11:00 . HUT ke-38, SMP Negeri Kapas Tonjolkan Rakitan Sepeda Energi Listrik   |   07:00 . Jangan Cukur Bulu Kemaluan Saat Vagina Sedang Dalam Kondisi Begini   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Melaju ke Babak 16 Besar   |   17:00 . Program Rantang Kasih Moe Tingkatkan Gizi Lansia   |   16:00 . Awal Bulan Harga Emas 24 Karat Antam Terjun   |   15:00 . Full Time, Persibo Taklukkan 1-0 Mitra Surabaya   |   14:30 . Half Time, Persibo Unggul 1-0 dari Mitra Surabaya   |   14:00 . Transparansi Pemdes Tlogorejo Raih Tiga Kategori KIP Se - Jawa Timur   |   13:45 . Menit 31 Persibo Berhasil Mencetak Gol Pertama ke Gawang Mitra Surabaya   |   13:00 . Persibo Tiba di Gresik, Kondisi Siap Tempur   |   12:00 . Harga Cabai di Pasar Bojonegoro Meroket Jelang Natal dan Tahun Baru   |   11:00 . Pemkab Bojonegoro Terima Penghargaan Kategori Tertinggi Komisi Informasi Jatim   |   10:00 . Program Aladin Bangun 7.041 Rumah Tak Layak Huni   |   08:00 . Musnahkan Barang Bukti dan Lelang   |   07:00 . Ketahui 5 Tanda ASI Kekurangan Nutrisi, Bisa Berdampak pada Kesehatan Bayi   |  
Fri, 03 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Webinar Literasi Digital UKMP Unugiri Bahas Pentingnya Kaum Muda Berinovasi dan Beradaptasi

blokbojonegoro.com | Sunday, 29 August 2021 17:00

Webinar Literasi Digital UKMP Unugiri Bahas Pentingnya Kaum Muda Berinovasi dan Beradaptasi

Pengirim: Firda Rizka R.W.

blokBojonegoro.com - Masih dalam rangka kemeriahan HUT RI ke-76, Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran dan Penulisan “Griya Cendekia” UNU Sunan Giri Bojonegoro menggelar webinar literasi. Webinar (29/08/2021) dipandu oleh Rahayu Lestari Puti ini mengusung tema “Membangun Literasi Digital Usia Muda”.

Dengan tema ini, diharapkan dapat mengobarkan semangat literasi bagi kaum millenial untuk terus berjuang melawan kebodohan dan kemalasan. Workshop yang dilaksanakan secara virtual melalui Zoom Meeting dan channel YouTube UNUGIRI TV tersebut dibuka secara langsung oleh Pembina UKMP “Griya Cendekia”, Dr. Hamam Burhanuddin, M.Pd.I. 

“Selamat dan sukses atas terselenggaranya webinar literasi UKMP “Griya Cendekia”. Semoga pertemuan dalam dunia maya ini dapat menghasilkan karya-karya yang bermanfaat dalam dunia nyata,” harapnya.

Narasumber yang dihadirkan pada kesempatan ini adalah Faiq Ilham Rosyadi, M.Pd. yang memaparkan alur perkembangan revolusi industri. “Saat ini kita berada dalam lingkaran revolusi industry 4.0. Segala sesuatu dapat diakses dengan mudah dan cepat melalui bantuan internet,” ungkap Narasumber yang akrab disapa Kak Faiq tersebut.

Ditambahkan, generasi muda harus mampu beradaptasi dan berinovasi untuk mengejar perkembangan teknologi yang semakin canggih. “Era digital berpotensi mengubah berbagai tatanan kehidupan, mulai dari percepatan informasi hingga menciptakan model bisnis baru,” imbuhnya.

Kak Faiq yang merupakan Kandidat Doktor di UIN Sunan Kali Jaga tersebut selanjutnya menjelaskan tentang hakikat literasi digital. Literasi digital adalah kemampuan menggunakan perangkat TIK untuk menemukan, mengevaluasi, memanfaatkan, membuat, dan mengomunikasikan konten melalui kecakapan kognitif dan juga teknikal. Hampir dari semua individu yang hidup pada masa kini memiliki gawai, dan selalu memantau perkembangan media social, khususnya penduduk Indonesia. Namun sebaliknya, kemampuan literasi bangsa Indonesia pada PISA 2018 worldwide rangking masih sangat rendah. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan peringkat yang diraih oleh bangsa Indonesia, yaitu 71 dari 77 negara. Menurut kak Faiq, salah satu strategi untuk mengentaskan bangsa Indonesia dari keterpurukan tersebut adalah dengan menerapkan Critical Thinking Skills. Beberapa indikator yang ada didalamnya meliputi problem solving, open-mindedness, communication, analysis, dan creativity.

“Generasi muda harus aktif dalam menggali potensi diri dan berkolaborasi dalam membangun inovasi untuk menghadapi berbagai tantangan di era digitalisasi,” pungkas Rahayu. Webinar diakhiri dengan sesi diskusi dan tanya jawab, serta foto bersama. [lis]

 

 

Tag : Literasi, digital, era, muda



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 22 November 2021 14:00

    Resensi

    Dibalik Buku 00.00

    Dibalik Buku 00.00 Buku judul 00.00 merupakan karya kedua dari Anugrah Ameylia Falensia atau yang kerap dikenal dengan panggilan Amey atau cumi oleh teman-teman maupun para teman pembacanya....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more