09:00 . Ulang Tahun blokTuban.com ke- 6 dan Launching Tuban Digital Forum   |   07:00 . Jangan Abaikan Nyeri Dada pada Anak, Ini Bahayanya!   |   22:00 . BPBD Imbau Warga Waspada Hujan dengan Intensitas Tinggi   |   21:00 . Satgas PPA Kecamatan Kanor Berbagi Kasih Periode Triwulan 7   |   20:30 . Wahid Hasyim, Menteri Agama Pertama dan Termuda   |   20:00 . Laka Tunggal, Truk Bermuatan Pakan Ayam Terguling   |   19:00 . Baru, Masyarakat Harus Waspada Varian Covid-19 Jenis Omicron   |   18:00 . Diterjang Angin, Puluhan Hektare Tanaman Padi di Bojonegoro Rusak   |   17:30 . Satu Langkah Lagi Menuju Wisuda, UNU Sunan Giri Gelar Yudisium   |   17:00 . Ekspor Cangkang Sawit Tembus Pasar Jepang, Kemendag: Cetak Transaksi USD 12 Juta   |   16:00 . Nikmatnya Lontong Sayur Ayam Kampung dekat Jembatan TBB   |   15:30 . Warga Keluhkan Air PDAM Mati dan Keruh   |   15:00 . Ikan Arengan atau Areng-Areng   |   14:00 . Akhir November, Pengiriman Barang di Kantor Pos Mendominasi   |   13:00 . Peringati Setengah Abad KORPRI, Bupati Bojonegoro Tekankan Inovasi Birokrasi   |  
Tue, 30 November 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Peringati Hari Rabies, Disnakan Selenggarakan Vaksinasi Hewan

blokbojonegoro.com | Tuesday, 28 September 2021 13:00

Peringati Hari Rabies, Disnakan Selenggarakan Vaksinasi Hewan

Kontributor : Uul Lyatin
 
blokBojonegoro.com - Sebagai program pemerintah dalam memperingati hari rabies sedunia yang jatuh pada tanggal 28 September, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro selenggarakan vaksinasi rabies massal pada hewan. Salah satunya seperti yang terjadi di Kabupaten Bojonegoro, Selasa (28/9/2021). 
 
Melalui Kabid Kesehatan Hewan, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Bojonegoro, Sugiharti Sri Rahayu menjelaskan pentingnya pelaksanaan penyuntikan vaksin rabies hewan ialah sebagai antisipasi dan memaksimalkan kesehatan hewan agar bebas dari virus rabies, serta hewan yang akan di suntikkan vaksin rabies kali ini ialah kucing dan anjing. 
 
"Sebenarnya Jawa Timur ini sudah bebas rabies, namun kita juga perlu mengantisipasi dan mengawasi lebih lanjut agar Indonesia ini bebas virus rabies seterusnya," ujarnya. 
 
Pendaftaran penyuntikan yang dibuka mulai tanggal 22 September yang lalu dengan sistem pendaftaran online. Dengan kuota vaksin rabies sebanyak 250, masyarakat Bojonegoro cukup antusias mengikuti pelaksanaan penyuntikan tersebut. Yayuk menuturkan bahwa setelah dua hari pendaftaran dibuka, kuota vaksin sudah penuh, bahkan banyak masyarakat yang masih mengantri untuk mengikuti penyuntikan vaksin rabies pada hewan peliharaannya. 
 
Melihat Bojonegoro saat ini masih dalam kondisi PPKM level 2, penerapan penyuntikan vaksin rabies hewan yang diselenggarakan di Disnakan dilakukan dengan protokol kesehatan yang lengkap. Sebagai antisipasi kerumunan, pihak Disnakan mengatur 5 sesi penyuntikan, dalam satu sesi penyuntikan dengan jumlah 50 hewan yang dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. 
 
"Kita bagi 5 sesi dengan jumlah 50 hewan persesinya, karena melihat masyarakat sangat antusias, jadi kita meminimalisir kerumunan dengan cara tersebut. Pastinya juga kita laksanakan dengan prokes yang ketat," imbuhnya. 
 
Adapun kriteria hewan yang dapat mengikuti vaksinasi kali ini ialah hewan yang umurnya lebih dari empat bulan, sehat dan tidak sedang hamil. "Masyarakat datang kesini, lalu melakukan registrasi dan diberikan nomor antrian oleh petugas. Selanjutnya proses screening hewan, apabila memenuhi kriteria maka hewan tersebut langsung dapat divaksin, setelahnya nanti juga akan ada tahap konsultasi dengan dokter dan hewan tersebut akan mendapatkan sertifikat vaksinasi hewan," pungkasnya. 
 
Sementara itu, pihaknya menuturkan selama proses penyuntikan hewan ada beberapa hewan yang tidak dapat divaksin rabies akibat hewan tersebut sedang sakit dan hamil. Dalam pelaksanaan kali ini, disnakan bekerja sama dengan doktor hewan, paramedis dan petshop yang ada di Bojonegoro.
 
Melihat antusias warga, Endah salah satu pemilik hewan yang melakukan vaksinasi mengatakan bahwa dirinya sangat berterimakasih dengan adanya pelaksanaan suntik vaksin rabies pada hewan dengan gratis. "Saya sangat antusias dan berterimakasih kepada disnakan yang telah menyelenggarakan vaksinasi rabies untuk hewan ini, semoga kedepannya akan ada banyak lagi program-program kesehatan hewan seperti saat ini," tutupnya. [uul/ito]

Tag : hari, rabies, bojonegoro, Dinas Peternakan dan Perikanan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Tuesday, 23 November 2021 19:30

    Dewan Pers Verifikasi Faktual Media blokBojonegoro.com

    Dewan Pers Verifikasi Faktual Media blokBojonegoro.com Komisioner Dewan Pers, Agus Sudibyo melakukan proses verifikasi faktual untuk media blokBojonegoro.com, media lokal yang berkantor di Jalan KS Tubun Gang Srinayan No.3 Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, Selasa (23/11/2021) sore....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 22 November 2021 14:00

    Resensi

    Dibalik Buku 00.00

    Dibalik Buku 00.00 Buku judul 00.00 merupakan karya kedua dari Anugrah Ameylia Falensia atau yang kerap dikenal dengan panggilan Amey atau cumi oleh teman-teman maupun para teman pembacanya....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more