Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

2 Bulan, Ada 9 Peristiwa Kebakaran Akibat Ulah Orang Tak Bertanggung Jawab 

blokbojonegoro.com | Tuesday, 21 September 2021 16:00

2 Bulan, Ada 9 Peristiwa Kebakaran Akibat Ulah Orang Tak Bertanggung Jawab 

Kontributor : Uul Lyatin

blokBojonegoro.com - Di musim kemarau basah di Kabupaten Bojonegoro, masih ada persistiwa kebakaran. Beberapa kebakaran ada yang disebabkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Melihat data kebakaran dari bulan Agustus hingga September 2021, ada 9 peristiwa kebakaran yang terjadi akibat pembakaran yang dilakukan sengaja oleh orang tak bertanggung jawab. 

Ahmad Adi Winarto selaku kepala bidang Pemadam dan Penyelamatan Dinas Damkar Bojonegoro menuturkan, kebakaran yang disebabkan orang kurang bertanggung jawab ialah kebakaran di ruang terbuka seperti lahan, rumpun bambu dan hutan.

"Ada 9 peristiwa kebakaran yang diakibatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, dan yang dibakar itu meliputi lahan luas, hutan, bahkan rumpun bambu," ujarnya. 

Walaupun kebakaran tersebut di lahan luas atau bahkan hutan, namun hal tersebut juga cukup membahayakan masyarakat luar dan berdampak besar apabila tidak segera ditangani. Sehingga, sekecil apapun kebakaran tersebut, apabila ada yang melapor, pihak Damkar akan segera menuju ke lokasi untuk menangani peristiwa tersebut. 

"Juga ada beberapa gesekan akibat musim kemarau saat ini, kadang orang membakar dedaunan kering dilahan luas dan ditinggal. Karena musim kemarau banyak daun kering, sehingga nantinya apabila dibiarkan, kebakaran tersebut akan menjadi semakin besar dan masyarakat juga bisa terdampak," tuturnya. 

Melihat banyaknya kejadian tersebut, pihaknya mengingatkan seluruh petugas damkar untuk menggencarkan sosialisasi terkait cara penanganan awal kebakaran dan menghimbau masyarakat untuk tidak membakar dedaunan kering sembarangan. Serta mengingatkan masyarakat akan tupoksi Dinas Damkar. [uul/ito ]

 

Tag : Kebakaran, Bojonegoro, semak, belukar



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini