Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bupati Bojonegoro Segera Realisasikan Kereta Api Shuttle Train

blokbojonegoro.com | Saturday, 04 September 2021 13:00

Bupati Bojonegoro Segera Realisasikan Kereta Api Shuttle Train

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Perkembangan Kereta Api di Indonesia tentunya tidak lepas dari peran Pemerintahan Kolonialisme Belanda, bermula pada pembangunan jalur Kereta Api di Kota Semarang, Jawa Tengah pada masa itu. Seiring berjalannya waktu perkembangan moda transportasi Kereta Api begitu pesat hingga melintas di berbagai Provinsi di pulau Jawa, Sumatera dan Sulawesi.

Kini, kereta api masih menjadi pilihan moda transportasi umum bagi masyarakat di Indonesia. Selain mampu memuat penumpang yang banyak, kereta api juga dikatakan transportasi yang cepat, aman, ekonomis dan efisien.

Stasiun Bojonegoro sendiri merupakan salah satu jalur utara perlintasan kereta api yang dilewati beberapa kereta kelas ekonomi, KRD maupun Eksekutif, baik yang melayani rute Bojonegoro- Surabaya- Yogyakarta, Semarang, Jakarta dan Bandung.

"Tentu hal ini menjadi salah satu bukti bahwa moda transportasi Kereta Api masih diminati dan melekat di hati masyarakat Bojonegoro dan sekitarnya," ucap Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah.

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro berencana segera merealisasikan pengembangan moda transportasi massal dengan pengadaan kereta api shuttle train yang nantinya menghubungkan Bojonegoro-Surabaya.

Bupati Anna Mu’awanah juga telah melakukan kerjasama dengan membuat kesepakatan yang tertuang dalam nota kesepahaman Memorandum of Understanding (MOU) dengan PT. Kereta Api, pada 4 Januari 2019, tentang Perkeretaapian Kota dan PT. INKA Madiun (Persero) tanggal 08 Juli 2019 silam, tentang kerjasama pengembangan sistem transportasi dan sistem logistik.

"Melihat perkembangan transportasi darat, kendaraan pribadi yang kian pesat bertambah dari tahun ke tahun. Apabila tidak diimbangi dengan transportasi umum (massal), angka kemacetan dan kecelakaan pasti juga akan bertambah," imbuhnya.

Harapan kami, moda Kereta api ini menjadi solusi terbaik untuk menekan hal tersebut, terlebih memliki kapasitas daya angkut massal, waktu tempuh yang tepat. "Hemat bahan bakar, gas buang yang rendah, serta menjangkau pusat-pusat perekonomian di berbagai kota. Sehingga kereta api boleh dikatakan moda transportasi yang pro bagi rakyat," pungkasnya. [liz/mu]

Tag : kereta api bojonegoro, stasiun bojonegoro, pemkab bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini