15:00 . Jelang Tutup Bulan, Harga Emas Melesat Naik   |   14:00 . Hari Jadi Provinsi Jatim, Pelaku UMKM Di Bojonegoro Raih Penghargaan Economy Hybrid   |   13:00 . Capaian Vaksinasi Belum Sampai 50%, Bojonegoro Masih pada PPKM Level 3   |   12:00 . Malam ini Grand Final Pemilihan Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur   |   09:00 . Tunggu Burung Emprit, Warga Dander Disambar Petir   |   21:00 . Otodidak, Pemuda Warga Deru Ini Buka Usaha Gitar Custom   |   20:00 . Kadin Goes To Campus STIE Permata dan STIE Cendekia   |   19:00 . Bupati Bojonegoro Berharap BPD Turut Aktif dalam Abpednas   |   15:00 . Tingkatkan Mitigasi Bencana, Bupati Bojonegoro Pimpin Gelar Apel Siaga Pasukan   |   14:00 . Cuaca Panas Ekstrem Diprediksi Akan Menurun Bulan November Mendatang   |   13:00 . Harga Cabai Rawit Alami Penurunan 35%   |   08:00 . Tak Lelah Edukasi Pentingnya Vaksinasi Covid-19   |   07:00 . Tanaman Obat, Ini 7 Manfaat Daun Ketumbar   |   19:00 . Lasiran, PLT Kepala Dinas Pendidikan Bojonegoro Wafat   |   18:00 . DPD Partai Golkar Bojonegoro Gelar Vaksinasi Massal Dosis Kedua   |  
Tue, 26 October 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Termasuk Tertawa, 6 Hal Sederhana Berikut Bisa Bantu Redakan Stres

blokbojonegoro.com | Monday, 20 September 2021 07:00

Termasuk Tertawa, 6 Hal Sederhana Berikut Bisa Bantu Redakan Stres

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Stres menyebabkan tubuh melepaskan kortisol dan adrenalin, dua hormon yang membuat Anda lebih waspada. Kondisi ini kemudian akan menegangkan otot dan meningkatkan tekanan darah serta detak jantung Anda.

Untungnya ada beberapa cara mudah untuk menenangkan stres ringan mulai dari berolahraga hingga tertawa. Melansir dari Insider, berikut enam cara mudah meredakan stres, antara lain:

1. Berolahraga secara teratur

Olahraga menghilangkan stres dengan meningkatkan endorfin. Endorfin adalah hormon yang diproduksi secara alami oleh otak Anda untuk mengurangi rasa sakit dan mengurangi stres.

Olahraga juga pada akhirnya menurunkan kadar hormon yang terkait dengan stres, seperti kortisol dan adrenalin.

2. Relaksasi

Berlatih teknik relaksasi seperti pernapasan dalam, meditasi, atau yoga juga dapat membantu mengelola stres.

Biasanya ketika stres, Anda bernapas lebih cepat dan mengambil napas pendek karena jantung Anda berdebar kencang. Memperlambat detak jantung Anda dengan berfokus pada napas Anda, juga dapat membantu.

3. Tidur lebih banyak

Kurang tidur membuat lebih sulit untuk menghadapi apapun, termasuk stres. Faktanya, 21 persen orang dewasa melaporkan merasa lebih stres ketika mereka tidak cukup tidur.

Orang dewasa biasanya membutuhkan tujuh hingga sembilan jam tidur. Tetapi bagi banyak orang, stres membuat lebih sulit untuk tertidur.

4. Makan makanan yang sehat

Kunci lain untuk mengelola stres adalah pola makan Anda. "Nutrisi sehat sangat penting, namun makan banyak makanan cepat saji atau makanan dengan banyak tepung olahan atau gula akan membuat Anda merasa lebih buruk," ujar Ben Hagopian, MD, seorang dokter perawatan primer di Maine Integrative Family Care.

5. Terhubung dengan orang yang dicintai

Ketika stres, menghubungi teman dan keluarga Anda dapat membantu. Penelitian menemukan bahwa orang dengan dukungan sosial kurang akan lebih reaktif terhadap stres, menunjukkan peningkatan denyut jantung, tekanan darah, dan kadar hormon.

6. Tertawa

Tertawa sebenarnya memicu perubahan langsung dalam tubuh Anda yang dapat membantu melawan respons stres.

Ketika tertawa, Anda menghirup lebih banyak udara yang kaya oksigen, lalu merangsang jantung, paru-paru, dan otot Anda. Ini juga meningkatkan pelepasan endorfin, meningkatkan sirkulasi, dan membantu mengendurkan otot-otot yang sering tegang saat Anda stres.

*Sumber: suara.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan, stres, obat stres



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat