21:00 . Tanggapi Isu Nurul Azizah Akan “Dikuningkan”, Mitroatin: Kami Terbuka   |   18:00 . 11 Remaja Diringkus Polisi, Diduga Terlibat atas Kematian Remaja di Bojonegoro   |   17:00 . Golkar Bojonegoro Manuver ke Wahono-Nurul, Batal Usung Anna Muawanah   |   15:00 . DPP PBB Turut Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |   14:00 . 120.687 Ton Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |  
Tue, 23 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Disdik: Pemkab Bojonegoro Siapkan 13 Miliar Pengadaan Assessment Nasional

blokbojonegoro.com | Saturday, 09 October 2021 14:00

Disdik: Pemkab Bojonegoro Siapkan 13 Miliar Pengadaan Assessment Nasional PLT Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, Lasiran (Foto: blokBojonegoro.com/Lizza)

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro menggelontorkan dana sebesar Rp 13,02 Miliar untuk pengadaan sarana Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK). Hal ini dilakukan guna menunjang pelaksanaan Assessment Nasional (AN) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) gelombang pertama dan kedua sebagai pengganti Ujian Nasional (UN).

PLT Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, Lasiran, mengungkapkan hal ini sesuai peraturan menteri bahwasanya Assessment Nasional sebagai pengganti Ujian Nasional yang merupakan program penilaian terhadap mutu setiap lembaga pendidikan, pada jenjang dasar dan menengah.

AN juga bertujuan mengukur literasi, numerasi, dan survei karakter siswa. Serta survei lingkungan bagi guru dan kepala sekolah. Nantinya pelaksanaan AN bagi jenjang SMP dibagi menjadi 2 gelombang.

"Gelombang pertama dilaksanakan tanggal 4 hingga 5 Oktober dan gelombang kedua mulai tanggal 6 hingga 7 Oktober 2021. Pelaksanaan AN jenjang SMP diikuti oleh siswa kelas VIII sejumlah 3.585 siswa," papar Mantan Kepala SMP Negeri 6 Bojonegoro.

Untuk gelombang II, total SMP yang mengikuti AN sejumlah 107 SMP yang meliputi 49 SMP Negeri, 6 SMP satu atap dan 52 SMP swasta. Sementara itu, untuk menunjang pelaksanaan AN, Pemkab Bojonegoro melakukan pengadaan sarana penunjang TIK beserta meubelair di 35 SMP yang terdiri atas 22 perangkat komputer.

"1 server, 1 set LAN dan 150 meja kursi setiap lembaga dengan rincian Rp. 10,8 Miliar untuk pengadaan unit komputer serta sebesar Rp. 2,1 Miliar untuk pengadaan meubelair. Dengan harapan pelaksanaan AN lancar dan tidak ada kendala," ucap Lasiran.

Pria yang menjabat sebagai PLT Kepala Dinas Pendidikan Bojonegoro, berharap nantinya AN dapat diikuti dengan baik oleh para siswa kelas VIII, tanpa kendala akibat sarana penunjang.

Sebab, hal ini akan membawa titik tolak terhadap program peningkatan mutu pendidikan setelah hasil AN diberikan oleh Kemendikbud ristek kepada Dinas Pendidikan. Kemudian ditindak lanjuti dengan berbagai program sesuai dengan kelemahan serta rekomendasi hasilnya. "Pada akhirnya akan meningkatkan kualitas Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Bojonegoro," harapnya. [liz/ito]

Tag : pemkab, bojonegoro, tik, an, un, smp



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat