17:00 . Begini Proses Pembuatan Lagunya Sheva Berjudul Kecewa   |   16:00 . Lagu Karya Anak Bojonegoro ini Bisa Dibeli dan Didengarkan di Toko Online Seluruh Dunia   |   10:00 . Berikan Kejutan, PWI Bojonegoro Ucapkan Selamat Ulang Tahun Bupati Anna   |   08:00 . PWI Bojonegoro Gowes Bersama Forkopimda dan Mitra   |   19:00 . Baru Sebulan 42 Remaja di Bojonegoro Ajukan Dispensasi Nikah   |   18:00 . Setahun, 527 ABG di Bojonegoro Ajukan Dispensasi Nikah   |   17:00 . Paman: Korban Tiap Main, Selalu Mandi di Sungai   |   16:00 . Jenazah Mrs. X Ditemukan Mengapung di Bengawan Solo   |   15:00 . Mahasiswa Kampus Ungu Hasilkan Ratusan Media Penyuluhan Edukatif, ini Kuncinya...   |   14:30 . EMCL Raih 4 Penghargaan dari Kemendes RI   |   14:00 . Aliran Sungai Pacal Semakin Deras, Pencarian Hari Kedua Terhambat   |   13:00 . Abdullah Umar: Gedung Baru DPRD Upaya Optimalisasi Pelaksanaan Tugas   |   12:00 . Bupati Anna Mu'awanah Resmikan Gedung DPRD Bojonegoro   |   08:00 . Sediakan TPS Khusus untuk Sampah Pasar, Malah Dirusuhi Warga Luar   |   21:00 . Khidmat Kiai, Pagar Nusa Bojonegoro Doa Bersama Jelang 1 Abad NU   |  
Sat, 04 February 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Webinar Literasi Digital UKMP Unugiri Bahas Pentingnya Kaum Muda Berinovasi dan Beradaptasi

blokbojonegoro.com | Sunday, 29 August 2021 17:00

Webinar Literasi Digital UKMP Unugiri Bahas Pentingnya Kaum Muda Berinovasi dan Beradaptasi

Pengirim: Firda Rizka R.W.

blokBojonegoro.com - Masih dalam rangka kemeriahan HUT RI ke-76, Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran dan Penulisan “Griya Cendekia” UNU Sunan Giri Bojonegoro menggelar webinar literasi. Webinar (29/08/2021) dipandu oleh Rahayu Lestari Puti ini mengusung tema “Membangun Literasi Digital Usia Muda”.

Dengan tema ini, diharapkan dapat mengobarkan semangat literasi bagi kaum millenial untuk terus berjuang melawan kebodohan dan kemalasan. Workshop yang dilaksanakan secara virtual melalui Zoom Meeting dan channel YouTube UNUGIRI TV tersebut dibuka secara langsung oleh Pembina UKMP “Griya Cendekia”, Dr. Hamam Burhanuddin, M.Pd.I. 

“Selamat dan sukses atas terselenggaranya webinar literasi UKMP “Griya Cendekia”. Semoga pertemuan dalam dunia maya ini dapat menghasilkan karya-karya yang bermanfaat dalam dunia nyata,” harapnya.

Narasumber yang dihadirkan pada kesempatan ini adalah Faiq Ilham Rosyadi, M.Pd. yang memaparkan alur perkembangan revolusi industri. “Saat ini kita berada dalam lingkaran revolusi industry 4.0. Segala sesuatu dapat diakses dengan mudah dan cepat melalui bantuan internet,” ungkap Narasumber yang akrab disapa Kak Faiq tersebut.

Ditambahkan, generasi muda harus mampu beradaptasi dan berinovasi untuk mengejar perkembangan teknologi yang semakin canggih. “Era digital berpotensi mengubah berbagai tatanan kehidupan, mulai dari percepatan informasi hingga menciptakan model bisnis baru,” imbuhnya.

Kak Faiq yang merupakan Kandidat Doktor di UIN Sunan Kali Jaga tersebut selanjutnya menjelaskan tentang hakikat literasi digital. Literasi digital adalah kemampuan menggunakan perangkat TIK untuk menemukan, mengevaluasi, memanfaatkan, membuat, dan mengomunikasikan konten melalui kecakapan kognitif dan juga teknikal. Hampir dari semua individu yang hidup pada masa kini memiliki gawai, dan selalu memantau perkembangan media social, khususnya penduduk Indonesia. Namun sebaliknya, kemampuan literasi bangsa Indonesia pada PISA 2018 worldwide rangking masih sangat rendah. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan peringkat yang diraih oleh bangsa Indonesia, yaitu 71 dari 77 negara. Menurut kak Faiq, salah satu strategi untuk mengentaskan bangsa Indonesia dari keterpurukan tersebut adalah dengan menerapkan Critical Thinking Skills. Beberapa indikator yang ada didalamnya meliputi problem solving, open-mindedness, communication, analysis, dan creativity.

“Generasi muda harus aktif dalam menggali potensi diri dan berkolaborasi dalam membangun inovasi untuk menghadapi berbagai tantangan di era digitalisasi,” pungkas Rahayu. Webinar diakhiri dengan sesi diskusi dan tanya jawab, serta foto bersama. [lis]

 

 

Tag : Literasi, digital, era, muda



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more