20:00 . Peringkat Hasil SKD Pemkab Bojonegoro Masih Tunggu Instruksi BKN Pusat   |   19:00 . KADIN Bojonegoro Goes to Campus, Podcast di 2 Tempat   |   18:00 . Yuk...! Ikuti Webinar Cerdas dan Bijak dalam Bermedia Sosial   |   17:00 . Desa Pilanggede Raih Penghargaan Tropi Proklim Utama dari KLHK   |   16:00 . Naik Tipis! Harga Emas Antam 24 Karat Dijual Rp915.000   |   15:00 . Diduga Lalai Saat Masak Air, Rumah di Baureno Terbakar   |   14:00 . Bupati Bojonegoro Ziarah di Makam Leluhur   |   13:30 . Tarian Waranggono dan Tabur Bunga di Kayangan Api   |   13:00 . Proses Ritual Pengambilan Api Abadi Berjalan Khidmat dan Tetap Prokes   |   12:00 . Inilah Serangkaian Peringatan Hari Jadi Kabupaten Bojonegoro Ke-344   |   11:00 . Atap Gedung MWC NU Kepohbaru Rusak Akibat Hujan Deras dan Angin   |   08:00 . Baru Pertama Ikuti Kejuaraan, Bojonegoro Hampir Juara   |   07:00 . Bermain di Masa Pandemi Jadi Kebutuhan Dasar Anak yang Harus Terpenuhi   |   06:00 . Selamat Hari Jadi Bojonegoro Ke-344   |   20:00 . Stok Kebutuhan Darah UDD PMI Bojonegoro Menipis di Bawah Normal   |  
Wed, 20 October 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Apresiasi Implementasi Keterbukaan Informasi

Kabupaten Bojonegoro Raih Penghargaan 10 Desa Terbaik se-Indonesia

blokbojonegoro.com | Tuesday, 28 September 2021 16:00

Kabupaten Bojonegoro Raih Penghargaan 10 Desa Terbaik se-Indonesia

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Prestasi besar dam luar biasa diraih oleh Desa Kedungsumber, Kabupaten Bojonegoro karena berhasil menempati posisi 9 dari 10 Desa terbaik dalam Apresiasi Implementasi Keterbukaan Informasi Publik se - Indonesia.

Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Hak Untuk Tahu Sedunia yang diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition BSD Tangerang. Apresiasi Implementasi diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kominfo dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) serta proses seleksi berlangsung selama 5 bulan.

Dalam proses seleksinya, Desa Kedungsumber mempresentasikan Keterbukaan Informasi Publik tentang potensi desa, inovasi desa, komitmen serta menampilkan media keterbukaan informasi yang digunakan. Berupa media tatap muka serta media sosial (facebook, Instagram, YouTube, WhatsApp). Desa Kedungsumber juga melakukan inovasi Modus Musyawarah Dusun (Modus). Terobosan serta inovasi tersebut yang membawa Desa Kedungsumber masuk dalam jajaran 10 Desa terbaik Keterbukaan Informasi Publik se - Indonesia.

Kegiatan apresiasi implementasi kali ini juga mengusung tema "Membangun Sinergitas Keterbukaan Informasi Publik Untuk Indonesia Maju dan Berintegrasi". Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong kesadaran hak akses informasi yang mudah dan transparan dengan memanfaatkan berbagai platform yang tersedia. Hal tersebut sesuai UU. Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik untuk mewujudkan semangat transparansi serta memenuhi hak publik yang mewujudkan good government and clean government.

Kemendes PDTT, Abdul Halim Iskandar, menyampaikan bahwa pemerintah Desa dapat menggunakan berbagai platform untuk menyebarluaskan informasi atas penggunaan dana desa secara transparan. Keterbukaan penyebarluasan informasi berproses dari perencanaan, pendataan dan akuntabilitas pertanggungjawaban. "Selamat untuk 10 desa terbaik, semoga menjadi penyemangat desa desa lainnya,"ungkap Halim Iskandar.

Atas prestasi gemilang yang telah diraih, Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah, mengungkapkan rasa terima kasih serta selamat kepada Desa Kedungsumber serta seluruh pihak yang telah terlibat membantu.

Keterbukaan informasi publik juga mewujudkan Pemerintahan Desa yang baik, bersih, maju dan mandiri sesuai mandat UU Desa. "Semoga pencapaian Desa Kedungsumber menjadi penyemangat selanjutnya bagi Desa lainnya di Kabupaten Bojonegoro," harap Bu Anna.  [liz/ito]

Tag : implementasi, keterbukaan, publik, bojoneegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat