10:00 . PPDB Ditutup, Baru 5 SMP di Bojonegoro Penuhi Pagu   |   08:00 . Petani Terima Bibit Tembakau Virginia dari Pemkab Bojonegoro   |   22:00 . 2 Mitra Binaan PEPC JTB Berpartisipasi di Ajang Forkapnas   |   21:00 . Prof. Widodo, Alumni SMP Negeri Kapas Terpilih Menjadi Rektor Universitas Brawijaya Malang   |   20:00 . Alumni dan Santri Tebuireng Bojonegoro, Tuban dan Lamongan Gelar Halal Bihalal   |   19:00 . Serap Aspirasi, Bupati Anna Diskusi Langsung dengan BEM dan Ormawa   |   18:00 . Satlantas Polres Bojonegoro Melakukan Rekayasa Lalin di Jembatan Glendeng   |   17:00 . Presiden Joko Widodo Ajak Masyarakat Belanja Produk dan Wisata Dalam Negeri   |   16:00 . Akses Jembatan Glendeng Sudah Ditutup, Masih Ada Pengguna Jalan yang Nyelonong   |   15:00 . Satu Data Bojonegoro Bisa Menjadi Rujukan Jurnalis dan Peneliti   |   13:00 . Channel Kisah Tanah Jawa Kuak Sejarah dan Kemistisan Jembatan Kaliketek   |   09:00 . Semua Di-handle Teknologi, Tugas Pelajar Apa?   |   07:00 . 4 Manfaat Jika Kita Peduli Terhadap Keadaan Orang Lain   |   23:00 . Diduga Ngantuk Saat Hujan Deras, Sopir Truk Tabrak Portal Jalan   |   20:00 . Sambang Desa, Bupati Anna Tekankan Fokus Pembangunan SDM Berkelanjutan   |  
Sun, 22 May 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Beginilah Alur Pendaftaran Pondok Pesantren di Kemenag

blokbojonegoro.com | Monday, 20 September 2021 18:00

Beginilah Alur Pendaftaran Pondok Pesantren di Kemenag

Kontributor: Uul Lyatin

blokBojonegoro.com - Sehubungan dengan adanya peraturan presiden No. 82 Tahun 2021 tentang pendanaan penyelenggaraan pesantren, pemerintah daerah saat ini bisa mengalokasikan anggaran dana untuk membantu penyelenggaraan pesantren melalui APBD sesuai kewenangannya. Pendanaan tersebut dialokasikan melalui mekanisme hibah, baik untuk membantu penyelenggaraan fungsi pendidikan, dakwah, maupun pemberdayaan masyarakat. 

Kepala Bidang PD Pondok Pesantren Kementerian Agama Bojonegoro, Zainal menjelaskan bahwa pesantren yang dapat mendapatkan pendaan ialah pesantren yang sudah terdaftar di Kementerian Agama. Sebab data administrasi pesantren keseluruhan ada dan melalui Kemenag. 

"Yang bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah ialah pesantren yang sudah terdaftar di kemenag," ujarnya. 

Selanjutnya, pihaknya mengingatkan pemilik yayasan harus segera mendaftarkan nama pondok pesantren nya di kemenag. Hingga saat ini pesantren yang sudah terdaftar di Kemenag Bojonegoro sebanyak 320 dan ada sekitar 30 pesantren yang belum terdaftar. 

"320 pesantren yang sudah terdaftar di kemenag Bojonegoro sudah termasuk pesantren salaf maupun modern. Jadi kita selalu mengimbau bagi yang pesantren nya belum terdaftar di Kemenag untuk segera mendaftarkan," tuturnya. 

Dengan demikian pihaknya gencar mensosialisasikan cara pendaftaran pondok pesantren di kementrian agama setempat. Menurutnya, alur pendaftaran tersebut tidak dipungut biaya apapun melainkan gratis. 

"Sepanjang memenuhi persyaratan teknis dan administrasi tetap kami akan berikan rekomendasi yang terbaik. Jika belum kami akan tunggu untuk beberapa datanya agar segera di lengkapi untuk mendaftarkan pesantrennya di kemenag," tandas Zainal. [uul/col]

Adapun cara untuk mendaftarkan pondok pesantren di Kemenag ialah sebagai berikut :

1. Kepada pihak pesantren wajib membuat proposal pendaftaran untuk dikumpulkan secara offline dan mendaftar secara online di website. ditpdpontren.kemenag.go.id 

2. Setelah itu, nantinya akan di visitasi oleh pihak kemenag. Setelah memenuhi syarat nantinya akan di rekomendasikan ke kantor wilayah Kemenag. 

3. Kemudian dari Kanwil Kemenag nantinya akan merekomendasikan ke DIT PD Pontren Kemenag RI untuk penerbitan SK dan mendapatkan piagam statistik pondok pesantren.

 

Tag : Pondok, pendaftaran, ponpes



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 08 May 2022 13:00

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan keluarga besar Blok Media Group (BMG). Kali ini adalah Reporter blokBojonegoro.com, Lizza Arnofia Choirunnisa yang hari ini melangsungkan upacara resepsi pernikahan dengan pujaan hatinya....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat