Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

EMCL dan Yayasan PESAT Berikan Pelatihan Timlak Patra Daya 2 Desa

blokbojonegoro.com | Saturday, 25 September 2021 15:00

EMCL dan Yayasan PESAT Berikan Pelatihan Timlak Patra Daya 2 Desa

 

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Operator Lapangan minyak Banyu Urip, Blok Cepu, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama mitra pendamping, Yayasan Pengelolaan dan Pelestarian Sumber Daya Alam Terpadu (PESAT). Memberikan pelatihan kepada sejumlah tim pelaksana (Timlak) pembangunan infrastruktur dua Desa penerima manfaat Program Aksi Kemitraan Pemberdayaan Masyarakat) (Patra Daya) Sabtu (25/9/2021).

Turut hadir Direktur Yayasan PESAT; Fathur Mu'in, PIC EMCL; Hasti Asih, Konsultan Engineering EMCL; M. Rondi serta Narasumber DR. Nova Nevila Rodhi ST.MT; Dosen Fakultas Teknik Universitas Bojonegoro serta dikuti seluruh pelaksana Timlak dari Desa Sukoharjo, Kecamatan Kalitidu dan Desa Sumbertlaseh, Kecamatan Dander.

Direktur Yayasan PESAT, Fathur Mu'in  mengatakan, dalam Patra Daya dari EMCL ini yayasan PESAT telah dipercaya mendampingi Timlak. Termasuk membantu agar Timlak melaksanakan program secara benar, mulai dari pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Detail Engineering Design (DED) hingga teknik adminstrasi, penyusunan laporan sekaligus kesamaan pemahaman antar Timlak.

"Pasca tahapan pelatihan atau tahapan setelah sosialisasi akan ada musyawarah pelaksanaan dimana dalam musyawarah pelaksanaan  nantinya akan di jelaskan secara detail terkait   RAB dan DED," papar Direktur Yayasan PESAT, Fathur Mu'in.

Dijelaskan, rencana pembangunan infrastruktur nantinya yang di bangun pada setiap Timlak berbeda-beda. Antara Desa satu dengan desa lainnya. "Desa Sumbertlaseh berupa pembangunan infrastruktur tribun lapangan dan Desa Sukoharjo berupa pembangunan jalan desa," ucapnya.

Terpisah, perwakilan EMCL, Hasti Asih, berharap kepada para Timlak agar tidak merasa bosan dengan pelatihan meski sudah sering mendapatkan pelatihan. Justru diharapkan adanya ide maupun gagasan baru yang segar, baik dari pemateri maupun sebaliknya dari para Timlak.

"Timlak yang telah dibentuk dan di percaya oleh pihak desa nantinya akan bekerja dengan sebaik-baiknya dan tertib adminstrasi. Dengan harapan saat laporan pertanggungjawaban bisa di buktikan dengan rinci dan detail sesuai dengan keadaan di lapangan," pesannya.

Perlu diketahui, agar program ini mampu dikerjakan sesuai dengan target yang telah ditentukan. Yakni selama tiga bulan, sehingga awal Desember Patra Daya yang telah terlaksana segera dilakukan serah terima kepada Pemerintah Desa (PemDesa) setempat.  [liz/ito]

Tag : Patra, daya, emcl, Bojonegoro, yayasan pesat



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini