru Perdagangan Fisik Emas Digital di Bursa Berjangka Dimulai   |   12:00 . Bupati Anna Siapkan 4000 Beasiswa untuk Mahasiswa Tugas Akhir   |   11:00 . Kecelakaan Bus Margo Djoyo, 1 Orang Meninggal 5 Luka-luka   |   10:00 . Video Proses Evakusi Badan Bus Terguling di Jalur Bojonegoro Surabaya   |   09:00 . Video Kecelakaan Bus Terguling di Jalan Bojonegoro Surabaya   |   08:00 . Bus Terguling di Jalan Bojonegoro - Surabaya   |   07:30 . Hindari Truk, Bus Terguling di Mojodeso   |   07:00 . Jangan Langsung Dimarahi Jika Nilai Sekolah Anak Menurun, Bisa Jadi Gejala Stres Belajar   |   19:00 . Pelajar Bojonegoro Ikuti Virtual Zoom Meeting Himabo Goes To Campus   |   18:00 . Sinergi TNI-Polri Bersama Wartawan Bojonegoro   |   16:00 . Dinkes Bojonegoro Catat 112 Kasus DBD, 2 Orang Meninggal   |   14:00 . Melawan Belanda dengan Ilmu Kasat Mata   |  
Tue, 18 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Meminimalisir Pengangguran, ini yang Dilakukan Disperinaker Bojonegoro...

blokbojonegoro.com | Wednesday, 25 August 2021 15:00

Meminimalisir Pengangguran, ini yang Dilakukan Disperinaker Bojonegoro...

Kontributor : Uul Lyatin

blokBojonegoro.com - Selama masa pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang saat ini kesulitan mencari kerja. Ditambah lagi beberapa karyawan yang mendapatkan PHK serta beberapa perusahaan yang mengalami penurunan pemasukan.

"Kalau melihat grafik datanya, selama pandemi itu alami peningkatan. Ditambah lagi selama PPKM ini, jumlah pengangguran semakin meningkat drastis," ujar Agoestin F. selaku Penempatan dan Peluasan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Disperinaker Bojonegoro.

Selain itu, pihaknya juga menambahkan bahwa saat ini jumlah lowongan pekerjaan juga alami penurunan. Sehingga antara jumlah pengangguran dan jumlah lowongan kerja sangat tidak seimbang.

"Sebenarnya dari dulu jumlah pengangguran dan lowongan kerja sudah tidak seimbang, namun selama pandemi ini semakin jomplang, pengangguran semakin banyak dan lowongan kerja semakin sedikit," imbuhnya.

Ditambah lagi saat ini beberapa lowongan kerja membutuhkan pekerja yang sesuai dengan kompetensinya. Sedangkan pengangguran saat ini banyak yang tidak berkompetensi, banyak dari mereka yang hanya lulusan SMP bahkan ada pula yang lulusan SMA.

"Perusahaan saat ini juga memilih pekerja yang memiliki basik pendidikan maupun pengalaman yang cukup, karena mereka juga tidak mau memperkerjakan orang yang tidak berkompeten," tuturnya.

Dengan adanya hal tersebut, Disperinaker Bojonegoro menyelenggarakan pelatihan di setiap daerah guna untuk membantu masyarakat dalam meminimalisir pengganguran di Bojonegoro. Pelatihan ini berfokus pada sektor pertanian maupun perkebunan, karena di Bojonegoro sendiri adalah kota lumbung pangan.

Dalam satu tahun 2021 ini, sebanyak 22 pelatihan dari Disperinaker Bojonegoro akan diselenggarakan di beberapa daerah yang berada di Bojonegoro. Nantinya di setiap wilayah akan di versifikasi produk. Pelatihan tersebut tanpa dipungut biaya, serta bagi peserta pelatihan nantinya akan mendapatkan modal usaha dan beberapa fasilitas lainnya.

"Untuk pelatihannya kita batasi hanya untuk 20 orang di setiap daerah. Nantinya kita juga akan lakukan seleksi terlebih dahulu," tandasnya.

Tag : disperinaker, bojonegoro, lowongan, pekerjaan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat