13:00 . Archipelago Food Festival Pertama Hadir di Kota Ledre   |   07:00 . Orangtua, Yuk Kenali Arti Pola Asuh Strict Parents Beserta 10 Tanda-tandanya   |   17:00 . Puluhan Medali Berhasil Dibawa Pulang Kontingen Bojonegoro   |   16:00 . Kemenag RI Terbitkan Panduan Pelaksanaan Salat Iduladha dan Penyembelihan Kurban   |   14:00 . Amalan-Amalan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah dan Keutamaannya   |   10:00 . Harga Daging Sapi Turun, Pedagang Malah Keluhkan Sepi Pembeli   |   09:00 . BPN Bojonegoro Gelar Acara Pisah Sambut Pejabat Administrator   |   08:00 . Dinkes Bojonegoro Bentuk Pelayanan PSC 119   |   20:00 . Cabor Horseback Archery Bojonegoro Tambah Satu Emas di Porprov Exhibition Jatim   |   19:00 . Mendag Zulhas: Dorong Produk UKM Indonesia Tembus Pasar Timur Tengah   |   18:00 . Sempat Tertunda Akibat Pandemi, Turnamen Sablon Cup III Kembali Digelar   |   17:00 . HUT AMPI Ke-44, Pengurus DPD AMPI Bojonegoro Resmi Dikukuhkan   |   16:00 . Begini Cara Mendaftar MyPertamina dengan Ponsel   |   10:00 . Puskesmas Tanggapi Curhatan Warga di Instagram Terkait Penanganan Sang Kakek   |   09:00 . Ruwatan Massal di Bojonegoro Kembali Digelar, Ini Jadwalnya   |  
Mon, 04 July 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pascasarjana UNU Sunan Giri Gelar Webinar Inovasi Belajar Daring Tanpa Garing

blokbojonegoro.com | Wednesday, 29 September 2021 20:00

Pascasarjana UNU Sunan Giri Gelar Webinar Inovasi Belajar Daring Tanpa Garing

 

 

Pengirim: Fadhilatun Ni'mah

 

blokBojonegoro.com - Pandemi Covid-19 mengubah banyak hal, di antaranya sistem pembelajaran semua jenjang pendidikan. Melihat hal ini, Pascasarjana UNU Sunan Giri Bojonegoro bekerjasama dengan Pascasarjana Insuri Ponorogo menggelar webinar bertajuk “Smart Inovation, Inovasi Dalam Pembelajaran Daring Tanpa Garing”. Webinar ini turut dihadiri oleh 120 mahasiswa dari seluruh penjuru Indonesia.

 

Direktur Pascasarjana, Dr. Hj. Sri Minarti,M.Pd.I., menuturkan diharapkan pada masa pandemi ini dan di era globalisasi ini model pembelajaran tidak terlepas dari perpaduan daring dan luring (bleanded learning). "Pembelajaran Daring ini akan memberikan dampak ke arah hal positif, karena pada dasarnya pembelajaran Daring ini seperti hujan di musim kemarau,” tutur Bu Min sapaan akrabnya.

 

Menurutnya, lembaga  tidak akan pernah sukses berdiri sendiri. "Saya menolak teori yang berbunyi, “Keberhasilan itu datang sendirian” hal itu tidak akan pernah bisa, karena keberhasilan itu harus dibangun dengan kerja sama serta integritas yang baik antar semuanya," tambah Bu Min.

 

Harapan-harapan terus dilangitkan dalam webinar kali ini seperti halnya dalam sambutan Direktur Pascasarjana INSURI Ponorogo, Dr. Jauhan Budiawan,M.Ag., “Pendidikan harus terus dilanjutkan, banyak kesempatan untuk menempuh pendidikan pascasarjana,” tuturnya.

 

Webinar nasional ini turut mengundang tiga pemateri hebat. Pemateri pertama, Dr. Ahmad Syafi’i SJ,M.Pd.I., dengan materi “Menyampaikan Inovasi Pembelajaran Melalui Perspektif Hukum Islam Muqashid Syariah”.

 

Pemateri kedua, Dr. Rizal Perdana,M.Pd., membahas Mengenai “Inovasi Pembelajaran Masa Pandemi”. Pemateri ketiga yang sudah tidak asing bagi mahasiswa UNU Sunan Giri, M. Jauharul Ma’arif,M.Pd.I., mengenai “Mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan”.

 

Pemateri pertama Dr. Ahmad Syafi’i SJ, M.Pd.I., memaparkan bahwa pembaharuan Islam dalam bentuk apapun harus dimulai dari pendidikan. “Any Islamic Reform now must begin with education," ujarnya.

 

Dilanjutkan pemaparan dari pemateri kedua, Dr. Rizal Perdana,M.Pd. yang lebih menitikberatkan tentang perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini. "Semua pekerjaan di tengah pandemi covid ini akan digantikan oleh kecanggihan teknologi, kecuali guru. Karena sesuatu yang tidak bisa disampaikan oleh mesin adalah kedekatan emosional yang hanya bisa diberikan guru kepada peserta didik," tandasnya.

 

Ditutup pemaparan dari Bapak M. Jauharul Ma’arif,M.Pd. tentang konsep pembelajaran menyenangkan (fun learning) yang dinilai dapat menyesatkan karena dapat mengikis keseriusan dan kesungguhan dalam belajar,”.

 

"Pembelajaran menyenangkan dapat menjungkirbalikkan kerja keras pada kelakar,” tandas Gus Arif.

 

Webinar ini serasa lengkap dalam pengupasan tuntas mengenai inovasi pembelajaran di tengah masa pandemi dilihat dari berbagai sisi. Mulai dari segi hukum Islam, pandangan sosial, serta dari segi pelaku pendidikan. Dengan adanya seminar ini, diharapkan mampu mengambil sisi positif dari pandemi Covid-19 salah satunya yaitu mampu beradaptasi dengan kecanggihan teknologi yang dapat berguna dalam proses belajar mengajar. [lis]

 

Tag : Unugiri, daring, Pascasarjana, webinar



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat