15:00 . Kecelakaan Tunggal, Pick Up Muatan Ikan Terguling di Balen   |   13:00 . Archipelago Food Festival Pertama Hadir di Kota Ledre   |   07:00 . Orangtua, Yuk Kenali Arti Pola Asuh Strict Parents Beserta 10 Tanda-tandanya   |   17:00 . Puluhan Medali Berhasil Dibawa Pulang Kontingen Bojonegoro   |   16:00 . Kemenag RI Terbitkan Panduan Pelaksanaan Salat Iduladha dan Penyembelihan Kurban   |   14:00 . Amalan-Amalan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah dan Keutamaannya   |   10:00 . Harga Daging Sapi Turun, Pedagang Malah Keluhkan Sepi Pembeli   |   09:00 . BPN Bojonegoro Gelar Acara Pisah Sambut Pejabat Administrator   |   08:00 . Dinkes Bojonegoro Bentuk Pelayanan PSC 119   |   20:00 . Cabor Horseback Archery Bojonegoro Tambah Satu Emas di Porprov Exhibition Jatim   |   19:00 . Mendag Zulhas: Dorong Produk UKM Indonesia Tembus Pasar Timur Tengah   |   18:00 . Sempat Tertunda Akibat Pandemi, Turnamen Sablon Cup III Kembali Digelar   |   17:00 . HUT AMPI Ke-44, Pengurus DPD AMPI Bojonegoro Resmi Dikukuhkan   |   16:00 . Begini Cara Mendaftar MyPertamina dengan Ponsel   |   10:00 . Puskesmas Tanggapi Curhatan Warga di Instagram Terkait Penanganan Sang Kakek   |  
Mon, 04 July 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Termasuk Tertawa, 6 Hal Sederhana Berikut Bisa Bantu Redakan Stres

blokbojonegoro.com | Monday, 20 September 2021 07:00

Termasuk Tertawa, 6 Hal Sederhana Berikut Bisa Bantu Redakan Stres

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Stres menyebabkan tubuh melepaskan kortisol dan adrenalin, dua hormon yang membuat Anda lebih waspada. Kondisi ini kemudian akan menegangkan otot dan meningkatkan tekanan darah serta detak jantung Anda.

Untungnya ada beberapa cara mudah untuk menenangkan stres ringan mulai dari berolahraga hingga tertawa. Melansir dari Insider, berikut enam cara mudah meredakan stres, antara lain:

1. Berolahraga secara teratur

Olahraga menghilangkan stres dengan meningkatkan endorfin. Endorfin adalah hormon yang diproduksi secara alami oleh otak Anda untuk mengurangi rasa sakit dan mengurangi stres.

Olahraga juga pada akhirnya menurunkan kadar hormon yang terkait dengan stres, seperti kortisol dan adrenalin.

2. Relaksasi

Berlatih teknik relaksasi seperti pernapasan dalam, meditasi, atau yoga juga dapat membantu mengelola stres.

Biasanya ketika stres, Anda bernapas lebih cepat dan mengambil napas pendek karena jantung Anda berdebar kencang. Memperlambat detak jantung Anda dengan berfokus pada napas Anda, juga dapat membantu.

3. Tidur lebih banyak

Kurang tidur membuat lebih sulit untuk menghadapi apapun, termasuk stres. Faktanya, 21 persen orang dewasa melaporkan merasa lebih stres ketika mereka tidak cukup tidur.

Orang dewasa biasanya membutuhkan tujuh hingga sembilan jam tidur. Tetapi bagi banyak orang, stres membuat lebih sulit untuk tertidur.

4. Makan makanan yang sehat

Kunci lain untuk mengelola stres adalah pola makan Anda. "Nutrisi sehat sangat penting, namun makan banyak makanan cepat saji atau makanan dengan banyak tepung olahan atau gula akan membuat Anda merasa lebih buruk," ujar Ben Hagopian, MD, seorang dokter perawatan primer di Maine Integrative Family Care.

5. Terhubung dengan orang yang dicintai

Ketika stres, menghubungi teman dan keluarga Anda dapat membantu. Penelitian menemukan bahwa orang dengan dukungan sosial kurang akan lebih reaktif terhadap stres, menunjukkan peningkatan denyut jantung, tekanan darah, dan kadar hormon.

6. Tertawa

Tertawa sebenarnya memicu perubahan langsung dalam tubuh Anda yang dapat membantu melawan respons stres.

Ketika tertawa, Anda menghirup lebih banyak udara yang kaya oksigen, lalu merangsang jantung, paru-paru, dan otot Anda. Ini juga meningkatkan pelepasan endorfin, meningkatkan sirkulasi, dan membantu mengendurkan otot-otot yang sering tegang saat Anda stres.

*Sumber: suara.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan, stres, obat stres



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat