08:00 . Tak Cuma Bobol Akun Medsos 24 Kru Narasi, Twitter Mata Najwa Ikut jadi Target Hacker   |   07:00 . Penting! Jangan Lewatkan Sesi Pemanasan dan Pendinginan saat Olahraga, Ini Manfaatnya   |   18:00 . Capaian IPM Bojonegoro Meningkatkan Hingga 23,60 Persen   |   16:00 . Tersapu Angin, Rumah dan Atap Sekolah di Ngasem Roboh   |   14:00 . Berikut Petunjuk Praktis Menghadapi Musim Penghujan dari BNPB   |   09:00 . Pembebasan Lahan untuk Bendung Gerak Karangnongko Tunggu Appraisal   |   08:00 . Asah Skill Menulis, HMP PAI UNUGIRI Adakan Seminar Pembuatan Makalah   |   07:00 . Tanya Seksolog: Dok, Kenapa Ukuran Payudara Kanan dan Kiri Berbeda?   |   18:00 . Minibus Seruduk Truk di Baureno, 3 Orang Meninggal di Tempat   |   14:00 . 10 Model Cilik Meriahkan CFD, Pamerkan Tenun dan Lurik   |   13:00 . Ini 5 Wisata Air Terjun di Bojonegoro untuk Liburan   |   09:00 . Lebih Dekat Melihat Masjid Agung Jawa Tengah   |   09:00 . Live Pelantikan Bersama PRNU dan LAZIZNU Ranting Se Wakil Cabang Kanor   |   08:00 . Bedug Raksasa Replika Pendowo Purworejo   |   07:00 . Alquran Raksasa di Masjid Agung Jawa Tengah   |  
Tue, 27 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Hari Batik Nasional

Peringati Hari Batik Nasional, Perajin Batik Asal Bojonegoro Ciptakan Motif Baru

blokbojonegoro.com | Saturday, 02 October 2021 15:00

Peringati Hari Batik Nasional, Perajin Batik Asal Bojonegoro Ciptakan Motif Baru

 

Reporter: Uul Lyatin

 

blokBojonegoro.com - Sebagai peringatan Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober, perajin batik asal Bojonegoro ini menciptakan motif batik baru yang bertemakan Texas Wonocolo. Texas Wonocolo sebagai tambang minyak tradisional yang berada di Wonocolo sejak Zaman Belanda. 

 

Nurul wanita asal Desa Guyangan, RT.05/ RW.01, Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro ini telah menciptakan berbagai macam motif baru yang mengangkat icon unik di kota Bojonegoro, kali ini dirinya ingin memperkenalkan motif batik tambang minyak tradisional yang menjadi salah satu ikon Kota Bojonegoro ke berbagai masyarakat di Bojonegoro sendiri hingga luar Bojonegoro. 

 

"Saya berinisiatif membuat motif batik terbaru ini guna memperingati Hari Batik nasional, ditambah lagi Texas Wonocolo ini ialah sebagai identitas tambang minyak yang ada di Kota Bojonegoro," ujarnya. 

 

Berawal dari pengalamannya mengajar di sekitar kecamatan Kedewan membuatnya berkunjung di Texas Wonocolo dan mengamati berbagai kerangka sumur hingga bangunan dan pletukan minyak di sekitar sumur. Dirinya mulai berinisiatif dan menggambar apa yang ada di sekitar Texas Wonocolo untuk diaplikasikan di kain agar menjadi motif batik yang sempurna. 

 

"Waktu di sana saya amati betul kerangka yang ada di sana, setelah selesai saya coba gambar di buku dan sampai rumah saya coba aplikasikan di kain untuk saya batik," imbuhnya. 

 

Setelah motif batik tersebut selesai diaplikasikan di kain, ia membuat 8 potong kain awal untuk ia coba pasarkan. Pembeli pertama motif batik Texas Wonocolo tersebut ialah orang Malang, serta 7 potong lainnya terjual dengan sangat cepat dan banyak peminat yang memesan motif tersebut. 

 

Motif batik tulis Texas Wonocolo yang ia jual seharga 400-800 ribu per potong nya menjadi sorotan banyak masyarakat, hingga kini ia membuat kreatifitas baru dengan teknik cap, sehingga harga kain batik tersebut lebih terjangkau dikalangan masyarakat, dan ia jual mulai dari 75-170 ribu per potongnya. 

 

"Awalnya saya hanya menjual batik tersebut dengan teknik tulis, namun melihat banyak masyarakat yang minat, akhirnya saya buat cap batik tersebut, agar nantinya harga motif batik tersebut bisa lebih terjangkau dari pada teknik tulis," tuturnya. 

 

Wanita yang dikenal dengan panggilan Cussaybiena itu berharap dengan banyaknya motif batik yang ia ciptakan, nantinya masyarakat luas dapat mengenal kota Bojonegoro melalui identitas dan keindahan alam dari tuangan kerajinan tangan yang ia ciptakan menjadi motif batik dengan sangat beragam. "Mari kita lestarikan kekayaan budaya Indonesia yaitu batik sebagai identitas bangsa. Selamat Hari Batik Nasional," tandasnya. [uul/col]

 

Tag : Batik, hari, nasional



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat