07:00 . Sangat Berharga bagi Penderita Depresi, Begini Cara Membantu Penyintas Gangguan Mental   |   20:00 . Sinergi Energi 2022, AAPG UGM -SC Belajar Industri Hulu Migas dengan EMCL   |   19:00 . PAC ISNU Balen Gembira Bersama Yatim-Piatu   |   17:00 . Ada Makam di Tengah Hutan Temayang, Diduga untuk Ritual Pesugihan   |   15:00 . Iseng Main Game, Pria Kepohbaru Dapat Rp100 Juta, Kok Bisa?   |   14:00 . Pertamina Komit Jaga Ketahanan Energi Nasional dengan Optimalisasi Produksi   |   13:00 . Jembatan Penghubung Dua Desa di Balen Nyaris Ambruk, Begini Kondisinya   |   10:00 . Diatas Rata-Rata Nasional, Kinerja Ekonomi Jatim Triwulan II 2022 Tertinggi Se-Pulau Jawa   |   09:00 . KKN-Tematik Unigoro Perkuat Usaha Mikro Kecil Lewat Pendampingan   |   08:00 . Forecasting Pendidikan di Bojonegoro Mampu Lompat Level Tinggi   |   07:00 . Dokter Ungkap 9 Tumbuhan yang Bantu Luruhkan Batu Ginjal, Gampang Ditemukan di Rumah!   |   20:00 . Tingkatkan Jiwa Kewirausahaan, KKN Unigoro Wadahi Pemberdayaan SDM Wukirhajo   |   16:00 . Porsadin Ke-5 Tingkat Kabupaten Resmi Dibuka   |   15:00 . Harga Jual Umbi Porang di Bojonegoro Anjlok, Begini Siasat Petani   |   12:00 . Pemuda Bojonegoro Manfaatkan Zebra Cross Mastrip Bak Citayam Fashion Week   |  
Tue, 09 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Merantau Bisa Latih Imajinasi Otak Anak, Ini Penjelasannya

blokbojonegoro.com | Monday, 27 September 2021 07:00

Merantau Bisa Latih Imajinasi Otak Anak, Ini Penjelasannya

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Kemampuan berimajinasi sangat penting untuk perkembangan otak anak. Lewat imajinasi anak bisa lebih kreatif dan inovatif serta lebih siap menghadapi masa depannya kelak.

Melatih imajinasi anak memang tidak mudah, namun Ahli Otak, Dr. dr. Taufiq Pasiak menyarankan anak-anak untuk mau berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Ini karena perpindahan tempat bisa membuat melebarnya hipokampus otak jadi lebih luas. Hipokampus adalah bagian di otak yang berperan untuk mengingat informasi baru.

Lewat meluasnya bagian hipokampus di otak inilah kemampuan spasial atau kemampuan beradaptasi anak jadi terlatih, yang akhirnya membuat kemampuan imajinasi anak jadi meningkat.

"Makanya jika ingin anak Anda, kita atau siapapun memiliki kemampuan spasial yang bagus, pindah-pindah tempat tinggal," ujar Dr. Taufiq yang juga CEO sekaligus Pendiri Sekolah Otak itu, dalam acara diskusi, Jumat (24/9/2021) lalu.

Perpindahan tempat yang dimaksud tidak selalu pindah rumah, tapi bisa seperti melalui jalan yang berbeda setiap berangkat dan pulang sekolah. Lalu bersekolah di beda kota alias merantau, atau sering mengunjungi tempat baru.

"Pindah-pindah jalan menelusuri satu tempat. Kalau jalan ke sekolah melalui jalan A, maka lain waktu gunakan jalan B, jalan C, jalan D dan seterusnya. Itu membuat peta spasial kita berubah," jelas Dr. Taufik.

Peta spasial bisa berarti kemampuan mendeteksi benda atau bangunan 3 dimensi yang memiliki lebar, tinggi, dan panjang satu ruang.

Fenomena ini juga selaras dengan penelitian yang dilakukan di London Inggris terhadap sopir yang otaknya diperiksa dengan magnetic resonance imaging (MRI), untuk memeriksa besarnya hipokampus.

Otak sopir diperiksa sebelum sopir bertugas berkeliling kota London. Setelahnya sopir berkeliling selama 3 hingga 6 bulan, selanjutnya otak sopir kembali diperiksa.

Hasilnya didapatkan, setelah berkeliling bagian hipokampus otak melebar setelah sopir berkeliling kota London, menunjukan kemampuan spasialnya lebih baik dari sebelumnya.

*Sumber: suara.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan, anak, melatih otak anak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat